Yahudi Bintangi Aktor Drama Ramadhan, Arab Saudi Kritik Keras

Daftar Isi

    Foto: Sumber youtube

    Lancang Kuning – Sebuah serial drama, Umm Haroun yang menceritakan tentang persidangan seorang perawat Yahudi yang ditayangkan di stasiun televisi MBC untuk edisi Ramadhan, memicu kritikan di Timur Tengah. Hal ini lantaran drama tersebut dianggap sebagai upaya untuk mempromosikan 'normalisasi' hubungan Arab dengan Israel.

    Drama berjudul 'Umm Haroun' ini merupakan seri fiksi tentang komunitas multi agama di negara Arab Teluk yang tak diketahui pasti, dengan latar belakang era tahun 1930 hingga 1950-an. Drama itu mulai ditayangkan Jumat pekan ini selama Ramadhan, di mana biasanya jumlah penonton meningkat.

    Baca Juga: Biang Penyebar Virus Corona Tertangkap, Cek Faktanya

    Pemutaran drama itu terjadi pada saat beberapa negara Teluk telah melanggar kesepakatan baru-baru ini dan membuat tawaran ke Israel. Beberapa negara juga mendukung rencana perdamaian Timur Tengah Amerika Serikat untuk beralih dari konflik yang disebut menahan dunia Arab. Saat ini hanya Mesir dan Yordania sebagai satu-satunya negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel.

    Dilansir Arab News, Kamis 30 April 2020, seorang pejabat dari kelompok Hamas di Palestina, Basim Naeem, mengutuk serial drama tersebut sebelum ditayangkan dan mengatakan para pemeran Yahudi yang dipakai untuk mengundang simpati adalah agresi budaya dan bagian dari cuci otak.

    Baca Juga: Nekad, 6 Pria Mudik Naik Truk Kontainer

    Seperti diketahui, Hamas dan kelompok-kelompok Palestina lainnya sangat menentang rencana perdamaian yang ditetapkan oleh pemerintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Sekelompok organisasi regional yang menentang normalisasi hubungan dengan Israel pun menyebarkan poster di media sosial, dan mendesak masyarakat untuk memboikot serial drama yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis di Kuwait dan Uni Emirat Arab itu.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Terkait hal ini, penulis cerita asal Bahrain yakni Muhammad dan Ali Abdel Halim Shams menegaskan bahwa serial drama yang mereka buat tidak memiliki pesan politik.

    "Orang-orang telah berbicara dan menghakimi sebelum menonton serial drama ini. Pesan ini berfokus pada cara-cara umat Islam yang berpusat pada cinta, niat baik dan kedamaian bagi non-Muslim," kata Muhammad.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    MBC selaku televisi swasta terbesar di Arab mengatakan menurut data, drama tersebut berada pada peringkat tertinggi di Arab Saudi selama Ramadhan dan di antara lima drama teratas di seluruh genre. Juru Bicara MBC, Mazen Hayek, mengatakan pesan utama serial drama Umm Haroun adalah tentang bagaimana seorang perawat menyembuhkan seseorang, terlepas dari pertimbangan apa pun. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Yahudi Bintangi Aktor Drama Ramadhan, Arab Saudi Kritik Keras
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar