Biang Penyebar Virus Corona Tertangkap, Cek Faktanya

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi COVID-19

    Lancang Kuning, JAKARTA – Beredar narasi dan foto yang dibagikan akun facebook angkringan bajak laut soal penyebar virus corona ke dalam grup Anies Baswedan for President 2024 pada 28 April 2020.

    Baca Juga: Nekad, 6 Pria Mudik Naik Truk Kontainer

    Melansir dari VivaNews, dalam fotonya, tampak seseorang dengan wajah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telanjang dada dengan tangan diborgol ke belakang.

    Lalu, ada sejumlah polisi yang memegang senjata mengarahkan Ahok untuk berjalan. Adapun pada narasinya Ahok dituding sebagai biang penyebar virus corona dan agen TKA China dengan emoticon tertawa.

    Baca Juga: Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka, Dipasangi Kamera Thermal

    Postingan tersebut pun telah dibagikan sebanyak 1.026 di jejaring facebook.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Berikut narasinya:

    "Akhirnya ketangkap jg biang penyebar virus corona & agent TKA CHINA ini…
    ????????????????"

    Verifikasi Fakta

    Mengutip cekfakta.com, foto tersebut merupakan hasil editan dari dua foto yang berbeda. Foto pertama identik dengan foto dalam artikel milik merdeka.com yang berjudul "Densus 88 Amankan 3 Pistol, Bom, dan Ratusan Peluru di Bandung".

    Artikel tersebut dipublikasikan pada 8 Mei 2013. Adapun foto tersebut hasil foto wartawan merdeka.com, Arie Basuki. Adapun foto wajah Ahok ditemukan pada artikel milik medcom.id dengan judul "Ahok: Saya Dendam Luar Biasa pada PAM".

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Artikel dan foto tersebut ditayangkan pada 8 Oktober 2014. Lalu, foto Ahok merupakan tangkapan wartawan Media Indonesia, Ramdani.

    Foto yang dibagikan akun facebook di atas merupakan editan atau manipulasi dari foto-foto yang ada di media online. Konten tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Biang Penyebar Virus Corona Tertangkap, Cek Faktanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar