Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka, Dipasangi Kamera Thermal

Daftar Isi

    Foto: Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelataran tawaf Masjidil Haram. Namun, pembukaan pelataran tawaf ini bukan untuk jemaah umrah. Melainkan hanya untuk tawaf-tawaf sunah. Ilustrasi (AP/Amr Nabil)

    Lancang Kuning, Riyadh - Dua masjid suci di Arab Saudi, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, akan dibuka kembali setelah ditutup akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Pembukaan kembali akan dilakukan dalam waktu dekat atau segera.

    "Hari-hari akan datang (segera) ketika para jemaah kembali ke Dua Masjid Suci," ucap Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, seperti dilansir Saudi Gazette, Kamis (30/4/2020).

    Baca Juga: Kemendag Wajibkan BUMN Lelang Gula di Bawah HET

    Kabar soal kembali dibukanya Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah juga disampaikan via video yang diposting pada akun media sosial.

    "Hari-hari (akan datang) ketika kesedihan akan dihilangkan dari umat Islam dan kita kembali ke Dua Masjid Cuti untuk tawaf, sa'i, dan salat di Al-Rawdah Sharif dan menyapa Rasulullah (SAW)," tutur Sheikh Al-Sudais dalam pernyataannya.

    Baca Juga: PNS yang Ngotot Mudik Tak Bisa Naik Gaji hingga Dipecat

    "Segala sesuatu akan kembali, Insya Allah, sebagaimana mestinya, dengan negara berupaya mewujudkan lingkungan yang sehat," imbuhnya.

    Lebih lanjut, Sheikh Al-Sudais mengimbau para jemaah untuk tidak tergesa-gesa melepaskan diri dari pembatasan-pembatasan yang diberlakukan sebagai bagian langkah pencegahan untuk membatasi penyebaran virus Corona.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Haji dan Umroh Saudi juga menyampaikan pernyataan serupa via Twitter.

    "Insya Allah, di bawah kepemimpinan pemerintah kita yang bijaksana, dan sejalan dengan komitmen kita untuk mematuhi prosedur dan instruksi yang diterbitkan oleh otoritas terkait, akan ada kembali ke Mekah, dengan pembukaan kembali (Masjidil) Haram dan kunjungan kembali ke Masjid Nabawi di Madinah untuk umat beriman di seluruh penjuru dunia," demikian pernyataan Kementerian Haji dan Umroh Saudi.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Dalam pernyataannya, Sheikh Al-Sudais juga mengumumkan pemasangan kamera thermal di Masjidil Haram untuk membantu mendeteksi virus Corona. Kamera-kamera ini ditempatkan di bagian pintu masjid halaman masjid. Disebutkan bahwa kamera thermal ini mampu secara akurat memeriksa suhu tubuh 25 orang pada saat bersamaan.

    "Hari ini, Alhamdulillah, kita telah memasang perlengkapan kamera thermal yang memindai di dalam situs suci dari pintu. Jika seseorang dicurigai sakit, hal itu akan ditunjukkan oleh alat ini," sebut Sheikh Al-Sudais. Kamera thermal sebelumnya telah dipasang di Masjid Nabawi pada awal bulan ini. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Segera Dibuka, Dipasangi Kamera Thermal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar