Penyakit Gigi dan  Cara Penangannya

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Kebanyakan kita pasti pernah merasakan sakit gigi, hal ini terkesan lumrah dan biasa terjadi pada setiap anak kecil karena pada masa itu kita sedang makanan manis. Hal semacam ini dianggap lumrah mungkin karena pada usia yang masih kecil kita akan mengalami pergantian gigi, yaitu dari gigi susu menjadi gigi dewasa.

    Tapi ternyata penyakit ‘sakit gigi’ yang dialami itu bisa diakibatkan oleh kuman atau bakteri yang merusak struktur gigi kita. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi oleh orang dewasa? Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa sakit gigi yang menyerang orang dewasa diakibatkan oleh kuman atau kurang menjaga kebersihan gigi.

    Kenyataannya, sakit gigi bukanlah hal biasa yang bisa dibiarkan begitu saja karena sakit gigi akan hilang, lalu muncul lagi pada saat yang tak terduga. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, maka sebaiknya kita tidak menganggap remeh penyakit ini. Memberikan perawatan medis yang baik dan benar itu perlu, jika menginginkan kesehatan dan agar bebas dari rasa sakit gigi tadi. Saat mengalami sakit gigi, tak dapat dipungkiri bahwa rasanya benar – benar sakit, saat sakit gigi melanda rasanya kita akan kesal saat mendengar orang lain membuat keributan karena yang kita inginkan saat itu ialah sunyi tanpa ada gangguan dari orang lain.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kunci kesehatan pada gigi sebenarnya bukan rahasia umum lagi, menjaga kebersihan gigi itu penting bahkan sangat penting. Ada beberapa cara dalam menjaga kebersihan gigi diantaranya rajin menggosok gigi sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu saat bangun tidur, selesai makan dan saat hendak tidur. Sikat gigi malam sebelum tidur banyak dilupakan oleh kebanyakan orang, anak kecil juga harus menjaga kebersihan giginya dimulai sejak dini.

    Jika kita tidak menjaga kebersihan gigi, bisa saja dampak itu akan muncul saat kita telah beranjak beberapa tahun ke depan, atau kemungkinan terburuk ialah gigi kita akan habis (ompong) sebelum waktunya. Tentu kita tak menginginkan hal semacam ini terjadi, bukan? Peran orangtua sangat penting dalam menjaga kebersihan gigi sang anak, pasalnya anak – anak masih butuh dibimbing dan diajari, maka orang tua harus membiasakan mereka untuk rajin menggosok gigi.

    Lalu pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai penyakit gigi beserta cara penanganannya, yaitu sebagai berikut :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Gigi Berlubang

    Gigi berlubang alias karies ini adalah penyakit yang paling banyak menyerang anak – anak, meski orang dewasa juga memiliki potensi untuk terserang gigi berlubang ini. Karies ini diakibatkan oleh kuman atau bakteri, tetapi bakteri ini ternyata tidak berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi, melainkan karena kelalaian kita manusia.

    Mengapa menggosok gigi setelah makan itu penting? Agar setelah makan sisa – sisa makanan itu tidak menyumbat pada gigi, dan kita akan terbebas dari kuman. Lalu bagaimana jika sebaliknya? Maka gigi berlubang akan tercipta. Dan cara penanganannya yang pertama ialah rajin menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi yang lembut, usahakan menggosok gigi benar – benar rutin agar kuman tersebut dapat segera hilang. Namun jika masih tak menunjukkan tanda akan membaik, sebaiknya dirujuk ke dokter spesialis gigi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Sariawan

    Penyakit ini tergolong ringan, tapi juga mengganggu ya. Apalagi saat sariawan membesar, kadang untuk makan saja bisa sakit dan hal ini benar – benar mengganggu. Untuk cara penanganannya kita dapat memberikan obat untuk mengobati sariawan, seperti membeli minuman atau pun obat yang dapat kita berikan pada bagian mulut yang terkena sariawan.

    1. Gusi Berdarah

    Biasanya gejala gusi berdarah ini merupakan bentuk pertahanan dari gigi untuk menghilangkan kuman, namun jika hal ini masih berlangsung lama maka hal ini juga dapat mengganggu tulang pada gigi. Sayangnya gusi berdarah ini jarang disadari, tetapi untuk mencegah dan mengobatinya kita dapat memeriksakan ke dokter secara rutin yaitu sekitar enam bulan sekali.

    Masih banyak lagi penyakit – penyakit gigi lain, yang saya sampaikan diatas ialah beberapa dari penyakit umum yang kerap menyerang gigi kita.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyakit Gigi dan  Cara Penangannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait