Masih Ingat WNI Reynhard Sinaga, Kini Dikirim ke Penjara Paling Keras di Inggris

Daftar Isi

     
    Foto: Reynhard Sinaga Dikirim ke Penjara Paling Keras di Inggris
    Narapidana kasus pemerkosaan, Reynhard Sinaga. (GMP via AP)

     

    Lancang Kuning -- Aparat keamanan Inggris memutuskan memindahkan narapidana kasus pemerkosaan asal Indonesia, Reynhard Sinaga (36), ke penjara yang khusus menampung para penjahat kelas kakap dan berbahaya.

    Seperti dilansir The Sun, Senin (20/4), dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan Strangeways ke Penjara Wakefield di West Yorkshire.

    Baca juga: Puluhan Warga Kandis Diamankan Polisi,Kumpul-kumpul saat Pandemi Covid-19

    Penjara Wakefield dijuluki sebagai "Puri Monster" karena sebagian besar napi yang dibui di sana adalah para pelaku kriminal kejam dan berbahaya.

    "Sinaga nampaknya sudah terlalu nyaman di penjara Strangeways. Kini dia harus berada di antara para penjahat paling berbahaya di Inggris," kata seorang sumber kepada The Sun.
     

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Sampai saat ini Kementerian Hukum Inggris belum memberikan komentar soal hal itu.

    Sementara itu Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI London Yoyok juga belum merespons konfirmasi dari CNNIndonesia.com terkait hal tersebut.

    Hakim pada pengadilan Manchester menjatuhkan hukuman 30 tahun penjara terhadap Reynhard pada 30 Januari lalu. Hakim menyatakan Reynhard terbukti bersalah melakukan 159 kali pelecehan seksual, termasuk 136 tindak perkosaan.

    Menurut hakim, modus Reynhard adalah memperdaya korbannya dengan minuman keras dan narkoba hingga tidak sadarkan diri. Setelah itu dia memperkosa korban-korbannya sembari direkam dengan kamera video.

    Baca juga: Yang Melawan Virus Corona Hanya Sistim Imun Tubuh, Berikut Pendapat IDI

    Ibu Reynhard, Normawati, sempat membesuk anaknya di Strangeways. Dia menyatakan sang anak baik-baik saja selama di penjara.

    Jaksa Kota Manchester mengusulkan kepada Jaksa Agung Inggris untuk memperberat hukuman Reynhard. Hakim yang menjatuhkan vonis, Suzan Goddard, menyatakan Reynhard adalah predator seks terbesar sepanjang sejarah Inggris.
     

    Baca Juga: Geger, Video ISIS Muncul di Hutan Sulawesi Potong Leher Banpol

    Penyidik Inggris meyakini bahwa jumlah korban Reynhard sebenarnya ada sekitar 195 orang.

    Seluruh kejahatan itu dilakukan pria kelahiran Jambi tersebut sejak 1 Januari 2015 hingga Juni 2017. Reynhard datang ke Inggris pada 2007 dengan visa pelajar.

    Universitas Manchester yang menjadi tempat Reynhard menimba ilmu mencabut dua gelar magister yang disandangnya.

    Pejabat KBRI London, Gulfan Afero, menyatakan pihak kampus mencabut dua gelar akademik itu atas pertimbangan keputusan Pengadilan Manchester pada 6 Januari lalu.

    Reynhard atau biasa disapa Rey, menerima dua gelar dalam bidang sosiologi dan perencanaan dari Universitas Manchester. Dia kemudian melanjutkan studi untuk meraih gelar PhD di Universitas Leeds. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masih Ingat WNI Reynhard Sinaga, Kini Dikirim ke Penjara Paling Keras di Inggris
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar