Perangkat Eksternal / Peripheral

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Perangkat periferal adalah setiap perangkat tambahan yang menghubungkan dan bekerja dengan komputer untuk memasukkan informasi ke dalamnya atau mengambil informasi darinya.  Perangkat periferal juga dapat disebut sebagai periferal eksternal, periferal terintegrasi, komponen tambahan, atau perangkat I / O (input / output).

    Apa yang Mendefinisikan Perangkat Periferal?

    Biasanya, periferal kata digunakan untuk merujuk ke perangkat eksternal ke komputer, seperti pemindai, tetapi perangkat yang secara fisik terletak di dalam komputer juga merupakan periferal teknis.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Perangkat periferal menambah fungsionalitas ke komputer tetapi bukan bagian dari kelompok komponen "utama" seperti CPU, motherboard, dan catu daya. Namun, meskipun mereka sering tidak terlibat langsung dengan fungsi utama komputer, itu tidak berarti bahwa mereka tidak dianggap komponen yang diperlukan.

    Sebagai contoh, monitor komputer gaya desktop tidak secara teknis membantu dalam komputasi dan tidak diperlukan agar komputer dapat menyalakan dan menjalankan program, tetapi diharuskan untuk benar-benar menggunakan komputer.

    Cara lain untuk berpikir tentang perangkat periferal adalah bahwa mereka tidak berfungsi sebagai perangkat mandiri. Satu-satunya cara mereka bekerja adalah ketika mereka terhubung ke, dan dikendalikan oleh, komputer. Jenis Perangkat Periferal

    Perangkat periferal dikategorikan sebagai perangkat input atau perangkat output, dan beberapa berfungsi sebagai keduanya. Di antara jenis-jenis perangkat keras ini adalah perangkat periferal internal dan perangkat periferal eksternal, salah satu jenis yang mungkin termasuk perangkat input atau output.

    PERANGKAT PERIPHERAL INTERNAL

    Perangkat periferal internal umum yang akan Anda temukan di komputer termasuk drive disk optik, kartu video, dan hard drive. Dalam contoh tersebut, disk drive adalah salah satu contoh perangkat yang merupakan perangkat input dan output.

    Itu tidak hanya dapat digunakan oleh komputer untuk membaca informasi yang disimpan pada disk (mis., Perangkat lunak, musik, film) tetapi juga untuk mengekspor data dari komputer ke disk (seperti saat membakar DVD).

    Baca juga : Mengklasifikasi Macam Perangkat Eksternal

    Kartu antarmuka jaringan, kartu ekspansi USB, dan perangkat internal lainnya yang mungkin dihubungkan ke PCI Express atau jenis port lainnya, adalah semua jenis periferal internal.

    PERANGKAT PERIFERAL EKSTERNAL

    Perangkat periferal eksternal yang umum mencakup perangkat seperti mouse, keyboard, tablet pena, hard drive eksternal, printer, proyektor, speaker, webcam, flash drive, pembaca kartu media, dan mikrofon.

    Apa pun yang dapat Anda sambungkan ke bagian luar komputer, yang biasanya tidak beroperasi sendiri, dapat disebut sebagai perangkat periferal eksternal.

    Beberapa perangkat dianggap sebagai perangkat periferal karena dapat dipisahkan dari fungsi utama komputer dan biasanya dapat dilepas dengan mudah. Ini terutama berlaku untuk perangkat eksternal seperti printer, hard drive eksternal, dll.

    Namun, itu tidak selalu benar, jadi sementara beberapa perangkat mungkin dianggap internal pada satu sistem, mereka dapat dengan mudah menjadi perangkat periferal eksternal pada yang lain. Keyboard adalah salah satu contoh yang bagus.

    Keyboard komputer desktop dapat dihapus dari port USB dan komputer tidak akan berhenti bekerja. Ini dapat dicolokkan dan dilepas sebanyak yang Anda inginkan dan merupakan contoh utama dari perangkat periferal eksternal.

    Namun, keyboard laptop tidak lagi dianggap sebagai perangkat eksternal karena sudah pasti built-in dan tidak mudah untuk dihapus.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Konsep yang sama ini berlaku untuk sebagian besar fitur laptop, seperti webcam, mouse, dan speaker. Sementara sebagian besar komponen tersebut adalah periferal eksternal pada desktop, komponen tersebut dianggap internal pada laptop, ponsel, tablet, dan perangkat all-in-one lainnya.

    Terkadang Anda akan melihat perangkat periferal yang dikategorikan sebagai perangkat input dan perangkat output tergantung pada bagaimana mereka berinteraksi dengan komputer. Misalnya, printer memberikan output dari komputer, sehingga dianggap sebagai perangkat output, sedangkan perangkat periferal eksternal lainnya seperti webcam yang mengirim data ke komputer, disebut perangkat input.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perangkat Eksternal / Peripheral
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar