Mengklasifikasi Macam Perangkat Eksternal

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pernahkah teman – teman belajar mengenai perangkat eksternal? Jika pernah, coba sebutkan apa – apa saja perangkatnya. Jika masih ada teman – teman yang belum mengetahuinya, maka saya akan sedikit memberi pengetahuan kepada teman – teman.

    Jika saya memberi pengetahuan melalui artikel ini, bukan berarti ilmu yang saya punya lebih banyak dari teman – teman justru sekarang ini saya sedang berbagi dan sedang berusaha menambah ilmu pengetahuan saya. Baik kita lanjut ke pembahasan ya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Apakah teman – teman pernah memahami apa saja perangkat yang digunakan didalam komputer? Atau teman – teman pernah membongkar apa saja isi komputer? Pernah memasang perangkat extern pada komputer?

    Jika semua hal yang saya tanyakan tadi sudah pernah teman – teman lakukan, saya yakin teman – teman sudah tak lagi bingung tentang topik pembahasan kali ini. Perangkat eksternal ialah perangkat yang bukan bawaan dari komputer atau laptop. Maksudnya, saat kita membeli komputer atau laptop kita tidak akan mendapat perangkat eksternal ini jika kita tidak membelinya secara pribadi.

    Sebelum membahas perangkat – perangkat tersebut, saya akan memberi tahu kepada  teman – teman bahwa ada tiga klasifikasi dari perangkat eksternal ini, yaitu yang pertama adalah perangkat yang membutuhkan manusia untuk dapat menjalankan atau menggunakan perangkat tersebut (Human Readable) selain itu ada pula dua perangkat lainnya, diantaranya perangkat yang membutuhkan beberapa perangkat serta perangkat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.

    Saya akan memberi sedikit contoh dari tiga klasifikasi diatas, untuk alat yang tergolong human readable yaitu ada mouse, printer, dan lain – lain, sedangkan untuk klasifikasi yang kedua contohnya ialah sebuah modul sensor. Dan untuk contoh klasifikasi yang terakhir yaitu adanya kartu jaringan (LAN Card).

    Selanjutnya kita akan membahas perangkat eksternal yang akan kita bagi menjadi dua golongan, golongan pertama ialah perangkat eksternal input, yaitu :

    Baca juga : Macam Macam Larutan Elektrolitt

    A. Keyboard

    Tunggu, keyboard yang dimaksud disini ialah keyboard eksternal yang digunakan untuk komputer. Karena saat kita membeli sebuah laptop, kita pun akan mendapat perangkat tersebut lengkap dengan keyboardnya. Pasti teman – teman pernah melihat keyboard yang digunakan disebuah warung internet alias warnet, nah keyboard seperti itulah yang saya maksudkan.

    B. Mouse

    Nah, alat ini memang murni perangkat eksternal yang tak tersedia sepaket lengkap saat kita membeli sebuah laptop ataupun komputer. Biasanya perangkat ini digunakan untuk komputer, jika teman – teman menggunakan laptop mungkin peran mouse ini tidak terlalu penting, karena mouse memiliki fungsi yang sama seperti touchpad yang tersedia di setiap laptop.

    C. Scanner

    Alat yang satu ini adalah alat yang canggih, apalagi untuk zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini. Alat ini merupakan alat eksternal yang mengharuskan setiap pengguna untuk membelinya.

    D. Barcode Reader

    Alat ini umumnya digunakan di dunia perbisnisan. Jadi umumnya alat ini tidak digunakan untuk kepentingan umum, apalagi untuk kita yang masih seorang pelajar.

    Selanjutnya ialah perangkat eksternal output, yaitu :

    A. Printer

    Alat yang satu ini pasti sudah tak asing lagi ditelinga kita, tugas yang harus dicetak itu pasti membutuhkan sebuah alat cetak, yang disebut printer. Alat canggih ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga ke perkantoran.

    B. Monitor

    Selanjutnya, alat ini adalah alat yang akan selalu kita jumpai saat menggunakan laptop ataupun komputer. Alat ini biasanya berfungsi untuk menampilkan halaman darilaptop atau komputer kita.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    C. Speaker

    Kalau alat ini, pasti sudah tak asing lagi dikehidupan sehari – hari. Ini merupakan alat yang dapat mengeluarkan suara.

    Itu tadi pengklasifikasian perangkat eksternal yang dapat saya sampaikan. Saya harap artikel ini dapat memberi manfaat untuk teman – teman. Dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan pengetikan. Sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengklasifikasi Macam Perangkat Eksternal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar