Kelebihan dan Kekurangan Presentasi Video

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pernahkah teman – teman melakukan kerja kelompok, lalu mempresentasikannya didepan kelas? Bagaimana cara teman – teman mempresentasikannya? Apakah menggunakan slide presentation? Atau hanya presentasi manual dimana teman – teman  harus menghapal materi tersebut? Jika teman – teman masih menggunakan metode ini, itu berarti mungkin saja teman – teman belum memahami adanya kemajuan teknologi pada zaman sekarang ini.

    Kecanggihan teknologi ini harus kita manfaatkan dengan sebaik – baiknya. Juga tak lupa selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Kita adalah makhluk yang paling beruntung dengan adanya kecanggihan alat dan teknologi saat ini, semua kemajuan dan kecanggihan teknologi itu memiliki tujuan utama yaitu untuk memudahkan kita, manusia untuk melakukan suatu aktivitas. Misalnya kita ambil contoh seperti judul, tentang presentasi video.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Sebelum membahas tentang presentasi video, kita terlebih dahulu akan membahas presentasi menggunakan slide presentation. Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat slide presentation ini. Saya akan mengambil contoh menggunakan Microsoft Power Point, ini merupakan aplikasi default pada setiap PC atau laptop. Aplikasi ini terbilang cukup mudah untuk digunakan.

    Karena fitur yang tersedia dikemas dengan tampilan sederhana yang dapat memudahkan kita sebagai pengguna untuk membuat sebuah slide presentation. Selain kemudahan bagi kita, dengan menggunakan slide presentation ini kita juga jadi lebih mudah membawa tugas dimana saja, dan kapan saja.

    Sebuah file hasil kerja yang kita buat akan disimpan kedalam flashdisk yang dapat kita bawa kemana saja tanpa perlu kesusahan, seperti jika kita membawa lembaran kertas berisi dokumen yang kita tulis sendiri. Selain itu, hasil kerja yang kita buat menggunakan aplikasi ini akan lebih rapi dibanding dengan yang kita buat secara manual. Sekarang kita akan membahas tentang presentasi video.

    Sebenarnya apa itu presentasi video? Pasti teman – teman tahu kan apa itu video. Jadi, singkatnya begini, presentasi video adalah menampilkan atau memberitahukan suatu hal kepada orang lain melalui sebuah media, yaitu video. Jadi, presentasi video dan slide presentation ini sama – sama akan ditampilkan melalui sebuah alat yang disebut projector.

    Nah, sebenarnya apa tujuan kita melakukan presentasi menggunakan video? Serta apa pula kelebihan – kelebihan yang akan kita dapat ketika menggunakan video sebagai media untuk presentasi? Berikut saya akan membahasnya.

    Baca juga : Syarat Ide dalam Simulasi Digital

    Kelebihan Presentasi Video :

    1. Kenyamanan Audiens

    Beberapa orang cenderung lebih menyukai cara presentasi yang menarik, dalam artian tidak membosankan. Jika kita hanya berdiri didepan lalu menjelaskan materi dengan panjang lebar, audiens bukannya mengerti tapi bisa – bisa bosan dan tidak menangkap apa yang kita sampaikan.

    Coba kita balikkan, jika kita menggunakan video. Hal itu bisa mengatasi rasa bosan, sekaligus menghibur audiens jika ada sedikit animasi yang kita selipkan didalam video tersebut. Dan hal ini pun dapat membantu audiens untuk memahami apa yang kita sampaikan.

    2. Meningkatkan Kreatifitas dan Imajinasi

    Membuat presentasi berbasis video bukan hal yang terbilang mudah, namun juga tak sesulit apa yang teman – teman kira. Saat kita membuat presentasi video ini, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan, misalnya apa tema atau warna yang tepat untuk dijadikan wallpaper video agar terlihat kontras, animasi apa saja yang cocok dimasukkan kedalam presentasi tersebut, dan masih banyak lagi. Hal ini juga dapat memicu kreatifitas dan memainkan imajinasi si pembuat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelemahan Presentasi Video :

    1. Bergantung Pada Arus Listrik

    Ini adalah hal penting, untuk dapat menampilkan presentasi video ini tentunya kita membutuhkan alat yang dinamakan projector. Jika arus listrik rendah maka kualitas pemutaran video pun akan rendah. Apalagi jika listrik mati, maka tidak mungkin kita bisa mempresentasikan video tersebut.

    2. Menggunakan Perangkat Tambahan

    Contoh alat tambahannya yaitu seperti projector dan laptop tentunya. Dan seperti yang kita tahu, harga alat – alat tersebut tergolong cukup mahal. Nah, itu tadi artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi teman – teman. Sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Presentasi Video
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar