Waspada, Pattern Lock di Android Ternyata Bisa Dibobol

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Pattern lock adalah salah satu pengaman perangkat android yang sudah tak asing lagi bagi penggunanya, karena fungsi pengamannya dan populer di kalangan pengguna android, selain pengguna PIN atau password.

    Ternya fungsi pengaman perangkat ini masih memiliki celah meskipun bisa dikatakan terlihat aman dan rumit. Sekelompok peneliti dari Lancaster University berhasil menemukan kelemahan fungsi pattern lock tersebut.

    Pattern lock dapat dibobol dengan mudah di android. Hanya dengan alat perekam video, para peneliti sudah dapat membongkar pola yang dibuat oleh pengguna. Dengan cara merekam pergerakan tangan pengguna saat membuat pola di layar smartphone-nya dan Selama perekaman dilakukan tidak diperlukan tampilan layar langsung.

    Di kutip dari Liputan6.com, yang juga mengutip dari ZDNet, Kamis (26/1/2017), para peneliti memanfaatkan algoritma yang dikembangkan untuk merekonstruksi pola penguncian yang mungkin dilakukan. Setelah dicoba, 120 pola unik yang berasal dari 215 pengguna, 95 persen dari percobaan dinyatakan berhasil Bahkan, keberhasilan itu dapat dilakukan kurang dari lima kali percobaan.

    Temuan lain yang menarik perhatian adalah semakin rumit sebuah pola yang dibuat, maka semakin mudah dibobol. Berdasarkan perhitungan, 97,5 persen pola yang sulit berhasil dibongkar hanya dengan sekali percobaan. Dan sebaliknya, pola yang mudah akan sulit untuk dibobol.

    Maka dari itu, para peneliti tidak menyarankan bagi para pengguna Android memakai pattern lock untuk membuka informasi penting. Pengguna diharapkan dapat menutup pergerakan tangannya saat membentuk pola di layar agar tak mudah diketahui pihak lain. 

    (sumber: Liputan6.com)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waspada, Pattern Lock di Android Ternyata Bisa Dibobol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar