Berikut Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Saat Stay At Home

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Di tengah merebaknya wabah atau pandemi corona saat ini membuat aktivitas belajar siswa atau mahasiswa harus dilakukan dari rumah. Dimana pemerintah menghimbau untuk melakukan sosial distancing dan rangka self quarantine tentu saja menjadi perhatian banyak orang.

    Sosial distancing ini memang cukup menjadi dilema banyak orang dan juga menyebabkan banyak bisnis harus di tutup. Salah satu yang cukup merasakan dampak sosial distancing ini adalah bidang pendidikan. Dimana setiap pendidikan formal maupun non formal harus ditutup diganti dengan belajar dari rumah.

    Memang terkesan menyenangkan di awal mulai pembelajaran dari rumah, dimana siswa tidak perlu buru-buru di pagi hari mengenakan seragam dan menikmati sarapan sebelum berangkat sekolah. Belajar dari rumah tentu saja membebaskan kepada siswa, hanya saja tumpukan tugas membuat siswa kebingungan dalam mengerjakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Keputusan belajar dari rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak yang merasakan kewalahan atau sulit bisa fokus dan berkonsentrasi. Hal tersebut terjadi selain tidak adanya yang mendampingi juga disebabkan hal lain yang tidak terduga membuat perhatian kamu teralihkan.

    Padahal meskipun harus belajar di rumah, kamu tetap dituntut harus bisa berkonsentrasi dan fokus.  Kalau anda tidak fokus tentu saja akan kesulitan dalam menerima pelajaran tersebut atau tugas yang diberikan akan menumpuk sehingga tidak terselesaikan. Jika ketidakfokusan ini terus dibiarkan berlalu, bisa-bisa dampaknya kamu semakin malas untuk belajar dan tentu saja itu sangat tidak bagus demi masa depan pendidikan kamu.

    Untuk itu kamu harus meningkatkan konsentrasi belajar kamu agar tidak kebablasan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar saat di “rumah aja” :

    1. Memulai dari yang lebih mudah

    Tentu saja mengerjakan sesuatu yang mudah akan membuat kamu semangat mengerjakan pekerjaan tersebut. Begitu juga dalam hal belajar, ketika kamu dihadapkan dengan banyak sekali materi, jika memulai dari hal tersulit tentu saja kamu akan kewalahan bahkan malas untuk lanjut karena sudah mentok duluan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Kristen Indonesia Maluku

    Berbeda halnya jika memulai dari lebih mudah, beban pelajaran akan ringan kamu rasakan. Dampaknya otak akan tetap bisa menerima untuk bisa konsentrasi menyelesaikan semua tugas atau materi yang berat sekalipun.

    1. Istirahat yang cukup

    Selain memulai dari yang mudah, salah satu kunci utama untuk bisa konsentrasi dalam melakukan apapun adalah dengan beristirahat yang cukup. Terlebih lagi saat belajar, tentu saja kamu membutuhkan yang besar agar bisa konsentrasi menghadapi pelajaran tersebut. Agar badan kamu tidak mudah lelah dan mengantuk, maka hindari begadang dan tidurlah yang cukup.

    1. Menciptakan suasana belajar yang nyaman

    Menciptakan suasana yang nyaman serta mencari posisi yang pas bisa kamu coba supaya kamu bisa berkonsentrasi ketika belajar. Selain itu, kamu harus menjauhkan segala macam hal atau benda yang memungkinkan membuat pikiran kamu teralihkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mencoba metode belajar Pomodoro

    Kamu bisa menggunakan metode belajar Pomodoro untuk bisa mencapai target. Dimana kamu memberikan batas waktu dalam belajar sehingga kamu hanya belajar sesuai waktu yang sudah kamu tetapkan. Alhasil kamu tidak akan bisa santai dalam belajar dan juga tidak merasakan berat ketika belajar.

    1. Memberi diri reward atau penghargaan

    Ketika kamu sudah menetapkan target dalam belajar tersebut, cobalah memberi reward atau penghargaan atas upaya atau usaha yang sudah kamu lakukan untuk mencapainya. Memberikan reward terhadap diri sendiri ini juga bisa menambah konsentrasi dan semangat belajar. Kamu tidak harus menetapkan reward yang sulit, cukup dengan merefreshing diri dengan hal sederhana atau memanjakan diri dengan perawatan.

    Itulah beberapa tips atau cara yang bisa kamu coba terapkan di rumah selama masa self quarantine. Dengan tujuan bisa tetap konsentrasi dan fokus belajar saat di “rumah aja”. Dengan menguatkan diri untuk di rumah saja merupakan keputusan tepat kamu ambil, dengan harapan mata rantai penyebaran virus covid-19 bisa dihentikan.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berikut Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Saat Stay At Home
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar