Konsep Dan Prosedur Hasil Bioteknologi Konvensional

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Bioteknologi adalah bidang biologi yang luas, yang melibatkan sistem dan organisme hidup untuk mengembangkan atau membuat produk, atau "aplikasi teknologi apa pun yang menggunakan sistem biologis, organisme hidup, atau turunannya, untuk membuat atau memodifikasi produk atau proses untuk penggunaan khusus" ( Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati , Pasal 2).

    Bergantung pada alat dan aplikasi, seringkali tumpang tindih dengan bidang (terkait) biologi molekuler , bio-engineering , teknik biomedis , biomanufaktur , teknik molekuler , dll. Selama ribuan tahun, manusia telah menggunakan bioteknologi di bidang pertanian , produksi makanan , lingkungan dan obat - obatan . Istilah ini sebagian besar diyakini telah diciptakan pada tahun 1919 oleh insinyur Hongaria Károly Ereky .

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, bioteknologi telah berkembang mencakup ilmu - ilmu baru dan beragam seperti genomik , teknik gen rekombinan , imunologi terapan, dan pengembangan terapi farmasi dan tes diagnostik . Konsep luas "biotek" atau "bioteknologi" mencakup berbagai prosedur untuk memodifikasi organisme hidup sesuai dengan tujuan manusia, kembali ke domestikasi hewan, budidaya tanaman, dan "perbaikan" melalui program pemuliaan yang menggunakan buatan seleksi dan hibridisasi .

    Penggunaan modern juga mencakup rekayasa genetika serta teknologi kultur sel dan jaringan . American Chemical Society mendefinisikan bioteknologi sebagai aplikasi organisme, sistem, atau proses biologis oleh berbagai industri untuk belajar tentang ilmu kehidupan dan peningkatan nilai bahan dan organisme seperti obat-obatan, tanaman, dan ternak.

    Menurut Federasi Bioteknologi Eropa , bioteknologi adalah integrasi ilmu pengetahuan alam dan organisme, sel, bagiannya, dan analog molekuler untuk produk dan layanan. Bioteknologi didasarkan pada ilmu biologi dasar (misalnya biologi molekuler , biokimia , biologi sel , embriologi , genetika , mikrobiologi ) dan sebaliknya menyediakan metode untuk mendukung dan melakukan penelitian dasar dalam biologi.

    Bioteknologi adalah penelitian dan pengembangan di laboratorium yang menggunakan bioinformatika untuk eksplorasi, ekstraksi, eksploitasi, dan produksi dari semua organisme hidup dan sumber biomassa apa pun melalui rekayasa biokimia di mana produk bernilai tambah tinggi dapat direncanakan (direproduksi oleh biosintesis , misalnya) , diramalkan, dirumuskan, dikembangkan, diproduksi.

    Dan juga dipasarkan untuk tujuan operasi yang berkelanjutan (untuk pengembalian dari investasi awal tanpa dasar pada R & D) dan mendapatkan hak paten yang tahan lama (untuk hak eksklusif untuk penjualan, dan sebelum ini untuk menerima nasional dan persetujuan internasional dari hasil percobaan hewan dan percobaan manusia, terutama pada cabang bioteknologi farmasi untuk mencegah efek samping yang tidak terdeteksi atau masalah keamanan dengan menggunakan produk).

    Baca juga : Proses Reproduksi Pada Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil

    Pemanfaatan proses biologis, organisme atau sistem untuk menghasilkan produk yang diantisipasi untuk meningkatkan kehidupan manusia disebut bioteknologi. Sebaliknya, bioengineering umumnya dianggap sebagai bidang terkait yang lebih banyak menekankan pendekatan sistem yang lebih tinggi (tidak harus mengubah atau menggunakan bahan biologis secara langsung ) untuk berinteraksi dengan dan memanfaatkan makhluk hidup.

    Bioengineering adalah penerapan prinsip-prinsip teknik dan ilmu alam ke jaringan, sel dan molekul. Ini dapat dianggap sebagai penggunaan pengetahuan dari bekerja dengan dan memanipulasi biologi untuk mencapai hasil yang dapat meningkatkan fungsi pada tumbuhan dan hewan. Terkait, rekayasa biomedis adalah bidang yang tumpang tindih yang sering memanfaatkan dan menerapkan bioteknologi (dengan berbagai definisi), terutama di sub-bidang tertentu teknik biomedis atau kimia seperti teknik jaringan , teknik biofarmasi , dan rekayasa genetika .

    Proses Bioteknologi

    • Obat

    Dalam kedokteran, bioteknologi modern memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang seperti penemuan dan produksi obat farmasi , farmakogenomik , dan pengujian genetik (atau penyaringan genetik ). Farmakogenomik (kombinasi farmakologi dan genomik ) adalah teknologi yang menganalisis bagaimana susunan genetika memengaruhi respons seseorang terhadap obat.

    Para peneliti di lapangan menyelidiki pengaruh variasi genetik pada respons obat pada pasien dengan mengkorelasikan ekspresi gen atau polimorfisme nukleotida tunggal dengan kemanjuran atau toksisitas obat. Tujuan farmakogenomik adalah untuk mengembangkan cara rasional untuk mengoptimalkan terapi obat, sehubungan dengan genotipe pasien, untuk memastikan kemanjuran maksimum dengan efek samping minimal.

    Pendekatan semacam itu menjanjikan munculnya " obat pribadi "; di mana obat dan kombinasi obat dioptimalkan untuk susunan genetik unik setiap individu.

    • Pertanian

    Tanaman rekayasa genetika ("tanaman transgenik", atau "tanaman biotek") adalah tanaman yang digunakan dalam pertanian , DNA yang telah dimodifikasi dengan teknik rekayasa genetika . Dalam kebanyakan kasus, tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan sifat baru yang tidak terjadi secara alami pada spesies. Perusahaan bioteknologi dapat berkontribusi pada ketahanan pangan masa depan dengan meningkatkan gizi dan kelangsungan pertanian perkotaan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Lebih jauh, perlindungan hak kekayaan intelektual mendorong investasi sektor swasta dalam agrobioteknologi. Misalnya, di Illinois FARM Illinois (Roadmap Pangan dan Pertanian untuk Illinois) adalah inisiatif untuk mengembangkan dan mengoordinasikan petani, industri, lembaga penelitian, pemerintah, dan organisasi nirlaba dalam mengejar inovasi pangan dan pertanian.

    Selain itu, Organisasi Industri Bioteknologi Illinois (iBIO) adalah asosiasi industri ilmu hayati dengan lebih dari 500 perusahaan ilmu hayati, universitas, lembaga akademik, penyedia layanan, dan lainnya sebagai anggota.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Dan Prosedur Hasil Bioteknologi Konvensional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar