Ciri Ciri Bioteknologi Modern

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Ciri yang terdapat dari bioteknologi modern  ialah menggunakan peralatan yang maju atau canggih. Ciri ini merupakan ciri yang terlihat dengan jelas dari bioteknologi modern. Selain ciri tersebut masih terdapat ciri yang lainnya seperti memanfaatkan bagian dari unsur terkecil makhluk hidup atau organisme. Beberapa ciri dari bioteknologi modern yang lain sebagai berikut.

    Biasanya bioteknologi modern perlu kemampuan khusus untuk menerapkannya. Selain itu ciri yang mencolok dari bioteknologi ini ialah bisa mendapatkan hasil yang cepat. Bioteknologi sendiri memiliki penjelasan sebagai cara untuk mengelola dan memanfaatkan makhluk hidup.  Bioteknologi juga salah satu bentuk ilmu pengetahuan yang tujuannya untuk menggunakan makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan agar dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Bioteknologi sendiri dibagi lagi menjadi dua, hal ini dapat diketahui dari penjelasan mengenai bioteknologi modern. Bioteknologi tersebut ialah bioteknologi modern dan juga konvensional. Ciri dari kedua bioteknologi ini berbeda-beda namun keduanya masih menerapkan ilmu bioteknologi. Mengenai ciri-ciri dari masing-masing bioteknologi  dapat kita ketahui sebagai berikut.

    Dimulai dari bioteknologi modern yang memiliki ciri yakni memiliki tata cara yang tersusun, berikutnya untuk menerapkannya telah dilakukan persiapan yang baik. Selanjutnya ialah, ciri yang mencolok dari bioteknologi ini yakni hasil yang didapatkan lebih cepat dan banyak. Biasanya pembuatannya juga dilakukan secara massal. Banyak sekali contoh dari kegiatan dari bioteknologi ini.

    Baca juga : Pengelompokan Jamur

    Meskipun beberapa contoh kegiatan tersebut memiliki ciri yang positif dan juga negatif. Karena, beberapa cara yang diterapkan tidak sesuai dengan anjuran agama. Selain itu bioteknologi ini juga memiliki dampak yang buruk atau efek samping untuk orang yang menggunakannya. Contoh dari penerapan kegiatan bioteknologi ini ialah, kloning. Cara ini merupakan cara yang dilarang dalam ajaran agama.

    Cara ini mengambil sel dari tubuh makhluk hidup dan memasukkannya ke tubuh makhluk hidup lain. Cara ini memiliki banyak resiko. Namun jika berhasil akan memberikan keuntungan tersendiri. Meskipun demikian cara ini memiliki banyak dampak negatif.

    Berikutnya ada penerapan dari kegiatan untuk mengkombinasikan dua sel makhluk hidup yang  berbeda atau timbal balik dengan tujuan agar mendapatkan makhluk hidup baru dengan gabungan sifat dari kombinasi tersebut. ada juga kegiatan menyisipkan suatu gen kedalam makhluk hidup yang tujuannya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu agar mendapat makhluk dengan sifat yang baru.

    Setelah mengetahui beberapa contoh dari kegiatan bioteknologi, kita juga perlu mengetahui beberapa dampaknya bagi kita. Dampak yang dapat dialami ada dua dimulai dari dampak yang negatif, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seperti merugikan orang yang masih menggunakan bioteknologi dengan cara konvensional. Berikutnya terdapat efek samping yang akan dirasakan bagi orang yang menggunakan hasil dari bioteknologi ini.

    Kemudian dapat mengganggu keseimbangan alam.  Meskipun terdapat banyak dampak yang tidak baik, namun ada juga dampak yang positif dari bioteknologi. Meskipun terdapat hal positif dari bioteknologi ini dampak positif ini belum  pasti akan didapatkan. Beberapa hal positif yang mungkin akan dapat ialah sebagai berikut. Dapat menghasilkan makhluk hidup yang memiliki keunggulan.

    Berikutnya bisa meningkatkan penghasilan dan juga kesejahteraan. Dan terakhir dapat memperbanyak dan menghasilkan jumlah yang lebih banyak. Bioteknologi menjadi salah satu ilmu yang bermanfaat dan banyak diterapkan. Bioteknologi juga telah banyak dikombinasikan dengan ilmu-ilmu yang lain, untuk dapat terus mengembangkan ilmu tersebut agar dapat lebih bermanfaat untuk kehidupan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bioteknologi telah banyak dikembangkan baik untuk memanfaatkan tumbuhan maupun beberapa jenis ternak. Ilmu ini juga terus berkembang dan telah dilakukan beberapa percobaan untuk menerapkannya. Sehingga beberapa bioteknologi dapat berhasil dengan baik dan mengurangi terjadinya kegagalan.

    Ilmu ini memiliki beberapa manfaat, namun juga terdapat beberapa hal yang tidak memberi manfaat dari ilmu ini. Hal tersebut dikarenakan, untuk mendapatkan manfaat tersebut perlu mengorbankan sesuatu yang lebih besar sedangkan, hasilnya bisa jadi tidak akan didapatkan. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Ciri Bioteknologi Modern
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar