Pengertian Pencatatan Keuangan Sederhana

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Laporan keuangan adalah kartu laporan bisnis. Apakah Anda seorang investor baru, pemilik usaha kecil, eksekutif, atau hanya mencoba melacak keuangan pribadi Anda, Anda perlu memahami cara membaca, menganalisis, dan membuat laporan keuangan sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap dan akurat tentang keuangan Anda.

    Laporan keuangan akan memberi tahu Anda berapa banyak uang yang telah disimpan operasi, berapa banyak utang yang harus dibayar, pendapatan yang masuk setiap bulan, dan biaya yang dikeluarkan. Panduan ini akan mengajarkan Anda cara memilah-milah semua formulir dan entri yang berbeda untuk menemukan informasi keuangan yang Anda cari. Setiap bagian memberikan pengantar singkat untuk suatu bentuk atau konsep.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Laporan Tahunan

    Banyak laporan keuangan yang Anda butuhkan untuk memahami suatu perusahaan dimuat dalam laporan tahunannya. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli saham di perusahaan, Anda dapat meminta laporan tahunan secara gratis. Berbeda dengan pengarsipan 10 ribu, laporan tahunan sering kali lebih mudah dicerna pembaca rata-rata.

    Mereka dialamatkan langsung ke pemegang saham, sebagai lawan menyapa regulator dengan Komisi Sekuritas dan Bursa. Mereka mungkin menyertakan surat dari CEO, yang menjelaskan keberhasilan dan kekurangan tahun lalu dalam bahasa yang sederhana.

    Sentuhan pribadi ini memberi wawasan tentang nada dalam perusahaan, yang bisa sulit diperoleh dari neraca dan angka finansial saja. Namun, nadanya bukan segalanya, dan penting untuk membaca laporan pemegang saham tahunan dan pengajuan 10 ribu untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kesehatan keuangan perusahaan secara keseluruhan.

    Anda mungkin menemukan bahwa beberapa perusahaan sama sekali tidak melaporkan laporan pemegang saham, karena mereka hanya diwajibkan secara hukum untuk menghasilkan laporan tahunan untuk SEC.

    10K dan Laporan Keuangan

    10K adalah kumpulan khusus dari laporan keuangan yang harus diajukan perusahaan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa setiap tahun. Ini biasanya mencakup lebih banyak informasi daripada laporan tahunan, termasuk laporan laba rugi dan neraca.

    Alih-alih sekadar mengatakan berapa banyak utang yang dimiliki perusahaan, misalnya, pernyataan ini akan merinci persis di mana masing-masing kewajiban utangnya terletak apakah itu dalam pajak tangguhan, pinjaman jangka pendek, atau biaya overhead.

    Baca juga : Tata Cara / Prosedur Pencatatan Keuangan Sederhana

    Perusahaan yang diperdagangkan secara publik wajib secara hukum untuk memberikan dokumen-dokumen ini, dan jika Anda tidak dapat mengaksesnya secara langsung melalui situs perusahaan, Anda dapat menemukannya di situs web agen pemerintah.

    Cara Membaca dan Menganalisa Neraca

    Neraca memberikan gambaran tentang waktu apa yang dimiliki (aset), apa yang terutang (kewajiban), dan apa yang tersisa (kekayaan bersih atau nilai buku). Mempelajari cara membaca dan memahami neraca bisa jadi sulit karena ada begitu banyak informasi yang dikemas dalam setiap baris, tetapi itu juga yang membuat mereka begitu penting untuk dibaca. Banyak rasio dan angka yang digunakan analis ketika membahas kesehatan keuangan perusahaan dihitung dari neraca.

    Cara Membaca dan Menganalisa Laporan Penghasilan

    Kadang-kadang disebut laporan untung rugi (P&L), laporan laba rugi menunjukkan Anda uang masuk (pendapatan), uang keluar pintu (pengeluaran), dan apa yang tersisa (pendapatan, atau laba). Laporan laba rugi penting karena Anda dapat menggunakannya bersama dengan neraca untuk menghitung pengembalian yang Anda hasilkan dari investasi Anda.

    Jika Anda serius mempelajari laporan keuangan dan cara kerja analisis laporan keuangan, siapkan daftar referensi formula rasio dan coba kerjakan sendiri perhitungannya untuk perusahaan yang Anda tonton.

    Menggunakan Laporan Keuangan untuk Menghitung Rasio Keuangan

    Tujuannya adalah untuk memahami cara menghitung dan memanfaatkan setiap rasio keuangan, tetapi Anda harus memulainya. Beberapa rasio yang paling penting untuk memulai termasuk rasio harga terhadap kas (dan kerabat dekatnya, rasio harga terhadap pendapatan), rasio perputaran aset, dan rasio saat ini. Anda juga mungkin menemukan bahwa pada awalnya bermanfaat untuk membagi secara mental semua rasio keuangan ke dalam lima kategori: leverage, likuiditas, operasi, profitabilitas, dan solvabilitas.

    Trik Akuntansi: EPS vs. EPS Dilusian

    Perusahaan tahu seluk beluk laporan keuangan lebih baik daripada investor pemula  dan mereka tahu cara memanipulasi data untuk merapikan citra mereka di atas kertas. Ketika Anda menjadi lebih terbiasa dengan laporan keuangan, Anda mungkin mulai menangkap beberapa cara ini bahwa rasio lebih menyesatkan daripada yang tampak pada awalnya.

    Misalnya, jika perusahaan berada di ambang merger atau akuisisi baru, laba per saham (EPS) bisa menjadi ukuran yang menyesatkan bagi investor. Sebagai gantinya, mereka ingin menghitung laba per saham dilusian, yang menangkap gambaran kesehatan keuangan perusahaan yang lebih lengkap sehubungan dengan Anda, pemegang saham.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    5 Metode Penghitungan Pendapatan untuk Dipahami

    Perusahaan diwajibkan secara hukum untuk mengatakan yang sebenarnya dalam laporan keuangannya. Namun, ada berbagai cara penghitungan angka yang sama. Jika Anda tidak terbiasa dengan perbedaan di antara mereka, Anda bisa memiliki perasaan yang tidak akurat tentang kesehatan keuangan perusahaan. Model-model pengakuan pendapatan yang berbeda dapat menghitung penjualan sebagai selengkap di dalam buku-buku jauh sebelum pelanggan menerima barang atau layanan yang mereka beli. Jika Anda membiasakan diri dengan semua model yang berbeda, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang dihasilkan perusahaan, dan apakah model bisnis mereka bagus. ( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Pencatatan Keuangan Sederhana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    50%

    Komentar