10 Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Yang menjadi bagian dari ruang lingkup administrasi perkantoran dimulai dari, kegiatan yang terdapat di kantor, kemudian yang kedua ialah fasilitas atau sarana kerja yang terdapat di kantor. Keduanya terbagi lagi menjadi beberapa bagian, dimulai dari kegiatan yang terdapat dikantor. Kegiatan yang terdapat dikantor ini juga terbagi lagi menjadi persiapan kegiatan perkantoran, dimulai dari perencanaan pembangunan gedung.

    Yang kedua ialah pengaturan tata letak dari ruangan kantor. Berikutnya memberikan penerangan atau cahaya agar dapat melaksanakan kegiatan perkantoran dengan baik. Selanjutnya pembuatan ventilasi, kemudian terdapat perlengkapan untuk kantor beserta perabotan lainnya. kemudian pembuatan metode atau cara serta pemberian standarisasi untuk pekerjaan kantor.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kemudian melakukan persiapan biaya atau anggaran untuk perkantoran nantinya. Kemudian mempersiapkan sebuah sistem agar pekerja bisa mendapatkan informasi atau berita. Serta dapat melakukan komunikasi dengan baik. Terakhir ialah menentukan sebuah standar untuk kualitas kerja. Setelah melakukan kegiatan persiapan kegiatan perkantoran, kegiatan selanjutnya yang perlu dilakukan ialah membentuk sistem organisasi atau struktur dari perkantoran.

    Untuk dapat melakukan kegiatan ini maka yang perlu dilakukan ialah membentuk pembagian-pembagian tugas. Tujuannya agar sebuah tugas dan juga pekerjaan yang dilakukan lebih efektif serta efisien dalam sebuah perusahaan maupun kantor. Kemudian melakukan kegiatan interaksi atau hubungan yang baik. Atau menjaga hubungan antara pekerja dengan pekerja, pekerja dengan atasan.

    Dengan memelihara hubungan kerja yang baik akan membentuk sistem kerja yang lebih baik pula. Kegiatan pembentukan organisasi selanjutnya ialah menyediakan alat maupun peralatan yang sesuai berdasarkan pembagian pekerjaan dan tugas yang telah dibentuk sebelumnya. Dengan melakukan persiapan seperti ini akan memberikan kemudahan dalam bekerja terutama bagi pemula, hal ini berlaku untuk seorang pekerja maupun seorang karyawan.

    Baca juga : Dampak Positif Adanya Teknologi Perkantoran

    Setelah melakukan pembentukan organisasi kegiatan yang perlu dilakukan selanjutnya ialah pengendalian atau pengarahan untuk perkantoran. Kegiatan dimulai dari beberapa hal yang diawali dengan membentuk peraturan seperti melakukan pengendalian atau pengawasan terhadap pekerja dan juga bawahan. Selanjutnya mencari cara yang tepat untuk memberikan semangat untuk pekerja dan juga bawahan.

    Kegiatan berikutnya ialah memberikan pertolongan bagi pekerja yang sedang mengalami kesulitan, terutama dalam menjalani pekerjaanya. Selanjutnya menetapkan tujuan atau visi dan misi untuk pekerja dan juga organisasi yang dijalani. Dengan adanya pembentukan ini akan memberikan tujuan yang jelas baik untuk pekerja maupun organisasi yang dijalankan.

    Selanjutnya menentukan cara yang baik untuk melakukan komunikasi, dengan menentukan cara yang tepat serta benar dalam berkomunikasi akan memberikan kelancaran dalam bekerja. Karena, dengan melakukan penentuan ini akan memberikan hal yang positif baik untuk pekerja dengan pekerja yang lain dan juga pekerja dengan atasannya.

    Yang terakhir ialah penentuan dan pemberian gaji. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik agar hubungan kerja tetap baik pula. Pembagian gaji perlu dilakukan dengan adil dan perlu diukur dengan baik sesuai kinerja maupun semangat kerja yang dimiliki pegawai dan juga pekerja lainnya. Setelah melakukan kegiatan pengendalian dan pengarahan kantor, kegiatan selanjutnya ialah melakukan pengawasan kantor.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kegiatan ini terbagi menjadi pengawasan peralatan kantor, pengawasan standar kantor, pengawasan waktu, pengawasan keuangan atau biaya untuk kantor, pengawasan untuk pekerja dan juga pelayan. Selanjutnya ialah perlu menentukan dan mempersiapkan tempat kerja dan juga hal lainnya yang diperlukan seperti fasilitas-fasilitas.

    Kegiatan ini terdiri dari penentuan wilayah atau lokasi kantor. Untuk dapat menentukannya banyak yang perlu diperhatikan. Selanjutnya bangunan kantor, bangunan kantor juga perlu banyak persiapan dan juga pertimbangan agar bangunan atau gedung kantor sesuai untuk pekerja.

    Untuk melakukannya perlu mempersiapkan sarana yang cukup dan juga penyesuaian bangunan sesuai biaya yang dimiliki dan keuntungan yang mungkin akan didapat. Kegiatan yang berikutnya ialah persiapan bahan yang diperlukan untuk kantor, kegiatan mendekorasi dan menyediakan beberapa mesin kantor yang akan dibutuhkan. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 10 Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar