Kelebihan Client Server

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kata client atau server yang berdiri sendiri mungkin sudah sering kita dengar. Tapi bagaimana ketika dua kata tersebut digabungkan? Sebagaimana kata lain, ketika kedua kata itu digabungkan maka akan menghasilkan satu arti yang baru. Begitu pun client server, bagian ini akan memberikan penjelasannya.

    Kata client dalam konteks client server dapat diartikan sebagai sistem atau proses yang melakukan permintaan atau request kepada server. Sedangkan server, diartikan sebagai sistem atau proses yang menyediakan data atau hal yang diminta oleh client.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Berdasarkan pada dua pengertian barusan, client server dapat diartikan sebagai sebuah paradigma dalam dunia IT. Paradigma tersebut merujuk pada cara menyalurkan data, informasi, atau aplikasi melalui dua atau lebih perangkat atau dua pihak, yaitu client dan server.

    Dalam sebuah buku Panduan Aplikatif yang berjudul Solusi Membuat Aplikasi Client Server dengan Visual Basic 2008 dikatakan, bahwa client server adalah sebuah konsep dalam teknologi informasi. Konsep client server merupakan satu model komunikasi, yang melibatkan dua komputer atau lebih. Fungsinya adalah melakukan pembagian tugas.

    Tugas client adalah melakukan input, update, penghapusan, dan menampilkan data dari sebuah database. Sedangkan tugas server adalah menyediakan pelayanan dan sumber daya untuk melakukan manajemen, menyimpan, dan mengolah database.  Dalam menjalankan kerjanya, client server memerlukan beberapa perangkat. Perbedaan tugas dan kegunaan dari kedua konsep tersebut menjadikan perangkat yang digunakan oleh keduanya juga berbeda.

    Pada client misalnya, sebagai bagian permintaan dan berhubungan dengan pengguna, maka perangkat yang dibutuhkan seperti sebuah komputer atau sebuah software aplikasi. Software dapat terinstal dalam perangkat komputer maupun smartphone kita.

    Baca juga : Model Komunikasi Client Server

    Untuk server, perangkat digunakan seperti komputer, yang sudah dirancang secara khusus untuk melayani client. Mengapa butuh komputer yang dirancang khusus? Hal ini karena server menyimpan banyak sekali data dan informasi, komputer yang dijadikan sebagai server harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi agar data yang tersimpan tetap aman .

    Dalam sistem kerjanya, komputer server akan menerima permintaan dan menganalisa permintaan tersebut, kemudian mengolahnya dan mengirimkan kembali respon sesuai dengan permintaan. Untuk itu, perangkat yang dibutuhkan adalah komputer dengan kapasitas besar dan performa yang tinggi. Hal ini karena mungkin saja server menerima permintaan yang banyak dalam waktu yang bersamaan

    Kelebihan dan Kekurangan Client Server

    Pada bagian pertama, kita akan bahas soal kelebihan kerja jaringan client server. Kelebihan yang bisa kita dapatkan adalah kontrol penuh dan backup data secara terpusat oleh server. Kelebihan berikutnya adalah skalabilitas, dimana kita bisa menambah jumlah komputer atau server pada perangkat client. Hal ini tidak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kinerja server.

    Kelebihan terakhir yang bisa kita rasakan adalah pada hal keamanan. Maksud dari keamanan disini, server dapat mengawasi dan membatasi setiap aktivitas dan lalu lintas akses data maupun informasi dalam server tersebut. Server juga dapat mengatur pembatasan informasi yang diberikan kepada user,  sehingga user hanya dapat mengakses informasi yang menjadi haknya.

    Disamping kelebihan, tentunya terdapat kekurangan dari jaringan client server. Kekurangannya adalah kemungkinan adanya kegagalan pada pusat kontrol.Ketika server yang digunakan bersifat tunggal lalu digunakan untuk mengatur sumber daya mengalami masalah, maka akan menyebabkan terhentinya semua layanan pada jaringan tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ancaman ini disebut juga dengan ancaman Single Point of Failure (SPOF). Misalkan sebuah server yang didalamnya menyimpan database email dan password user, lalu jaringan tersebut mengalami kegagalan atau down secara tiba-tiba. Maka kemungkinan para pengguna atau user tidak dapat mengakses jaringan tersebut, sampai server-nya pulih.

    Kekurangan berikutnya yang mungkin kita rasakan adalah biaya yang mahal. Kebutuhan atas penyimpanan yang besar membuat kita membutuhkan komputer dengan kinerja yang super sebagai server. Selain itu, kita juga butuh mengeluarkan biaya untuk tenaga ahli khusus yang akan melayani para client dan mengelola server kita.

    Terakhir, kekurangan yang mungkin kita rasakan adalah kelambatan jaringan. Konsep ini memungkinkan banyaknya pengguna mengakses dalam satu waktu. Nantinya, akses yang terlalu banyak akan membuat jaringan melambat.(Mahuzon)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Client Server
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar