Langkah Langkah Membaca Buku Digital

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahukan kepada teman – teman sebuah langkah dalam membaca buku digital. Rasa – rasanya pada artikel kali ini saya tidak perlu memberitahukan tentang apa itu buku digital, karena pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian buku digital tersebut.

    Jika kemarin kita juga telah membahas tentang aplikasi – aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membaca buku digital baik di smartphone ataupun laptop dan PC, maka kali ini kita akan membahas tentang langkah – langkah membaca buku digital. Disini saya akan membaginya kedalam dua bentuk, yaitu membaca buku digital melalui smartphone dan membaca buku digital melalui laptop. Serta terdapat dua cara dalam membaca buku digital ini, yaitu secara online dan offline.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Membaca buku digital melalui smartphone kita akan menggunakan Pdf Reader, diantaranya yaitu Microsoft Word, dan WPS Office. Apakah teman – teman sudah pernah menggunakan kedua aplikasi tersebut? Jika sudah pernah, pasti teman – teman sudah mengerti apa saja langkah – langkahnya. Sebenarnya cara membaca digital book disini tidak terlalu rumit. Baiklah mari kita bahas apa sajakah langkah – langkah membaca buku digital melalui Microsoft Word di smartphone.

    1. Pastikan smartphone teman – teman memiliki aplikasi Microsoft Word. Jika teman – teman tidak memiliki aplikasi tersebut, teman – teman tidak perlu khawatir karena teman – teman bisa mendownload aplikasi tersebut melalui Play Store di smartphone teman – teman. Dan untuk mendownloadnya, teman – teman harus memiliki kuota internet atau tersambung dengan Wi-Fi dan ruang penyimpanan yang memadai ya.
    2. Sekedar informasi untuk teman – teman semua, umumnya aplikasi seperti Microsoft Word dan WPS Office ini digunakan untuk buku digital yang berformat (.pdf) dan biasanya aplikasi ini dipakai untuk membaca buku digital yang berisi informasi mengenai pendidikan. Adapun cara membacanya ialah, teman – teman harus mendownload terlebih dahulu file pdf nya.
    3. Adapun cara mendownloadnya, teman – teman buka dulu google atau browser di smartphone teman – teman. Kemudian ketikkan nama buku yang ingin teman – teman download. Misalnya “ Download buku matematika kelas 5”, maka akan muncul situs – situs yang bisa teman – teman kunjungi. Pilih salah satu dari situs tersebut, lalu kita akan masuk kedalam halaman web tersebut. Lalu teman – teman klik tanda download, lalu jika download telah selesai klik pada file buku yang telah didownload tadi, dan akan muncul beberapa pilihan aplikasi yang dapat teman – teman gunakan untuk membaca buku tersebut. Salah satunya, yaitu Microsoft Word dan langsung saja kita pilih Ms. Word. Nah, karena kita telah mendownload buku tersebut jadi buku itu dapat kita baca secara offline.
    4. Jika teman – teman menggunakan WPS Office, langkah – langkah nya sama saja. Namun bedanya saat muncul pilihan aplikasi untuk membaca buku digital tersebut, teman – teman harus memilih WPS Office.

    Baca juga : Cara Mengubah Pdf Ke Epub

    Kita juga bisa membaca novel melalui aplikasi Microsoft Word ataupun WPS Office. Caranya sama saja seperti diatas, teman – teman tinggal buka google ataupun browser, lalu ketikkan judul novel yang ingin teman – teman baca. Dan jangan lupa didownload ya, agar bisa membacanya secara offline. Dan sekedar informasi untuk teman – teman semua, karena kita mendownloadnya melalui browser jadi teman – teman harus berhati – hati dalam memilih situs dan jangan sampai terkena virus. Selain itu kita juga bisa membaca novel melalui aplikasi moon + reader. Bagaimana caranya? Berikut :

    1. Pertama, teman – teman buka Play Store dan carilah aplikasi moon + reader. Aplikasi ini terdiri atas dua versi, yaitu versi Pro dan Non-Pro. Nah, jika teman – teman ingin mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi ini, teman – teman bisa memilih moon + reader versi Pro, meski agak merogoh kantong untuk mengeluarkan uang, tapi aplikasi versi ini menyediakan fitur yang paling lengkap. Tapi, untuk teman – teman yang ingin mendapatkan aplikasi moon + reader tanpa mengeluarkan uang, maka moon + reader Non-Pro ialah jawabannya. Meskipun fitur yang tersedia didalamnya tidak selengkap versi Pro, tapi versi ini juga sudah bagus untuk digunakan membaca novel.
    2. Nah, didalam aplikasi ini, terdapat beberapa cerita yang dapat teman – teman baca. Atau teman – teman juga dapat membaca buku yang teman – teman download di browser dengan cara mengimport nya.

    Jika tadi kita membahas cara membaca buku digital melalui smartphone maka kali ini kita akan membahas cara membaca buku digital melalui laptop. Berikut :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Teman – teman dapat menggunakan default application pada laptop atau PC teman – teman. Di laptop saya, terdapat beberapa aplikasi pembaca buku digital, diantaranya Adobe Reader XI,dan Microsoft Edge.
    2. Caranya tidak terlalu sulit, teman – teman buka aplikasi Adobe Reader XI, dan carilah novel yang telah teman – teman download melalui browser. Lalu teman – teman dapat membacanya, selama aplikasi teman – teman tidak mengalami error.

    Selanjutnya, jika menggunakan Microsoft Edge, sebenarnya aplikasi ini juga merupakan browser. Tapi saya pribadi juga dapat membaca novel yang telah didownload melalui aplikasi ini.

    Sekian artikel ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi teman – teman semua.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah Langkah Membaca Buku Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar