Cara Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagai manusia tentu saja adakalanya kita merasakan keanehan dalam diri kita, entah itu perasaan tidak nyaman terhadap penampilan atau merasa tidak percaya diri. Hal itu disebut dengan Insecure yaitu dimana sebuah perasaan yang muncul membuat kamu merasakan tidak nyaman pada diri kamu alias tidak PD.

    Meskipun hal tersebut wajar dan hampir setiap orang mengalaminya, namun adakalanya perasaan insecure tersebut terus berlarut. Tentu saja jika perasaan ini dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang. Kenapa begitu? Karena ia akan merasa tidak percaya diri berada di tengah masyarakat sehingga sulit untuk bersosialisai.

    Insecure tersebut akan membuat dia lebih menyendiri dan enggan untuk berbaur dengan temannya. Parahnya jika seseorang yang mengalami perasaan insecure ini bisa saja membuat orang tersebut takut untuk melangkah maju. Selain itu ia juga takut untuk menggambil keputusan sehingga ia akan kesulitan sendiri. Hal yang menyebabkan insecure ini bisa saja karena overthingking, tidak PD, pergaulan atau trauma.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Tentu saja perasaan ini harus segera di atasi agar tidak berlarut-larut dan berdampak buruk untuk diri anda. Untuk itu, berikut beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Insecure pada diri sendiri :

    1. Belajar Mencintai Diri Sendiri

    Bisa dikatakan poin ini cukup memiliki peranan penting atau bahkan kategori terpenting. Kebanyakan orang hanya terfokus pada kelemahan yang ada pada diri mereka saja tanpa melihat bahwa mereka juga memiliki kelebihan yang bisa dibanggakan. Sehingga tidak jarang dari mereka membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain, dan ini adalah satu faktor yang memicu munculnya perasaan insecure.

    Sebenarnya kita tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap manusia itu diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga dari pada anda sibuk membandingkan diri anda dengan orang lain, akan lebih baik jika anda mulai mencintai diri sendiri. Tentu saja kita bisa lebih bersyukur dengan apa yang telah dimiliki jika mencintai diri sendiri. Selain itu anda juga akan bisa lebih percaya diri dengan apa yang dimiliki sehingga kamupun bisa melawan rasa insecure yang muncul tersebut.

    1. Hindarri Toxic People

    Bagi sebagian besar kamu mungkin tidak asing mendengar istilah Toxic People, yaitu seseorang yang cenderung bersifat negative serta merugikan orang lain baik dalam emosional maupun fisik.  Tidak dipungkiri kita sering menemukan orang bersifat toxic ini bahkan bisa saja diantara mereka adalah temah kita sendiri.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Nah, ketika kamu merasa bertemu dengan orang yang memiliki sifat toxic ini sangat disarankan untuk menjauhkan diri dari orang tersebut. Apabila kamu tetap bertahan berada di dekat orang yang memiliki sifat begini dikhawatirkan kamu akan merasa semakin insecure terhadap diri kamu atas perlakuan mereka yang meremehkan diri kamu atau bahkan tidak menghargai kamu.

    Lebih baik kamu memfokuskan diri kamu kamu mencari lingkungan atau teman yang memang memiliki sifat positif dimana mereka juga bisa mensupport kamu. Dengan begitu diharapkan kamu bisa mengatasi insecure pada diri kamu.

    1. Ikhlaskan Masa Lalu     

    Setiap kita tentu saja memiliki yang namanya cerita masa lalu, baik itu kisah yang membahagiakan atau kisah harus. Banyak dari mereka merasakan penyesalan terhadap masa lalu mereka yang pahit atau kelam, dan ini bisa menjadi salah satu factor pemicu insecure.     

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Agar kita bisa menjalani kehidupan dengan baik dan wajar tentu kamu harus berdamai dengan masa lalu. Kamu harus mampu mengikhlaskan apapun yang terjadi atau terkait masalah yang kamu alami di masa lalu. Kamu cukup menjadilan masa lalu sebagai pelajaran hidup yang berguna untuk mendukung masa depan kamu.

    1. Lawan Rasa Insecure Tersebut      

    Poin ini bisa dikatakan cukup berperan penting dalam mengatasi rasa insecure ini, dimana kamu harus melawannya. Jangan terlalu berpikiran berlebihan menguasai kepala kamu yang menambah perasaan tersebut. Kamu harus percaya dengan diri sendiri bahwa kamu mampu mengatasi diri sendiri.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika mengatasi Insecure pada diri sendiri, Mengatasi Insecure ini memang sulit dan tidak cukup jika hanya membaca beberapa tips saja. Teruslah berpikiran positif dan yakin bahwa kamu bisa mengatasi insecure ini dan jika memungkinkan tidak ada salahnya berkonsultasi dengan orang professional.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar