Fungsi Dan Tujuan Buku Digital

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa sebenarnya eBook itu, mari kita lihat karakteristik eBuku.

    Karakteristik Buku Digital

    Sebagai permulaan, eBook adalah file yang dapat Anda baca pada perangkat digital - tablet, smartphone, komputer, dll. Namun sekali lagi, mengingat file lain dapat dibaca pada perangkat digital (mis. Dokumen word) eBook memiliki karakteristik khusus yang membedakannya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Buku Digital seharusnya tidak dapat diedit

    Satu ciri khas eBuku yang berbeda: teks tidak boleh diedit. EBuku harus selalu dikonversi ke dalam format yang memastikan itu tidak dapat diedit. Dengan ribuan orang memiliki akses ke perangkat digital, orang berpotensi mengubah konten apa pun tanpa izin penulis. Jadi, untuk memenuhi syarat sebagai eBuku yang sebenarnya, teks tidak boleh dapat diubah dengan cara apa pun, seperti buku buku saku.

    Buku Digital dapat diubah-ubah (dengan pengecualian)

    Karakteristik penting lainnya adalah bahwa eBuku sejati harus dapat diubah. Ini berarti bahwa apa pun ukuran layar tempat Anda melihat eBook aktif, itu akan selalu sesuai dengan layar Anda; teks akan tetap diformat dengan jeda baris dan bab dan gambar akan diubah ukurannya agar sesuai dengan proporsi perangkat yang Anda baca.

    Namun ada satu pengecualian: PDF. Mengingat PDF tidak dapat diedit, tetapi tidak dapat diubah, mereka secara teknis tidak memenuhi syarat sebagai eBuku sesuai dengan karakteristik yang membedakan eBuku. Tetapi dengan bisnis yang memanfaatkan kemudahan pengunduhan dan distribusi PDF, PDF telah menjadi e-book "tidak resmi" dan masih merupakan format e-book yang banyak digunakan.

    Format Buku Digital

    Jika Anda mencari format eBuku, Anda akan menemukan beberapa opsi. Puluhan sebenarnya. Namun, kemungkinan untuk menggunakan banyak format ini sangat tipis. Agar mudah bagi Anda, kami hanya akan melihat tiga yang dikenal mudah digunakan dan kemampuan untuk digunakan dalam format yang didistribusikan secara luas: EBUP, AZW, dan PDF.

    1. EPUB (.epub)

    EPUB, atau publikasi elektronik, adalah format yang paling banyak didukung dan dapat dibaca di berbagai perangkat, termasuk komputer, smartphone, tablet, dan sebagian besar eReaders (kecuali Kindles). File EPUB dapat diubah, yang membuatnya benar-benar eBuku dan lebih mudah dibaca di perangkat kecil.

    Baca juga : Prodesur Cara Membuat E Book Menggunakan SIGIL

    2. AZW (.azw)

    File AZW dikembangkan oleh Amazon untuk Kindle eReaders-nya. File-file ini dapat menyimpan konten kompleks seperti bookmark, anotasi, dan sorotan. Tetapi penggunaan file AZW terbatas untuk Kindles atau perangkat dengan aplikasi Kindle. Selain itu, mereka hanya dapat diakses dari toko buku online Amazon.

    3. PDF (.pdf)

    Sebuah PDF, juga dikenal sebagai format dokumen portabel, secara teknis bukan e-book yang sebenarnya menurut definisi kami, tetapi merupakan format yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang. Dibuat oleh Adobe, PDF dikenal karena kemudahan penggunaan dan kemampuannya untuk menahan tata letak khusus.

    Karena mereka memegang format mereka dan tidak dapat diubah, mereka bisa sulit dibaca di layar kecil. Meskipun demikian, mereka masih salah satu format e-book yang paling umum digunakan, terutama oleh pemasar.

    Perangkat Buku Digital Populer

    Buku Digital dapat dibaca di berbagai perangkat digital; layar digital benar-benar. Di bawah ini adalah beberapa perangkat paling populer di mana eBook dilihat:

    • Komputer
    • Tablet
    • Ponsel cerdas

    Namun dalam beberapa tahun terakhir, sebuah perangkat yang disebut eReader (pembaca elektronik) dikembangkan secara khusus untuk membaca dan menyimpan eBook. EReader hanyalah perangkat genggam yang bisa Buku DIgital.

    Beberapa perangkat ini dibuat dengan pencahayaan internal sehingga pembaca dapat terus membaca begitu mereka tidak lagi memiliki akses ke cahaya. Sayangnya, beberapa model tidak memiliki fitur ini. Untuk kenyamanan, perusahaan seperti Amazon dan Kobo membuat aplikasi yang memungkinkan Anda untuk terus membaca dari perangkat apa pun yang memiliki aplikasi tersebut diunduh.

    Ini artinya Anda bisa mulai membaca dari eReader Anda dan ketika hari gelap, Anda bisa menyelesaikannya di komputer, ponsel cerdas, atau tablet Anda jika diperlukan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat Buku Digital

    Dengan eBook yang diperkenalkan ke dunia membaca, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang bisa membuatnya lebih baik daripada buku paperback tradisional? Sudah, dan berikut ini beberapa manfaat eBuku:

    e-Book menghemat ruang

    Beberapa orang cukup beruntung memiliki perpustakaan besar untuk menyimpan buku-buku mereka. Tetapi bagi para kutu buku yang tidak memiliki ruang ekstra itu, eBook menghemat banyak ruang dengan memungkinkan pembaca untuk menyimpan ribuan buku pada satu perangkat. Tidak perlu lagi mencari ruang untuk menyimpan buku baru Anda.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Dan Tujuan Buku Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar