Konsep Listrik Statis Dan Muatan Listrik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Muatan listrik dibuat ketika elektron ditransfer ke atau dihapus dari suatu objek. Karena elektron memiliki muatan negatif, ketika mereka ditambahkan ke objek, ia menjadi bermuatan negatif. Ketika elektron dikeluarkan dari suatu objek, ia menjadi bermuatan positif.

    Listrik statis dapat menjadi gangguan atau bahkan bahaya. Energi yang bisa membuat rambut Anda tegak juga dapat merusak beberapa barang elektronik dan serta menyebabkan ledakan. Namun, dikendalikan dan dimanipulasi dengan baik, itu juga bisa menjadi anugerah luar biasa bagi kehidupan modern.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    "Muatan listrik adalah sifat dasar materi," menurut Michael Richmond, seorang profesor fisika di Rochester Institute of Technology. Hampir dari semua muatan listrik yang terdapat di alam semesta ini dibawa oleh proton juga elektron. Proton dikatakan memiliki muatan unit elektron +1, sedangkan elektron memiliki muatan −1, meskipun tanda-tanda ini sepenuhnya arbitrer.

    Karena proton umumnya terbatas pada inti atom, yang pada gilirannya tertanam di dalam atom, mereka hampir tidak bebas untuk bergerak seperti halnya elektron. Oleh karena itu, saat kita bertopik tentang arus listrik, kita hampir selalu berarti aliran elektron, dan ketika kita bertopik tentang listrik statis, kita umumnya berarti ketidakseimbangan antara muatan negatif dan positif pada objek.

    Listrik statis

    Listrik statis mengacu pada ketidakseimbangan antara muatan listrik dalam suatu benda, khususnya ketidakseimbangan antara muatan negatif dan positif pada suatu benda. Ketidakseimbangan dalam muatan tersebut diperkenalkan dengan cara fisik. Salah satu penyebab paling umum dari listrik statis adalah kontak antara benda padat.

    Baca juga : Pengertian Multiplexer Dan Demultiplexer

    Telah disebutkan sebelumnya bahwa pergerakan proton tidak dimungkinkan dan satu-satunya pergerakan muatan listrik yang terlihat pada listrik statis adalah elektron. Elektron dalam materi sangat longgar, artinya dapat ditukar melalui kontak sederhana seperti menggosok. Gambar di bawah ini adalah contoh menggosok batang kaca dengan sutra yang menyebabkan listrik statis.

    Ketika dua benda digosokkan bersama untuk menghasilkan listrik statis, satu objek melepaskan elektron dan menjadi lebih bermuatan positif sementara materi lainnya mengumpulkan elektron dan menjadi lebih negatif. Kita harus ingat bahwa aturan seperti biaya menolak dan tidak seperti biaya menarik berlaku di sini.

    Berbicara tentang saat-saat ketika rambut Anda tampak berdiri di ujungnya ketika Anda melepas topi Anda. Listrik statis adalah penyebab di sini juga. Saat Anda melepas topi, elektron ditransfer dari topi ke rambut, menciptakan tatanan rambut yang menarik! Ingat, objek dengan muatan yang sama saling tolak. Karena mereka memiliki muatan yang sama, rambut Anda akan berdiri tegak.

    Rambutmu hanya berusaha untuk saling menjauh sejauh mungkin! Hal yang sama berlaku ketika Anda menyisir rambut berulang kali dengan sisir. Jika Anda membawa sisir yang Anda gunakan dekat dengan potongan kertas kecil, Anda akan melihat bahwa sisir menarik potongan kertas. Sisir kehilangan elektron saat menggosok rambut Anda dan ketidakseimbangan muatan ini menghasilkan listrik statis yang kemudian menarik potongan kertas kecil.

    Muatan Listrik

    Muatan listrik tercipta ketika dua bahan bersentuhan atau digosokkan menjadi satu. Ketika bahan-bahan tersebut bersentuhan, elektron dapat secara harfiah terhapus dari satu objek ke objek lainnya. Ini tidak berarti bahwa dua bahan yang digosokkan akan menyebabkan elektron bergerak. Beberapa bahan jauh lebih bersedia untuk menyumbangkan elektron, dan yang lain lebih mungkin untuk menerima elektron.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Daftar bahan yang dipesan oleh kemampuan mereka untuk menyumbangkan elektron disebut seri triboelektrik. Sebagian besar dari kita mungkin semua telah menghasilkan muatan listrik statis di beberapa titik waktu. Kejutan yang Anda terima ketika Anda berjalan melintasi karpet dan menyentuh permukaan logam atau ketika Anda merasakan kelekatan pakaian yang statis adalah bukti dari muatan listrik statis.

    Rambut dan bulu kelinci melepaskan elektron dengan mudah, sedangkan polietilen dan Teflon bagus dalam menarik elektron. Ketika dua bahan pada posisi yang berbeda pada deret triboelektrik digosokkan bersama-sama, material yang menuju ujung positif melepaskan elektron dan menjadi bermuatan positif, dan yang menuju ujung negatif menerima elektron dan menjadi bermuatan negatif.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Listrik Statis Dan Muatan Listrik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar