Tingkatkan Minat Baca Siswa, SMP Juara Pekanbaru Launching Program Pojok Baca

Daftar Isi

    smp juara

    LancangKuning.Com - Literasi di Indonesia saat ini mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan. Hasil penelitian literasi Internasional yang dirilis Central Connecticut State University menempatkan budaya literasi Indonesia masuk ke urutan 64 dari 65 negara yang diteliti. Itu artinya Indonesia menempati rangking kedua terburuk dari bawah tentang budaya literasi. Indonesia berada diantara Qatar dan Paru.

    Hal ini sangat membuat hati terharu saat mendengarnya. Hasil penelitian UNESCO pada tahun 2011 membuat penelitian yang dari hasil penelitiannya dari 1000 orang Indonesia hanya satu yang memiliki minat baca yang baik jadi jika dibuat ke bentuk presentase budaya literasi di Indonesia sekitar 0,001. Begitu buruknya budaya literasi di Negara kita. Kantor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mencatat 90 persen penduduk usia di atas 10 tahun gemar menonton televisi, tetapi tidak suka membaca buku. smp juara

    Hal ini menunjukkan kemampuan literasi masyarakat di Indonesia yang masih rendah dikarenakan tingkat literasi siswa Indonesia masih jauh tertinggal oleh siswa dari negara lain. Dengan kata lain minat baca terhadap masyarakat indonesia mengalami kemunduran.

    Kenyataan inilah yang menjadi pemicu semangat bagi sekolah SMP Juara Pekanbaru membuat sebuah program yang bernama pojok baca,program ini bertujuan untuk memberikan efek positif terhadap siswa didalam membaca buku. Selain itu program baca ini sangat berpanguruh karena buku buku yang disediakan berupa buku cerita keislaman,buku pelajaran.

    menurut kepala sekolah Smp juara Pekanbaru Bapak Syahrul Padilah, “Kita baru mencanangkan program ini mudah mudahan dapat memberikan efek positif pada dunia pendidikan dan juga dapat meningkatkan minat baca siswa Smp juara Pekanbaru” ujarnya.

    Siska Indriyani Siswa Smp Juara Pekanbaru Kelas IX mengatakan kami sangat senang dengan pojok baca yang disediakan didalam kelas karena bisa menambah ilmu pengetahuan kami dan juga menambah wawasan pengetahuan.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tingkatkan Minat Baca Siswa, SMP Juara Pekanbaru Launching Program Pojok Baca
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar