Konsep Dan Perhitungan Hidrolika Pada Saluran Terbuka Dan Tertutup

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui tentang hidrolika yang memiliki prinsip konsep dan perhitungan dari saluran yang terbuka dan tertutup yaitu sebagai berikut. Tiga prinsip dasar analisis saluran terbuka aliran konservasi massa, energi, dan momentum diturunkan, dijelaskan, dan diterapkan untuk memecahkan masalah aliran saluran terbuka.

    Prinsip-prinsip ini diperkenalkan di level yang dapat dipahami oleh seseorang dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip fisika dan mekanika yang setara dengan yang disajikan pada bagian pertama yaitu pada kursus tingkat perguruan tinggi dari subjek. Pembaca dianggap telah bekerja pengetahuan tentang aljabar dan geometri bidang serta beberapa pengetahuan tentang kalkulus.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Begitu prinsip telah diturunkan, sejumlah contoh aplikasi disajikan yang menggambarkan perhitungan aliran melalui gorong-gorong dan jembatan, dan lebih dari struktur, seperti bendungan dan bendung. Karena ketahanan terhadap aliran merupakan hambatan utama bagi keberhasilan penerapan prinsip energi pada aliran saluran terbuka, prosedur diuraikan untuk pemilihan rasional koefisien resistansi aliran.

    Prinsip dari energi spesifik terbukti bermanfaat dalam prediksi permukaan air profil baik dalam arti kualitatif dan kuantitatif. Sebagian besar prinsip dan konsep disajikan pada level awal kuliah di mekanika fluida disajikan di sini, tetapi aplikasi mereka difokuskan pada hidrolika saluran terbuka.

    Beberapa konsep yang unik untuk dibuka saluran misalnya, energi spesifik dan kekasaran saluran dikembangkan di agak lebih detail di sini daripada yang diharapkan di perguruan tinggi. Diasumsikan bahwa pembaca akrab dengan prinsip-prinsip fisik mekanika, setidaknya ke tingkat yang dicakup oleh fisika perguruan tinggi awal buku.

    Pembaca juga dianggap memiliki pengetahuan aljabar dan trigonometri dan untuk memahami turunan dan integrasi sederhana. Penekanan teks ini adalah pada pengajaran aplikasi teori hidrolika untuk memecahkan masalah praktis dan bukan pada teknik standar digunakan dalam solusi masalah. Persamaan akhir yang dikembangkan saat ini.

    Hidraulik ini adalah dari aliran saluran terbuka. Materi ini dirancang untuk siswa sarjana di Teknik Sipil, Lingkungan dan Hidrolik. Ini akan diasumsikan bahwa siswa telah memiliki kursus pengantar dalam mekanika fluida dan bahwa mereka akrab dengan prinsip-prinsip dasar mekanika fluida: kontinuitas, momentum, energi dan prinsip Bernoulli.

    Baca juga : Langkah Menggambar Proyeksi Pictorial

    Buku ini pertama-tama akan mengembangkan prinsip-prinsip dasar mekanika fluida dengan aplikasi untuk membuka saluran. Perhitungan aliran saluran terbuka lebih rumit daripada perhitungan aliran pipa karena lokasi permukaan bebas sering tidak diketahui. Kemudian siswa diperkenalkan dengan konsep dasar transportasi sedimen dan pemodelan hidrolik pada model fisik dan numerik.

    Di akhir kursus, desain struktur hidrolik diperkenalkan. Pemahaman dasar tentang hidrolika sungai, saluran air, dan kanal buatan manusia kepada pembaca. Materi kuliah dibagi menjadi empat bagian dengan meningkatnya kompleksitas:

    - Bagian I: Pengantar prinsip-prinsip dasar. Penerapan prinsip-prinsip mekanika fluida dasar untuk saluran terbuka. Penekanan pada penerapan prinsip Bernoulli dan persamaan Momentum untuk membuka aliran saluran.

    - Bagian II: Pengantar transportasi sedimen di saluran terbuka. Definisi dasar diikuti oleh aplikasi sederhana. Terjadinya gerakan sedimen di saluran terbuka. Perhitungan laju transpor sedimen. Interaksi antara gerakan sedimen dan gerakan fluida.

    - Bagian III: Pemodelan aliran saluran terbuka. Pemodelan fisik aliran saluran terbuka. Pemodelan numerik aliran saluran terbuka. Pemodelan fisik: penerapan prinsip-prinsip dasar similitude dan analisis dimensi untuk membuka saluran. Pemodelan numerik: integrasi numerik dari persamaan energi; pemodelan aliran satu dimensi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    - Bagian IV: Pengantar desain struktur hidrolik untuk penyimpanan dan pengangkutan air. Desain hidrolik bendungan, bendung dan saluran pembuangan. Desain tetes dan air terjun. Desain hidrolik gorong-gorong: gorong-gorong kotak standar dan gorong-gorong kehilangan energi minimum. Pengantar dasar untuk desain profesional struktur hidrolik. Penerapan prinsip-prinsip dasar untuk situasi desain nyata. Analisis sistem yang lengkap.

    Aplikasi, tutorial dan latihan dikelompokkan ke dalam empat kategori: aplikasi dalam teks utama untuk menggambarkan materi kuliah dasar, latihan untuk setiap bab dalam setiap bagian, latihan revisi menggunakan pengetahuan yang diperoleh dalam beberapa bab dalam satu bagian, dan tugas utama yaitu masalah melibatkan keahlian yang diperoleh dalam beberapa bagian: misalnya, biasanya bagian I dan satu atau dua bagian lainnya.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Dan Perhitungan Hidrolika Pada Saluran Terbuka Dan Tertutup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar