Konsep Gerak Lurus Dan Gerak Melingkar Serta Besaran Besaran Yang Terkait

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kecepatan sudut omegawomega adalah perpindahan sudut dibagi dengan waktu, sedangkan kecepatan (linier) adalah perpindahan linier dibagi waktu Kecepatan linear juga kadang-kadang disebut kecepatan tangensial.

    Kecepatan sudut tidak berubah dengan jari-jari

    Kecepatan sudut tidak berubah dengan jari-jari, tetapi kecepatan linier tidak. Sebagai contoh, dalam garis marching band di tikungan, orang di luar harus mengambil langkah terbesar untuk tetap sejalan dengan orang lain. Oleh karena itu, orang luar memiliki kecepatan linier yang jauh lebih besar daripada orang terdekat ke dalam. Namun, kecepatan sudut setiap orang dalam garis adalah sama karena mereka bergerak dengan sudut yang sama dalam jumlah waktu yang sama.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ada tiga jumlah matematis yang akan menjadi perhatian utama kami saat kami menganalisis gerakan objek dalam lingkaran. Ketiga kuantitas ini adalah kecepatan, akselerasi dan gaya. Kecepatan objek yang bergerak dalam lingkaran diberikan oleh persamaan berikut.

    Persamaan sebagai Panduan untuk Berpikir

    Persamaan menyatakan hubungan matematis antara jumlah yang hadir dalam persamaan itu. Misalnya, persamaan untuk hukum kedua Newton mengidentifikasi bagaimana akselerasi terkait dengan gaya total dan massa suatu benda.Hubungan yang diekspresikan oleh persamaan adalah bahwa akselerasi suatu objek berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya.

    Dengan kata lain, semakin besar nilai gaya netto, semakin besar nilai akselerasinya. Saat gaya total meningkat, akselerasi meningkat. Faktanya, jika gaya total ditingkatkan dengan faktor 2, persamaan akan memprediksi bahwa akselerasi akan meningkat dengan faktor 2. Demikian pula, jika gaya total dikurangi dengan faktor 2, persamaan akan memprediksi bahwa akselerasi akan berkurang dengan faktor 2.

    Baca juga : Sifat Sifat Gelombang

    Persamaan hukum kedua Newton juga mengungkapkan hubungan antara akselerasi dan massa. Menurut persamaan, percepatan suatu benda berbanding terbalik dengan massa benda. Dengan kata lain, semakin besar nilai massa, semakin kecil nilai akselerasi. Saat massa bertambah, akselerasi berkurang. Faktanya, jika massa ditingkatkan dengan faktor 2, persamaan akan memprediksi bahwa akselerasi akan berkurang dengan faktor 2.

    Demikian pula, jika massa berkurang dengan faktor 2, persamaan akan memprediksi bahwa akselerasi akan meningkat dengan faktor 2. Seperti disebutkan sebelumnya, persamaan memungkinkan untuk prediksi tentang pengaruh perubahan satu kuantitas pada kuantitas kedua. Karena persamaan hukum kedua Newton menunjukkan tiga kuantitas, masing-masing dinaikkan ke kekuatan pertama, kemampuan prediksi persamaan agak mudah.

    Kemampuan prediktif suatu persamaan menjadi lebih rumit ketika salah satu jumlah yang termasuk dalam persamaan dinaikkan menjadi suatu kekuatan. Sebagai contoh, perhatikan persamaan berikut yang menghubungkan gaya total (Fnet) dengan kecepatan (v) objek yang bergerak dalam gerakan melingkar yang seragam.

    Persamaan sebagai Resep untuk Pemecahan Masalah

    Persamaan matematika yang disajikan di atas untuk gerakan objek dalam lingkaran dapat digunakan untuk memecahkan masalah gerakan melingkar di mana jumlah yang tidak diketahui harus ditentukan. Proses memecahkan masalah gerak melingkar sangat mirip dengan masalah lain di kelas fisika.

    Proses ini melibatkan pembacaan yang cermat terhadap masalah, identifikasi informasi yang diketahui dan diperlukan dalam bentuk variabel, pemilihan persamaan yang relevan, penggantian nilai-nilai yang diketahui ke dalam persamaan, dan akhirnya manipulasi aljabar dari persamaan untuk menentukan menjawab. Pertimbangkan penerapan proses ini untuk dua masalah gerakan melingkar seperti lingkaran yang telah digunakan saat belajar di sekolah dasar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Terkadang tidak cukup hanya membacanya saja. Anda harus berinteraksi dengannya! Dan itulah yang Anda lakukan ketika menggunakan salah satu Interactives klassik di Interactives.saya ingin menyarankan Anda menggabungkan pembacaan halaman ini dengan penggunaan Uniform Circular Motion Interactive. Uniform Circular Motion Interactive memungkinkan pelajar untuk secara interaktif mengeksplorasi hubungan antara kecepatan, percepatan, dan gaya untuk objek yang bergerak dalam lingkaran.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Gerak Lurus Dan Gerak Melingkar Serta Besaran Besaran Yang Terkait
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar