Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Selama tiga abad terakhir berbagai jenis bank telah berkembang. Setiap jenis biasanya berspesialisasi dalam jenis bisnis tertentu. Karena itu, kami dapat membedakan bank yang berbeda sesuai dengan fungsi yang mereka lakukan.
    1. Bank Umum

    Bank-bank ini memainkan peran paling penting dalam organisasi ekonomi modern. Bisnis mereka terutama terdiri dari menerima setoran, memberikan pinjaman dan membiayai perdagangan suatu negara. Mereka memberikan kredit jangka pendek, mis., Meminjamkan uang untuk periode pendek. Ini adalah fitur khusus mereka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Bank Penukaran

    Exchange bank membiayai sebagian besar perdagangan luar negeri suatu negara. Fungsi utama mereka adalah untuk mendiskon, menerima, dan mengumpulkan uang kertas asing. Mereka juga membeli dan menjual mata uang asing dan membantu pengusaha mengubah uang mereka menjadi uang asing yang mereka butuhkan. Bagian mereka dalam perdagangan internal suatu negara biasanya kecil. Selain itu, mereka menjalankan bisnis perbankan biasa juga.

    3. Bank Industri

    Ada beberapa bank industri di India. Tetapi di beberapa negara lain, terutama Jerman dan Jepang, bank-bank ini melakukan fungsi memajukan pinjaman untuk usaha industri. Industri membutuhkan modal untuk jangka waktu lama untuk membeli mesin dan peralatan. Bank industri menyediakan jenis modal Mock ini.

    Bank industri memiliki modal besar sendiri. Mereka juga menerima deposit untuk periode yang lebih lama. Dengan demikian mereka berada dalam posisi untuk memajukan pinjaman jangka panjang. Di India, Pemerintah Pusat membentuk Korporasi Keuangan Industri India (IFC1) pada tahun 1948. Sejak itu kegiatannya telah sangat diperluas. Lebih lanjut, Amerika juga telah mendirikan Korporasi Keuangan Negara.

    Baca juga : Jenis Badan Usaha Penjelasan Kelebihan Dan Kekurangan

    Pemerintah Pusat juga telah mendirikan Korporasi Kredit dan Investasi Industri India (ICICI) dan Korporasi Pengembangan Industri Nasional untuk pembiayaan dan promosi perusahaan industri. Pada tahun 1964 Bank Pengembangan Industri India (1DBI) didirikan sebagai apeks atau lembaga pemberi pinjaman berjangka tertinggi. Lembaga-lembaga baru ini mengisi kesenjangan penting dalam sistem keuangan industri.

    4. Bank Pertanian atau Koperasi

    Bisnis utama bank pertanian adalah menyediakan dana bagi petani. Mereka bekerja berdasarkan prinsip koperasi. Modal jangka panjang disediakan oleh bank hipotek tanah, saat ini disebut bank pengembangan lahan, sementara pinjaman jangka pendek diberikan oleh masyarakat koperasi dan bank koperasi.

    Pinjaman jangka panjang dibutuhkan oleh petani untuk membeli tanah atau untuk perbaikan permanen di tanah, sementara pinjaman jangka pendek membantu mereka dalam membeli alat, pupuk dan benih. Bank dan masyarakat seperti itu melakukan pekerjaan yang bermanfaat.

    5. Bank Tabungan

    Bank-bank ini (melakukan layanan yang berguna untuk mengumpulkan tabungan kecil. Bank-bank komersial juga menjalankan "departemen tabungan" untuk memobilisasi tabungan orang-orang dengan cara kecil. Idenya adalah untuk mendorong penghematan dan mencegah penimbunan. Bank Tabungan Kantor Pos melakukan hal ini berguna kerja.

    6. Bank Sentral

    Di atas dan di atas berbagai jenis bank yang disebutkan di atas, ada hampir di semua negara saat ini sebuah Bank Sentral. Biasanya dikendalikan dan cukup sering dimiliki oleh pemerintah negara itu.

    7. Utilitas Bank

    Sistem perbankan yang efisien sangat diperlukan bagi suatu negara, jika ingin maju secara ekonomi. Layanan yang dapat diberikan oleh sistem perbankan yang efisien ke suatu negara memang sangat berharga. Sistem perbankan yang tidak berkembang bukan hanya indeks keterbelakangan ekonomi suatu negara, tetapi juga merupakan penyebab penting hal itu. Sistem perbankan dapat bermanfaat dengan cara-cara berikut, di samping apa yang telah disebutkan dalam fungsi bank.

    (1) Bank menciptakan instrumen kredit yang merupakan pengganti uang yang sangat nyaman. Ini berarti penghematan yang besar Pergerakan uang yang sebenarnya dihindari dan pengeluaran dihemat.

    (2) Bank meningkatkan mobilitas modal. Mereka menyatukan peminjam dan pemberi pinjaman. Mereka mengumpulkan uang dari mereka yang tidak bisa menggunakannya, dan memberikannya kepada mereka yang bisa. Dengan demikian, mereka membantu pergerakan dana dari satu tempat ke tempat lain, dan dari orang ke orang, dengan cara yang sangat nyaman dan murah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    (3) Mereka mendorong kebiasaan kebiasaan dengan menyediakan jalur investasi yang aman. Dengan tidak adanya fasilitas perbankan, orang hanya akan menghambur-hamburkan dana mereka.

    (4) Dengan mendorong tabungan, bank menghasilkan akumulasi modal dalam jumlah besar di negara ini dari tabungan individu kecil. Dengan cara ini, mereka membuat sumber daya negara lebih produktif, dan dengan demikian berkontribusi pada kemakmuran dan kesejahteraan umum negara.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar