Sinergikan Program Pembangunan Desa, Pemko Pariaman Gelar Rakor Kepala Desa dan Lurah

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Pemerintah Kota Pariaman melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman melakukan Rapat Koordinasi Kepala Desa dan Lurah se Kota Pariaman yang dibuka langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Senin (3/2).

    Kepala DPMD Kota Pariaman, Efendi Jamal saat melakukan diskusi menyampaikan dalam rangka singkronisasi terhadap visi dan misi serta program unggulan Pemko Pariaman harus sejalan dengan pembangunan desa.

    “ Dengan adanya Rakor antara kepala desa dan Lurah ini ada beberapa hal yang perlu disampaikan mulai dari harus mempunyai dampak pada capaian yang selaras “, ungkapnya.

    Desa dan kelurahan harus mengoptimalkan dana desa dan kelurahan untuk dipetakan dalam program pembangunan di desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

    “ Sejalan dengan itu, desa dan keluruhan bisa menjadikan desa wisata, desa pertanian, desa sulaman, desa maritim, desa taat hukum,desa seni dan budaya, desa SDM unggul, desa digital dan lainnya “, jelasnya.

    Lebih lanjutnya, Efendi Jamal mengatakan tidak semuanya harus dijadikan desa wisata, sesuai dengan potensi desa itu yang harus dipertajam pada Rakor hari ini.

    “ Program pembangunan desa dan kelurahan ini untuk mendukung percepatan target Pemko Pariaman melaui program unggulan dan penyerapan anggaran dana desa dan kelurahan dalam mewujudkan visi dan Misi Pemko Pariaman. Dan nantinya setelah dananya cair, maka harus cepat melaksanakan prorgram-program desa. Jangan sampai tunggu akhir tahun program tersebut terlaksana, untuk itu di awal kegiatan ini harus cepat dikerjakan “, ujarnya.

    Desa dan kelurahan harus mampu membuat berbagai kegiatan inovasi yag bisa diterapkan melalui dana desa, inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan potensi yang ada.

    “ Karena itu keterpaduan program antara dari OPD, kecamatan, sampai desa maupun kelurahan disingkronkan sehingga bisa mempercepat pembanguan desa “, ulasnya. (rika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sinergikan Program Pembangunan Desa, Pemko Pariaman Gelar Rakor Kepala Desa dan Lurah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar