Proses Pembentukan Batuan Sedimen

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mengenal tentang hal  Batuan Sedimen ini sudah kita ketahui dari SMP, apakah itu benar ? apakah itu Batuan Sedimen? Dan bagaimana Proses pembentukan pada batuan sedimen tersebut? Sebelum kita mengetahui tersebut tentu nya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu batuan.

    Batuan ialah suatu benda padat yang sudah tersusun oleh sebuah kristal dengan berupa jenis mineral, atau bahkan serpihan kristal mineral, serpihan batuan dan  juga mengandung fragmen cangkang organisme.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada pembentukan di berupa macam mineral yang akan menghasilkan berbagai macam jenis batuan tertentu. Untuk Batuan sedimen ini bisa saja terbentuk karena beberapa proses alami, seperti proses pada penghancuran , pelapukan kimia, serta organis dan proses pada penguapan.

    Jadi apa itu batuan sedimen ? Batuan sedimen ialah suatu dari 3 bagian utama batuan yang akan terbentuk melalui dengan 3 cara utama yaitu, pelapukan pada batuan lain, pengendapan karena aktivitas dan pengendapan dari larutan. Batuan sedimen memiliki jenis yaitu, batu kapur, batu pasir, dan juga lempung.

    Batuan beku atau batuan metamorf yang akan terjadinya suatu pelapukan, terkikis maupun yang tersangkut,  kemudian akan diendapkan pada tempat lain. Sehingga akan mengalami suatu proses yang bernama sementasi yang menjadi suatu batuan sedimen yang  akan menjadi keras.

    Proses Terbentuknya pada Batuan Sedimen

    Batuan sedimen akan mengalami proses pengerasan yang melibatkan.

    1. Pemampatan
    2. Cementation
    3. Penghabluran semula.

    Mari kita bahas satu persatu tentang proses terbentuk nya batuan sedimen ini.

    Baca juga : Kebutuhan Pengguna Komputer

    1. Pemampatan

    Yang akan menyebabkan butiran sedimen akan tertekan semasa tertimbus. Pada susunan butiran ini aka tersusun seperti semula dengan yang lebih padat. Jika banyak mempunyai partikal yang lembut seperti syal, dengan sedimen akan lebih mudah dan cepat akan mengalami suatu pemampatan.

    Akibat dari pemampatan ini ialah lapisan akan menjadi lebih menipis, porositi akan berkurang terutama pada dalam sedimen lumpur terrigenus. Untuk pengurangan porositi dan kehilangan air mencapai 60-80%. Air akan mengalur ke wilayah yang tinggi seperti pasir, dan juga akan memainkan peranan penting pada larutan dan endapan kimia pada pasir. Setelah terjadi nya pemampatan yang tersusun seperti semula yang akan menyebabkan butiran akan bersentuhan dengan satu sama lain.

    Pada tempat sentuhan akan terjadi suatu tekanan yang tinggi dan akan menjadi perubahan yang berlaku seperti proses pada larutan tekanan. Sedangkan untuk simen klasit dapat untuk terbentuk nya semasa sedimen yang terendap, ialah berada pada kawasan di sekitar karbonat.

    2. Cementation

    Cementation ialah sebuah proses pada mineral baru yang asalnya dari cairan rongga akan terbentuk pada permukaan butiran dan akan tumbuh-tambah atau tumbuh-lampau atau pembesaran mineral yang sudah tersedia.

    Cementation akan mengikat suatu butiran yang akan mengakibatkan sedimen menjadi pada batu. Pada Cementation ini pada peringkat pertengahan yang diagenesis. Jika berlaku pada peringkat awal, maka ia boleh untuk mengurangkan kesan pada pemampatan, yang mana Cementation tersebut yang keras boleh untuk menahan tekanan.

    3. Penghabluran Semula

    Merupakan dimana proses perubahan pada bentuk, dan tanpa adanya suatu perubahan pada kimia dan mineralogi. Pada Penghabluran semula penting pada sebuah batu kapur, yang mana akan menjadi tambah besar, pada tekstur serta strukturnya akan musnah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Jadi pembentukan pada berupa macam mineral yang di alamatkan akan menghasilkan berbagai macam jenis batuan yang tertentu. Untuk Proses pada alamiah akan bisa berbeda-beda yang membentuk suatu jenis batuan yang berbeda juga. Pada proses terbentuknya pada berbagai macam batuan sedimen yang disebut dengan proses sedimentasi. Pada proses sedimentasi, batuan akan mengalami beberapa proses meliputi pelapukan, transportasi, pengendapan.

    Pelapukan terjadi di akibatkan oleh faktor cuaca dan lingkungan sekitar lalu transportasi oleh air dan angin ke zona cekungan dan akan terjadi endapan. Pada saat batuan telah mengendap, maka akan ada batuan lain yang mengendap diatas batuan.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Proses Pembentukan Batuan Sedimen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar