Gangguan Pada Sistem Endokrin

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sistem endokrin merupakan sebuah jaringan kelenjar yang dapat memproduksi serta melakukan pelepasan pada hormon-hormon lalu membantu mengendalikan banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk kemampuan yang dimiliki oleh tubuh yang bisa mengubah sebuah kalori menjadi energy yang mampu untuk sel dan organ manusia.

    Sistem pada endokrin dapat mempengaruhi bagaimana caranya jantung manusia bisa berdetak, bagaimana tulang-tulang yang ada pada manusia dan juga jaringan manusia dapat tumbuh sesuai dengan berjalannya usia, bahkan kemampuan manusia untuk menghasilkan bayi. Hal ini berperan sangat penting dalam bahwa manusia mengembangkan penyakit tiroid, diabetes, disfungsi seksual, gangguan pada pertumbuhan, dan beberapa jumlah gangguan pada hormon-hormon lainnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelenjar Yang Pada Sistem Endokrin

    Semua sistem yang ada pada endokrin akan melepaskan hormon-hormon spesifik ke aliran darah manusia. Hormon – hormon ini bergerak melalui darah manusia ke sel – sel lain dan membantu mengendalikan atau mengoordinasi banyak proses tubuh

    Kelenjar Endokrin meliputi :

    • Kelenjar Adrenal : merupakan dua kelenjar yang duduk di atas ginjal yang melepaskan hormon kortisol.
    • Hipotalamus : bagian dari otak tengah bagian bawah yang memberi tahu kelenjar pituitari kapan harus melepaskan hormon.
    • Unggul : kelenjar ini merupakan sebuah organ reproduksi yang di miliki oleh wanita yang melepaskan telur dan dapat menghasilkan hormon seksual.
    • Islet sel di pankreas : sel – sel yang ada di pankreas mengontrol pelepasan hormon insulin dan glukosa.
    • Paratiroid : empat kelenjar kecil di leher yang berperan dalam pembangunan tulang
    • Kelenjar Pinus : merupakan sebuah kelenjar yang di temukan di dekat pusat otak yang dapat di hubungkan dengan pola tidur.
    • Kelenjar Hipofisis : kelenjar ini adalah kelenjar  yang di temukan di dasar otak di belakang sinus. Ini sering juga di sebut dengan kelenjar utama karena mempengaruhi banyak kelenjar lain, terutama tiroid.

    Baca juga : Sistem Endokrin Reptile

    • Testes : testes adalah kelenjar reproduksi yang ada pada pria yang menghasilkan hormon sperma dan seks.
    • Thymus : kelenjar yang berada di dada pada bagian atas yang membantu untuk melakukan mengembangkan pada sistem kekebalan tubuh manusia di awal kehidupan.
    • Tiroid : kelenjar tiroid yang memiliki bentuk seperti kupu – kupu di bagian depan leher yang mengontrol aliran metabolisme. Bahkan cegukan sekecil apapun dengan fungsi satu / lebih, dan kelenjar ini bisa membuang dan mempengaruhi keseimbangan pada hormon yang ada di dalam tubuh manusia serta bisa menyebabkan gangguan pada endokrin, atau menimbulkan penyakit pada sistem endokrin.

    Penyebab gangguan endokrin :

    Gangguan endokrin biasanya di kelompokan ke dalam dua kategori, yaitu

    1. Penyakit endokrin yang terjadi ketika kelanjar memproduksi terlalu banyak atau sedikit hormon pada endokrin, hal ini disebut dengan ketidak seimbangan hormon.
    2. Penyakit endokrin disebabkan oleh perkembangan lesi diendokrin, yang memungkinkan  mempengaruhi hormon level.

    Sistem umpan-balik yang terjadi  di dalam endokrin bisa membantu untuk mengendalikan keseimbangan pada hormon-hormon di dalam aliran darah. Jika tubuh manusia memiliki terlalu banyak atau sedikit hormon pada endokrin tertentu, maka sistem yang terjadi pada umpan balik akan memberikan sebuah sinyal kelenjar. Ketidak seimbangan hormon  terjadi pada saat sistem mengalami kesulitan untuk menjaga tingkat hormon di aliran darah, atau jika tubuh manusia tidak dibersihkan dari aliran darah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peningkatan dan penurunan kadar endokrin disebabkan oleh :

    • Kegagalan pada kelenjar untuk melakukan perangsangan pada kelenjar lain agar dapat melepaskan sebagian hormon tertentu.
    • Gangguan yang terjadi pada genetik, contohnya MEN (multiple endocrine neoplasiac)

    Kelenjar endokrin sebagian besarnya adalah tumor dan nodul endokrin ( benjolan. Akan tetapi, tumor yang ada di kelenjar bisa mengganggu sistem produksi pada hormon kelenjar.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gangguan Pada Sistem Endokrin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar