Prinsip Kerja VSAT

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komunikasi satelit menyentuh hidup kita dengan cara yang tidak dihargai oleh kebanyakan orang. Dari GPS ke TV satelit ke jaringan komunikasi yang memungkinkan urusan ekonomi, militer, dan politik modern, ada beberapa bidang kehidupan yang belum muncul dalam perkembangan teknologi SATCOM, langsung atau tidak langsung.

    Sementara visi array dan rasi bintang besar mungkin menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika beberapa orang berpikir tentang satelit, hari ini kita akan fokus pada sesuatu yang sedikit kurang mengesankan secara visual tetapi sama pentingnya; Terminal Aperture Sangat Kecil, atau "VSAT."

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    VSAT Didefinisikan

    Very Small Aperture Terminal (VSAT) adalah teknologi yang biasa disebut sebagai stasiun bumi pribadi. Stasiun bumi dirancang untuk mengirim dan menerima sinyal data melalui sinyal satelit. VSAT termasuk istilah "sangat kecil" yang mengacu pada ukuran antena pada antena VSAT.

    Antena biasanya berdiameter sekitar empat kaki dan memiliki konverter kebisingan rendah yang terpasang padanya yang menerima sinyal satelit, dan Block Upconverter yang mentransmisikan sinyaI untuk geIombang radio.

    VSAT dirancang untuk melayani bisnis dan individu dan melibatkan penggunaan teknologi dan perangkat spesifik yang dirancang untuk memfasilitasi telekomunikasi dan konektivitas Internet yang efektif. Koneksi VSAT dibuat melalui penggunaan sistem antena yang dijelaskan di atas.

    Anatomi Jaringan Bintang VSAT

    Jaringan komunikasi satelit VSAT tipikal terdiri dari lebih dari satu pengguna, terutama jika jaringan dirancang untuk mengakomodasi operasi militer, pekerja di laut, entitas perusahaan, atau pekerja lapangan jarak jauh. Jaringan VSAT memberi organisasi lebih banyak kendali atas komunikasi jaringan mereka sendiri tanpa harus bergantung pada perusahaan lain atau jenis pengaturan perantara.

    Baca juga : Cara Kerja Sistem Imun

    Sistem komunikasi VSAT yang mengakomodasi banyak pengguna umumnya dikenal sebagai jaringan VSAT Star. Jaringan Star dikonfigurasikan melalui penggunaan beberapa antena VSAT jarak jauh yang tersebar di seluruh lokasi yang ditentukan dan kemudian dikendalikan oleh PC hub pusat. Hub ini juga dilengkapi dengan antena pusat yang terhubung ke kantor pusat untuk organisasi menggunakan sistem VSAT.

    Cara Mendapatkan VSAT

    Salah satu jaringan VSAT terbesar terdiri dari lebih dari 12.000 situs yang dikelola oleh Spacenet dan Layanan Pos Amerika Serikat. Beberapa perusahaan yang menggunakan jaringan VSAT besar termasuk Walgreens Pharmacy, Wal-Mart, Taco Bell, Ford, General Motors, dan banyak lainnya. VSAT digunakan untuk mengirimkan data seperti pesanan dan angka penjualan, buletin layanan, komunikasi internasional, dan jenis data dan komunikasi lainnya.

    Penyedia satelit yang menyediakan komunikasi dua arah terkadang menawarkan layanan VSAT. Ini adalah perusahaan seperti Bluestream, TM, Wild Blue, SatLynx, StarBand, dan banyak lainnya. Selain itu, penyedia satelit yang menawarkan Internet broadband kecepatan tinggi ke daerah pedesaan biasanya menggunakan teknologi VSAT juga.

    Cara kerja VSAT dan Untuk Apa Terminal VSAT Digunakan?

    Terminal VSAT digunakan untuk menyediakan telekomunikasi dan akses internet berbasis satelit kepada perusahaan dan individu. Untuk bisnis, keuntungan utama untuk membuat jaringan VSAT adalah memungkinkan pengguna untuk memiliki infrastruktur komunikasi pribadi mereka sendiri yang mereka kontrol penuh, sebagai lawan mengandalkan infrastruktur yang ada yang dikendalikan oleh pihak lain.

    Mungkin penggunaan jaringan VSAT yang paling banyak dipahami adalah layanan yang ditawarkan oleh penyedia TV satelit seperti DirecTV. Pelanggan membayar untuk memasang terminal di rumah mereka dan berlangganan layanan untuk mendapatkan akses ke jaringan. Tapi itu hanya menggores permukaan apa yang bisa dilakukan jaringan VSAT.

    Terminal VSAT digunakan dalam aplikasi militer dan angkatan laut untuk memastikan komunikasi bahkan di lokasi terpencil. Mereka juga digunakan dalam aplikasi keuangan narrowband seperti transaksi point-of-sale, dan data broadband seperti Voice over Internet Protocol (VoIP), dan internet satelit. Jaringan VSAT dapat digunakan untuk memfasilitasi komunikasi dalam upaya bantuan darurat dan bencana, serta aplikasi industri, penelitian ilmiah dan banyak lagi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Di mana pun yang andal, stabil, narrowband, dan broadband diperlukan, jaringan VSAT dapat menjadi solusi yang bagus untuk pengguna yang tidak memiliki akses ke infrastruktur telekomunikasi yang ada atau memilih untuk tidak menggunakannya. Jika komunikasi satelit merupakan fitur integral dari dunia modern, terminal VSAT adalah salah satu teknologi paling penting yang memungkinkan semuanya terjadi.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Kerja VSAT
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar