Cara Kerja Sistem Imun

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sistem kekebalan bekerja dengan cara menjaga tubuh dari serangan penyakit. Cara kerjanya adalah saat terdapat virus maupun bakteri yang menyerang tubuh sistem imun yang ada dalam tubuh kita akan bereaksi untuk melindungi tubuh kita dengan cara membunuh virus maupun sebuah kuman yang sedang menghancurkan tubuh.

    Sistem imun yang ada dalam tubuh kita sebenarnya merupakan sebuah sel dalam tubuh yang bertugas melindungi tubuh dari penyakit, virus, dan bakteri yang ingin menyerang tubuh. Sel yang ada pada tubuh kita yang berperan besar untuk melawan virus serta bakteri adalah sel dari darah kita yaitu darah putih. Sel inilah yang bekerja untuk melindungi tubuh kita dari penyakit, virus dan juga bakteri jahat yang hendak menyerang tubuh.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Cara kerja sistem imun terbagi menjadi dua bentuk perlindungan, yaitu mencegah dan menyembuhkan. Sistem atau cara kerja imun dalam tubuh yang paling sederhana adalah untuk mencegah terserang penyakit, virus dan bakteri jahat. Contoh bentuk melindungi dari segi pencegahan adalah dengan cara memberikan vaksin atau pemberian vaksin. Cara ini menjadi solusi utama untuk mencegah tubuh kita terserang oleh penyakit, virus, dan juga bakteri jahat.

    Cara kerja yang kedua dari melindungi adalah mengobati, cara ini tidak dijadikan sebagai cara utama untuk mencegah datangnya penyakit. Hal ini dikarenakan, beberapa penyakit, virus serta bakteri yang menyerang tubuh bisa saja tidak dapat teratasi. Dan bahkan dengan cara ini dapat berdampak buruk jika sebelumnya tidak dilakukan tindakan pencegahan.

    Dengan kata lain agar sistem imun dapat berjalan baik tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah mencegah, selanjutnya jika terjadi penyerangan dari virus, penyakit, maupun bakteri jahat, kita dapat melakukan tindakan yang kedua yaitu mengobati. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui sistem imun bekerja seperti vaksin untuk mencegah terjadinya penyerangan penyakit, virus, serta bakteri. Dan bekerja seperti obat dalam tahapan mengobati jika terserang penyakit, virus, dan juga bakteri.

    Baca juga : Tahapan Analisis Spektrofotometri

    Dalam sistem imun yang ada pada tubuh kita terdapat beberapa komponen yang bekerja untuk mencegah dan juga melindungi tubuh kita dari penyerangan penyakit, bakteri, dan juga virus. Komponen tersebut seperti sel, mikroba atau bakteri baik yang terdapat dalam tubuh kita. Sel yang berperan yaitu sel darah putih. Sel ini merupakan sel yang bertugas untuk mencegah tubuh kita dari serangan penyakit serta mengobati luka yang ada dalam tubuh.

    Saat kita terluka luka tersebut akan sembuh secara perlahan, dalam hal ini sel darah putih menjadi penyebabnya. Dalam mencegah dan mengobati tubuh dari serangan penyakit, bakteri dan juga virus, sel darah putih tidak bekerja sendiri namun, terdapat beberapa sel lain yang membantu dalam pencegahan serta pengobatannya. Selanjutnya adalah mikroba atau bakteri baik yang membantu proses imunisasi dalam tubuh. Bakteri baik ini menjadi pembantu dari salah satu sel dalam mencegah dan mengobati tubuh kita dari sebuah luka, virus dan juga bakteri.

    Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa tidak semua bakteri jahat ada beberapa bakteri yang membantu proses kekebalan tubuh. Tubuh kita dapat terhindar dari penyakit, virus dan juga bakteri jika sistem imun kita dalam keadaan yang baik. Namun, jika dalam keadaan yang tidak baik maka tubuh kita akan mudah terserang penyakit. Agar sistem imun kita dalam keadaan yang baik kita perlu melakukan olahraga teratur serta penerapan pola hidup yang baik.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Seperti menjaga tempat tinggal kita, menjadi solusi supaya sistem imun berjalan baik. Kita tidak akan terkena sebuah penyakit jika kita dapat menjaga diri kita dengan baik. Kekuatan pada tubuh kita bergantung pada tindakan kita. Kesehatan menjadi sesuatu yang diinginkan setiap orang oleh karena itu, kita perlu mengikuti hal tersebut.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Sistem Imun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar