Komponen atau Penyusun Tanah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tanah ialah suatu bagian dari kerak bumi yang tersusun dari bahan organik dan mineral. Tanah juga mempunyai sebagai peran yang penting untuk semua makhluk hidup yang ada pada bumi ini karena selain tempat untuk pijakan, tanah sebagai penopang akar.

    Tanah juga mempunyai bentuk tanah yang berpori-pori, karena itu akan mempermudah akar untuk tumbuh dan juga bernafas. Tanah juga berperan penting pada hal mengatasi bencana alam sebagai benda yang menahan erosi.

    Dengan meningkatnya suatu ilmu pengetahuan orang tentang tanah oleh karena itu ilmu tanah akan menjadi ilmu yang luas sekali, untuk mempelajari dengan benar diperlukan ialah suatu pengelompokan yang lebih pada bagian yang lebih untuk di khususkan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut ini ialah merupakan komponen atau penyusun tanah :

    1. Bahan Organik

    Bahan organik ialah merupakan komponen tanah yang hanya mempunyai persen komposisinya hanya 5%. Bahan organik tersebut terbentuk dari sebuah proses yang bersumber dari hewan dan tumbuhan yang sudah mati dan proses tersebut sering dinamakan dengan Dekomposisi.

    Sumber organik mempunyai beberapa bagian yaitu :

    1. Sumber Primer
      Ialah sumber yang paling utama mudah untuk didapatkan daripada sumber yang lain. Sumber ini didapatkan dari suatu tumbuhan yang layu dan sudah mati.
    2. Sumber Sekunder
      Ialah sumber yang asalnya dari binatang. Hewan  yang dapat diuraikan ialah bagian kotorannya yang akan bisa di olah menjadi pupuk.
    3. Sumber Tersier
      Ialah sumber tambahan yang berasal dari pupuk.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung 

    1. Mineral

    Ialah komponen yang utama yang mempunyai persen sebesar 45%. Komponen ini yang akan menentukan tingkat kesuburan pada suatu tanah. Jika tanah kekurangan mineral dan ditanam dengan sebuah tumbuhan, maka tumbuhan itu akan kekurangan suatu komponen dalam sebuah proses pertumbuhannya. Ada 3 bagian batuan yang akan mengalami pelapukan, dan akan mempengaruhi jenis pada tanah ialah Batuan beku dan Batuan sedimen.

    1. Air

    Ialah merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah proses pada pembentukan tanah dan mempunyai 25%. Kalian pasti pernah melihat orang menyirami tanaman atau bahkan kalian juga pernah menyirami tanaman dengan air, hal itu berfungsi untuk menyuburkan tanah karena air tersebut akan menempati pada bagian rongga pada tanah.

    Struktur udara dengan air pada tanah mempunyai perbandingan terbalik. Pada 2 komponen akan saling bergantung dengan satu sama lain. Pada kandungan udara pada tanah yang akan bergantung juga pada tinggi dan rendahnya air. Jika banyak air yang ada pada tanah, maka semakin sedikit kandungan udara yang ada dalam tanah, begitu juga sebaliknya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Udara

    Ialah yang memiliki sifat yang sama juga dengan air. Pada udara ini memiliki persen 25% yang berarti sama dengan komposisi air. Adanya udara pada dalam tanah akan memungkinkan beberapa makhluk hidup yang akan bisa hidup di tanah contohnya seperti cacing, semut, dan makhluk hidup lainnya. Sifat pada udara ini mempunyai sifat yang sama juga dengan air, yaitu udara akan tertekan keluar karena ada nya air.

    Setelah membaca persoalan tentang komponen pada tanah kita sudah mengetahui bahwa tanah memiliki peran yang penting bagi makhluk hidup yang ada pada bumi terutama pohon. Pohon sangat ketergantungan dengan tanah yang mempunyai kesuburan yang tinggi supaya bisa hidup dan berkembang dengan baik.

    Pada tanah mempunyai masing-masing komponen dalam porsi-porsi yang berbeda-beda. Tanah ialah bahan padat yang terletak pada permukaan bumi, yang sedang terus menerus akan mengalami suatu perubahan yang dipengaruhi faktor-faktor yaitu iklim, jasad hidup.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen atau Penyusun Tanah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar