5 Contoh Kegiatan Ekowisata

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ada sekitar 26 taman alam, 8 cagar alam, 32 zona lindung, 11 cagar alam, 58 suaka margasatwa, 15 lahan basah di Kosta Rika (sumber: Taman Nasional Kosta Rika) yang merupakan rumah bagi 850 jenis spesies burung, 237 spesies mamalia, 1.260 spesies pohon, 1.200 spesies anggrek, dan 361 spesies reptil dan amfibi. Karena satwa liar yang kaya, kegiatan ekowisata di Kosta Rika adalah salah satu kegiatan populer dan utama dari industri pariwisata yang menarik banyak wisatawan ke negara ini.

    Karena ekowisata adalah sumber pendapatan utama; negara ini memiliki kebijakan lingkungan yang sangat ketat, untuk menjaga lingkungan dengan aman. Pemerintah juga menerapkan program khusus seperti Program Bandera Azul (Bendera Biru Ekologis) dan Program Sertifikasi Sukarela untuk mengevaluasi dan memelihara pariwisata berkelanjutan dengan pelestarian lingkungan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kegiatan ekowisata di Kosta Rika menyediakan kombinasi kegiatan mewah dan petualangan, yang meliputi kunjungan ke satwa liar yang kaya untuk mengalami flora dan fauna, mengunjungi gunung berapi, hiking, arung jeram, mengamati burung, mengamati paus, wisata kanopi, berkuda, lompat bungee, selancar dan snorkeling adalah beberapa dari sedikit yang disebutkan.

    Anda juga dapat mengunjungi perkebunan kopi lokal dan mengunjungi komunitas lokal untuk mengetahui lebih banyak tentang budaya mereka. Di Kosta Rika Anda akan mengalami hutan hujan, gunung berapi, pantai, lahan basah, dan gua di satu tempat. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya untuk bersenang-senang dan bersantai tetapi juga membawa Anda lebih dekat ke alam dan membantu Anda memahami kehidupan alami dengan lebih baik.

    5 taman alam terbaik di Kosta Rika

    • Taman Nasional Manuel Antonio

    Taman nasional kecil didirikan pada tahun 1972 di dekat Pantai Pasifik Kosta Rika. Meskipun terkecil dari semua taman alam Kosta Rika, taman ini adalah salah satu taman alam paling indah di dunia. Ini mencakup area sekitar 680 hektar. Sekitar 150.000 wisatawan mengunjungi taman ini setiap tahun. Taman Nasional Manuel Antonio meliputi hutan hujan tropis, pantai pasir putih, dan terumbu karang. Meskipun taman ini terkecil dari semua di Kosta Rika, keanekaragaman satwa liar sangat besar. Taman ini adalah rumah dari 109 spesies mamalia dan 184 spesies burung. Sloth tiga ujung yang berujung coklat, sloth dua ujung Hoffmann dan monyet capuchin berkepala putih adalah fitur utama dari taman ini.

    Baca juga : Dampak Ekowisata Terhadap Ekonomi

    • Taman Nasional Rincón de la Vieja

    Taman nasional yang terletak di provinsi Guanacaste di bagian barat laut Kosta Rika. Taman nasional seluas 34.800 hektar ini merupakan kombinasi dari gunung berapi aktif dan hutan tropis dengan kolam yang dipanaskan secara alami, lumpur fumarol, dan air terjun yang indah. Rincón de la Vieja, Santa María, dan gunung berapi aktif Cerro Von Seebach adalah gunung berapi di taman nasional ini. Taman ini kaya akan flora dan fauna yang mencakup spesies seperti puma, jaguar, monyet-howler, laba-laba, dan kinkajous berwajah putih, sloth, dan tapir.

    • Pulau Cocos

    Pulau tak berpenghuni yang dinyatakan sebagai taman nasional yang dilindungi, terletak di Samudra Pasifik sekitar 550 km dari Kosta Rika. Pulau Cocos adalah satu-satunya pulau samudera di kawasan Pasifik dengan hutan hujan lebat dan beragam flora dan fauna. Karena pulau ini tidak pernah terhubung dengan benua, pulau ini adalah rumah bagi spesies endemik. Ada sekitar 230 spesies tanaman, 400 spesies serangga, 90 spesies burung dan fauna laut yang kaya dengan populasi besar tuna sirip kuning, manta raksasa, ikan layar dan hiu seperti hiu terumbu ujung putih, hiu martil dan hiu paus. Sekitar 3200 wisatawan mengunjungi taman ini setiap tahun. Salah satu atraksi utama taman ini adalah dunia bawah lautnya yang kaya, ideal untuk scuba diving.

    • Taman Nasional Corcovado

    Taman nasional yang didirikan pada tahun 1975 terletak di Semenanjung Osa di bagian tenggara Kosta Rika seluas 42.400 hektar. Ini adalah taman terbesar di Kosta Rika, dengan keanekaragaman hayati yang kuat dan terkaya di dunia. Taman ini terbuka untuk kunjungan siang dan malam hari (dengan pemandu profesional) untuk wisatawan. Taman ini adalah rumah bagi banyak satwa liar seperti, macaw merah, monyet laba-laba, monyet tupai Amerika Tengah, mantel monyet howler, sloth, trenggiling, puma, monyet capuchin berwajah putih, burung pelatuk, kepiting hermit dan pelikan hanya untuk beberapa nama.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Taman Nasional Tortuguero

    Ini adalah taman nasional ketiga yang paling banyak dikunjungi, yang terletak di bagian timur laut Kosta Rika, hanya dicapai dengan pesawat atau perahu. Ini mencakup area seluas 31173 hektar. Taman nasional ini adalah kawasan lindung karena keanekaragaman hayati dan sistem ekosistemnya, yang mendukung spesies flora dan fauna yang terancam punah. Taman ini terletak di iklim tropis, yang meliputi hutan hujan, hutan bakau, rawa, pantai, dan laguna. Taman nasional ini memiliki pantai panjang hampir 35 kilometer, yang berfungsi sebagai tempat bersarang pelindung bagi penyu yang merupakan daya tarik utama. Taman ini terdiri dari sekitar 400 spesies untuk pohon dan 2200 spesies. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Contoh Kegiatan Ekowisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar