Tujuan Ekowisata

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kegiatan ini memiliki tujuan untuk perlindungan bagi tempat tertentu yang akan digunakan untuk pengajaran. Selain untuk menjadi tempat wisata, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengajaran untuk melestarikan serta tetap menjaga alam. Dengan adanya kegiatan ini orang-orang akan mendukung untuk pelestarian serta konservasi tempat yang mereka kunjungi.

    Dengan demikian, tempat yang menjadi tujuan wisata atau liburan tersebut akan dilindungi dan tentunya terjaga kelestariannya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tujuannya memberikan dampak positif untuk lingkungan disekitarnya. mulai dari masyarakat atau penduduk setempat, kemudiaan sumber daya alam seperti flora dan fauna atau tumbuhan dan hewan yang ada ditempat tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kegiatan ini juga membawa perubahan pada masyarakat. Contohnya dari segi penghasilan dan kemajuan dari tempat tersebut. Dengan adanya kegiatan ini wisatawan akan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat atau penduduk setempat. Dengan kata lain sumber maupun jumlah dari lapangan pekerjaan akan mudah didapat dan luas. Lapangan pekerjaan merupakan salah satu cara mencapai kemajuan.

    Dengan adanya lapangan pekerjaan yang banyak masyarakat sekitar akan mendapatkan kesejahteraan dan tentunya tempat tersebut mengalami kemajuan. Tujuan yang dimiliki ekowisata inilah yang menyebabkan kegiatan ini selalu berlangsung dan tidak pernah dihentikan. Selain mendapatkan dukungan masyarakat sekitar, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pengunjung atau wisatawan yang datang berlibur.

    Terutama beberapa orang yang merasa perlu adanya kegiatan ini agar tempat tersebut selalu terjaga untuk generasi yang akan datang. Dengan adanya kegiatan ini juga sumber daya alam yang ada dalam kawasan tersebut akan dapat dimanfaatkan dan terus terjaga. Selain memberikan banyak manfaat untuk wilayah dari kegiatan tersebut, kegiatan ini juga memberikan tujuan serta manfaat yang baik bagi suatu negara yang memiliki wilayah tersebut.

    Dengan adanya kegiatan ini suatu negara akan lebih dikenal dan jumlah wisatawan dapat meningkat. Tentunya dengan adanya peningkatan ini negara tersebut dapat menjadi negara maju. Negara yang maju adalah negara yang mampu memanfaatkan sumber daya yang ada dalam daerahnya. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa kegiatan ekowisata tidak hanya memberikan tujuan yang kecil namun juga tujuan yang besar.

    Baca juga : Potensi Ekowisata

    Kegiatan ini dapat melindungi flora dan juga fauna yang ada dalam kawasannya. Terutama jika terdapat tanaman maupun hewan yang langka. Apalagi jika terdapat flora maupun fauna yang terancam akan mengalami kepunahan. Walaupun kegiatan ekowisata diberlakukan, jika masyarakat setempat tidak mendukung maka kegiatan ini tidak akan terlaksana. Dengan kata lain, masyarakat memegang kendali yang besar akankah kegiatan seperti itu dilakukan dalam kawasan atau wilayah mereka.

    Walaupun tujuan dari kegiatan ini memberi dampak yang positif namun ada beberapa orang yang beranggapan berbeda. Tujuan diadakannya ekowisata selain berdampak positif juga dapat berdampak negatif. Beberapa orang berpendapat kegiatan ini dapat menghilangkan budaya lokal dan beberapa perubahan lokasi akibat beberapa pembangunan namun, hal ini belum dapat dipastikan.

    Untuk dapat mengadakan kegiatan ini tentunya perlu adanya pembangunan namun, beberapa orang yang tinggal dalam kawasan tersebut mungkin saja ada yang setuju dan tidak. Oleh karena itu, masyarakat yang memegang kendali akankah kegiatan ini dijalankan atau tidak. Ekowisata sendiri memiliki arti atau penjelasan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga, melindungi, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dalam sebuah daerah atau wilayah tertentu. Kegiatan ini memberikan dua dampak sekaligus yaitu dampak positif dan negatif.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kegiatan ini dapat berdampak positif jika orang yang berada dalam kawasan tersebut setuju dan mendukung kegiatan tersebut. Dan sebaliknya jika, masyarakat yang ada dalam kawasan tersebut tidak setuju dan tidak mendukung akan memberikan dampak yang negatif. Keputusan dari masyarakat yang ada dalam kawasan kegiatan ini biasanya akan menjadi pengaruh yang besar bagi terlaksananya kegiatan ini.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Ekowisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar