Potensi Ekowisata

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Konsep eco tourism sepenuhnya merupakan sisi baru dari industri pariwisata. Pariwisata ec telah dikembangkan untuk menghargai keindahan alam, budaya dan sejarah lingkungan tanpa mengganggu sistem eko. Di satu sisi menciptakan peluang ekonomi untuk konservasi sumber daya alam dan satwa liar di sisi lain menciptakan kesadaran di antara orang-orang untuk melindungi alam untuk menjaga ekosistem yang seimbang.

    Kemungkinan Kegiatan Wisata

    1. Trekking
    Baik iklimnya yang keras dan kasar di padang pasir yang dingin di Ladakh, Zanskar, Lahaul, dan Spiti atau padang rumput hijau Uttaranchal dan Kumaon Hills atau zona pegunungan tinggi di Nepal, Himalaya adalah surga bagi para trekker.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Kano dan Kayak
    Apakah itu tantangan menjinakkan air putih atau kesenangan meluncur di atas air yang tenang di danau, kano atau kayak dapat menjadi kegiatan yang mendebarkan dan menarik bagi wisatawan.

    3.Ski
    Tentunya dengan banyaknya gunung besar di kawasan ini, bermain ski adalah kegiatan yang menonjol di kalangan wisatawan.

    4. Perjalanan

    5. Wildlife

    Dengan banyaknya satwa liar yang tersedia di wilayah ini.

    6. Aktifitas lain

    Paralayang, Hang Gliding, Panjat Tebing, Memancing dan Memancing, Jeep dan Jungle Safaris, Bersepeda / Bersepeda Gunung, Naik Gunung, Berkemah, dan Kano Selain keberadaan unsur-unsur di atas, yaitu, hak, tanggung jawab dan komitmen terhadap kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal yang disebabkan oleh:

    Kekhawatiran tentang degradasi lebih lanjut dari lingkungan dengan memanfaatkan pengembangan sumber daya alam. Dengan asumsi yang membutuhkan baik pariwisata dan lingkungan yang sehat. Keberlanjutan lingkungan tidak mungkin tanpa partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

    Baca juga : Industri Ekowisata

    Partisipasi masyarakat setempat akan timbul jika mereka bisa mendapatkan ekonomi manfaat (manfaat ekonomi) keberlanjutan lingkungan.

    Kehadiran wisatawan (terutama ekowisata) untuk menyediakan tempat yang belum terjamah ekspansi bagi warga setempat untuk memperoleh pendapatan alternatif untuk panduan, kuli, Akomodasi di kabin terbuka, ekowisata, kios dan usaha lain yang terkait dengan ekowisata, sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan atau meningkatkan kualitas hidup warga setempat, baik dalam materi, spiritual, budaya dan intelektual.

    Pelestarian lingkungan Sekitar:

    Ide ekowisata berkisar mengunjungi tempat-tempat yang indah dan melindungi lingkungan melalui. Karena tidak melibatkan eksploitasi beberapa sumber daya alam untuk kepentingan yang cepat tidak berkelanjutan, tidak ada dampak negatif yang signifikan ditemukan di lingkungan. Sebaliknya, alam dan satwa liar dapat dipertahankan, menawarkan pilihan pendapatan berkelanjutan untuk perjalanan masyarakat lokal dan pariwisata.

    Lingkup pekerjaan bagi masyarakat lokal:

    Industri pariwisata berkelanjutan adalah booming karena konsep ini semakin populer setiap hari. kesempatan kerja mereka membuka sebagai akibat dari meningkatnya permintaan untuk hotel, resor dan akomodasi lainnya lebih dan dilengkapi dengan profesional terlatih dan dilatih, panduan berpengalaman, pengecer barang dagangan yang menjual banyak item yang diperlukan, restoran menawarkan lezat berbagai makanan, dan sebagainya, ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan bisnis lokal.

    Dampak Budaya yang Dalam dan Beragam:

    Ekowisata tidak hanya tentang mengeksplorasi bentang alam eksotis, merawat sumber daya alam, dan meningkatkan ekonomi suatu wilayah. Itu datang dengan efek sosial-budaya yang kuat. Saat mengunjungi tempat-tempat yang berbeda, para pelancong mengenal orang-orang lokal dan budaya mereka. Ini mengembangkan rasa etika konservasi yang jauh lebih baik di dalamnya.

    Peluang besar untuk memasarkan produk lokal:

    Hampir tidak ada orang yang sadar akan kualitas produk lokal yang tersedia di destinasi tertentu. Melalui ekowisata, penduduk setempat mendapat kesempatan untuk memamerkan produk-produk mereka yang biasanya meliputi makanan yang dimakan dan kerajinan tangan dan meningkatkan pendapatan mereka untuk makanan. Mereka tidak perlu melakukan perjalanan atau menyewa pihak ketiga untuk menjual produk mereka.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Bentuk jembatan lintas budaya antara negara maju dan berkembang:

    Ekowisata memberikan manfaat pendidikan bagi orang asing yang mendapatkan pandangan sekilas tentang warisan alam dan budaya yang beragam dari suatu destinasi. Interaksi lintas budaya yang sehat dikembangkan dengan orang-orang dari latar belakang berbeda yang dapat bermanfaat bagi penduduk setempat.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Potensi Ekowisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar