Industri Ekowisata

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pariwisata secara sederhana didefinisikan sebagai "praktik bepergian untuk rekreasi".

    1 Sebagai bisnis terbesar

    Sektor dalam ekonomi dunia, pariwisata mempekerjakan 200 juta orang, menghasilkan $ 3,6 triliun, aktivitas ekonomi, dan menyumbang satu dari setiap 12 pekerjaan di seluruh dunia.

    2 Industri pariwisata adalah

    Terutama penting bagi negara-negara berkembang karena merupakan penghasil devisa utama bagi 83% dari negara berkembang.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    3 Tetapi berbeda dengan kenikmatan pariwisata dan keindahan

    Tujuan yang dilayaninya, bisa sama merusaknya dengan industri ekstraktif tradisional seperti pembalakan dan penambangan. Pariwisata membutuhkan banyak infrastruktur - termasuk hotel, jalan, tempat parkir, dan restoran - yang biasanya membawa sejumlah konsekuensi negatif, seperti peningkatan tingkat polusi, perusakan habitat alami, perpindahan satwa liar alami dan pengaruh yang tidak diinginkan pada budaya yang dulu terpencil.

    Ekowisata menyediakan alternatif berkelanjutan untuk pariwisata konvensional dan terus mendapatkan momentum selama dua dekade terakhir. Di khususnya, sertifikasi semakin digunakan oleh industri ekowisata dalam upaya untuk meningkatkan kredibilitas sektor ini dan meningkatkan kesadaran konsumen. Pariwisata Berkelanjutan Ekowisata Program adalah program sertifikasi baru yang dikembangkan karena "industri tidak bergerak ke arah yang benar secepat yang diperlukan. "

    Apa itu ekowisata? Bagaimana cara kerjanya? Mengapa itu penting? Dan bagaimana kita, sebagai pelancong, dapat menerapkan prinsip-prinsip inti ekowisata dalam praktik?

    Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan minat dalam perjalanan yang bertanggung jawab telah melampaui pertumbuhan pariwisata matahari / pasir tradisional dengan margin yang semakin lebar.

    Dengan beberapa ahli memperkirakan bahwa ekowisata sekarang mewakili 11,4% dari semua pengeluaran konsumen, pertanyaan-pertanyaan semacam ini menjadi semakin umum. Dan, saat kita terus melihat lebih banyak dampak negatif dari pariwisata massal pada destinasi-destinasi tercinta di seluruh dunia, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menjadi semakin vital.

    Baca juga : Manfaat Ekowisata

    Bagian dari kebingungan seputar perjalanan berkelanjutan adalah banyaknya nama yang digunakan untuk itu dalam industri.

    Ekowisata, sebuah gerakan yang mulai terbentuk kembali pada tahun 1980-an, adalah kata tertua dan paling umum digunakan untuk itu. Kata kunci industri yang lebih baru termasuk perjalanan hijau, perjalanan alam, perjalanan bertanggung jawab, perjalanan etis, perjalanan sadar, perjalanan sadar, pariwisata pro-miskin, dan banyak lainnya.

    Apa pun sebutannya, konsep sentral yang dimiliki oleh filosofi-filosofi ini adalah bahwa industri perjalanan secara keseluruhan harus mengadopsi praktik-praktik yang lebih ramah lingkungan, melindungi warisan alam dan budaya destinasi, dan mendukung masyarakat lokal.

    Dengan PBB menetapkan 2017 sebagai Tahun Internasional Pariwisata Berkelanjutan untuk Pembangunan, ini sepertinya saat yang tepat untuk memperdalam pembicaraan tentang apa itu ekowisata dan mengapa itu penting untuk masa depan perjalanan.

    Di sini kami akan menjelaskan definisi ekowisata, memeriksa sejarah dan evolusinya, mengeksplorasi prinsip dan manfaat intinya, dan melihat 10 cara yang masing-masing dari kita sebagai pelancong yang bertanggung jawab dapat memastikan petualangan kita pada akhirnya memberikan dampak positif.

    DEFINISI EKO WISATA

    Menurut The Oxford English Dictionary, kata "ecotour" pertama kali direkam pada tahun 1973, diikuti oleh "eko wisata" pada tahun 1982.

    Di sana, kata tersebut didefinisikan sebagai, “Wisata ke daerah-daerah yang memiliki minat ekologis (biasanya lingkungan eksotis dan sering terancam), terutama untuk mendukung upaya konservasi dan mengamati satwa liar; spek. akses ke lingkungan yang terancam punah yang dikendalikan sehingga memiliki dampak buruk seminimal mungkin. ”

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pengantar singkat untuk Industri pariwisata ramah lingkungan

    Industri pariwisata ramah lingkungan adalah industri yang cepat mengejar ketinggalan dengan industri berkembang lainnya di dunia. Industri pariwisata ramah lingkungan tumbuh pesat. Pasar pariwisata ramah lingkungan membentuk 6% dari PDB di seluruh dunia. Tingkat pertumbuhan tahunan adalah 5%. Ekowisata mengacu pada praktik di mana tempat yang dikunjungi tidak dirugikan dengan cara apa pun, dengan demikian menjaga keseimbangan alami tempat itu. Ini termasuk aspek-aspek yang berkaitan dengan pemeliharaan flora serta fauna tempat itu. Setiap upaya dilakukan untuk menjaga tempat itu dalam bentuk aslinya.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Industri Ekowisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar