Jenis Kabel Optik Dan Sifat Serta Kegunaannya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabel adalah itu proses dari pengemasan optik serat di sebuah kabel struktur untuk penanganan dan perlindungan. Di beberapa aplikasi telanjang serat kerja hanya baik, seperti itu sebagai serat optik sensor dan penggunaan laboratorium. Namun untuk sebagian besar aplikasi komunikasi serat harus dikemas dalam kabel untuk penggunaan praktis.  Manfaat utama pemasangan kabel serat optik adalah:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Penanganan Mudah Beberapa sistem komunikasi membutuhkan puluhan atau bahkan ratusan serat (seperti sistem tulang punggung metro).  Masukkan serat ke dalam kabel membuatnya sangat mudah dipasang dan mempertahankan. Perlindungan dari kekuatan yang merusak kabel serat optik harus ditarik ke tempatnya melalui saluran (luar ruangan) atau saluran (dalam ruangan). 
    • Menarik mata melekat pada anggota kekuatan atau kabel jaket luar.  Ini penting untuk mengisolasi serat dari penarikan yang diterapkan kekuatan.  Serat kaca tidak dapat bertahan lebih dari 0,1% hingga 0,2% perpanjangan selama instalasi.
    • Perlindungan dari faktor lingkungan yang keras Struktur kabel melindungi serat dari kelembaban (kabel outdoor), ekstrem suhu (kabel udara) dan masuknya hidrogen ke serat (yang menyebabkan puncak penyerapan cahaya pada 1380nm yang pada gilirannya merusak transmisi serat properti).

    Kabel Serat Optik Berdasarkan Jenis Serat

    Berdasarkan jenis serat dalam kabel, kabel serat optik dapat dikategorikan sebagai tiga jenis.

    1. Kabel Serat Optik Mode Tunggal 

    Semua serat dalam kabel adalah serat mode tunggal.

    2. Kabel Serat Optik Multimode - Kabel Serat Optik Multi Mode 

    Semua serat dalam kabel adalah kabel multimode.

    3. Kabel Hibrida / Komposit 

    Mode tunggal dan serat multimode dikemas dalam satu kabel, seperti 4 multimode serat dan 4 serat mode tunggal dalam satu kabel.

    Baca juga : Fungsi Fiber Optik

    Elemen dalam Kabel Serat Optik

    Desain konstruksi dan pilihan bahan sangat penting dalam menentukan karakteristik dari kabel.  Faktor desain untuk beberapa jenis kabel serat optik tercantum di bawah ini.

    • Kabel dalam ruangan 

    Api keamanan adalah itu jumlah satu faktor di memilih dalam kabel, terutama itu bahwa lari melalui sidang pleno spasi. Dalam   kabel harus lulus itu tahan api dan merokok peringkat inhibitor ditentukan oleh NEC.

    • Kabel luar ruang

    Tahan kelembapan dan toleransi suhu a   kembali   faktor utama ketika c Hoosing bahan untuk di luar ruangan kabel lingkungan. Mereka juga perlu menjadi ultraviolet (UV) tahan.

    Bahan Jaket Kabel 

    • Polyethylene (PE)

    pe (hitam   warna) adalah itu standar jaket bahan untuk di luar ruangan serat optik kabel. pe telah kelembaban luar biasa  dan tahan cuaca properti. Memiliki sangat stabil dielektrik properti pada kisaran suhu yang luas. Ini juga tahan terhadap abrasi.

    • Polivinil Klorida (PVC) 

    PVC adalah bahan yang paling umum untuk kabel dalam ruangan namun juga bisa digunakan untuk kabel luar ruangan. Ini fleksibel dan tahan api. PVC lebih mahal dari PE.

    • Polyvinyl difluoride (PVDF)

    PVDF adalah bekas untuk sidang pleno kabel karena Itu telah lebih baik tahan api properti dari pe dan menghasilkan sedikit asap.

    •  Plastik Low Smoke Zero Halogen (LSZH)

    LSZH plastik adalah bekas untuk sebuah khusus jenis dari kabel dipanggil LSZH kabel. Itu y menghasilkan sedikit merokok dan tidak racun halogen senyawa.Tapi mereka adalah itu paling mahal jaket bahan.

    • Benang Aramid 

    Benang aramid adalah warna kuning, bahan yang terlihat seperti serat.  Itu kuat dan digunakan untuk bundel dan lindungi tabung atau serat yang longgar di kabel.  tu adalah kekuatan yang diberikan anggota kekuatan tarik sepanjang kabel selama dan setelah instalasi. Saat kabel ditarik ke dalam saluran, ketegangan diterapkan pada benang aramid bukan serat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    2.    Kategori Kabel  

    Serat optik kabel mungkin menjadi dikategorikan oleh itu t ya dari instalasi  lingkungan Hidup, di itu jumlah dari individu serat dan menurut untuk itu aplikasi. Sana bisa menjadi tiga utama kategori kabel :

      1.    Kabel Indoor

      2.    Kabel luar ruang

      3.    Indoor / Outdoor

    Mereka dapat terdiri dari satu(simpleks), dua(dupleks) atau lebih(multifiber) individu serat. Simpleks kabel menyediakan satu arah transmisi,sementara dupleks kabel mengizinkan transmisi di kedua arah. Multifiber kabel ma y membawa banyak fiber berpasangan sekitarnya sebuah central kekuatan anggota,sebagai ditampilkan dalam Angka: 2-1 atau mereka mungkin ambil bentuk dari pita kabel yang merupakan kabel individu dalam satu baris dikelilingi oleh satu jaket.

    Kabel Indoor  

    Menguraikan kabel optik dalam ruangan   mereka memiliki beragam variet y aplikasi di dalam a bangunan. Mereka mengganti kabel luar karena kabel indoor memiliki lebih banyak fleksibilitas, lebih murah dan kenyamanan untuk menggunakan dalam sebuah bangunan. Dalam kabel memiliki beberapa karakteristik yang memungkinkannya menjadi lebih disukai.  Seperti Tidak perlu grounding dan proteksi petir karena mereka bebas dari logam. Mudah dikupas - Mereka adalah serat penyangga ketat 900μm TBII .

    Semua informasi kabel dapat dicetak pada selubung luar. Di tambahan,pengkodean surat penunjukan menurut untuk Jerman    standa  rdisasi   institut DIN & VDE  Itu juga desi   gned untuk menahan suhu   pasang surut, dan untuk berdiri   terhadap mekanik   menekankan bahwa kabel   mungkin menghadap ke dalam   bangunan. 

    Karakter-karakter ini   hadir sementara   Itu   masih memiliki   itu mirip   transmisi optik   sebagai   kabel luar ruangan.   Ini akan   memimpin   untuk   peningkatan yang lebih rendah   redaman dengan   sambungan sambatan.  Dalam   kabel ditempatkan   dalam sebuah serat optik penutupan distribusi di dalam bangunan. Itu distribusi kabel bisa menjadi lebih melenturkan ible untuk mengelola dan proses.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Kabel Optik Dan Sifat Serta Kegunaannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar