Fungsi Fiber Optik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabel serat optik adaIah kabeI jaringan yang berisi untaian serat kaca di daIam casing yang terisolasi. Fiber optik dirancang untuk jarak yang jauh, berkinerja tinggi, dan telekomunikasi. Dibandingkan dengan kabeI-kabeI, kabeI serat optik memberikan bandwidth yang lebih tinggi dan mengirimkan data pada jarak yang lebih jauh.

    Keuntungan KabeI Serat Optik

    KabeI serat menawarkan beberapa keungguIan dibandingkan kabeI tembaga jarak jauh.

    • Serat optik mendukung kapasitas yang Iebih tinggi. Standar niIai kabeI serat adalah10 Gbps, 40 Gbps, dan 100 Gbps.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Karena cahaya dapat menempuh jarak yang jauh lebih jauh melalui kabel serat tanpa kehilangan kekuatannya, kebutuhan akan penguat sinyal berkurang.
    • Kabel serat optik kurang rentan terhadap gangguan. Kabel jaringan tembaga memerlukan pelindung untuk melindunginya dari interferensi elektromagnetik. Meskipun pelindung ini membantu, tidak cukup untuk mencegah gangguan ketika banyak kabel dirangkai berdekatan satu sama lain. Sifat fisik kabel serat optik menghindari sebagian besar masalah ini. Serat ke Rumah, Penyebaran Lainnya, dan Jaringan Serat.

    Sementara sebagian besar serat optik dipasang untuk mendukung koneksi jarak jauh antara kota dan negara, beberapa penyedia internet perumahan telah berinvestasi daIam memperIuas instaIasi serat mereka ke Iingkungan pinggiran kota untuk akses Iangsung oIeh rumah tangga. Penyedia dan profesional industri menyebut instalasi mil terakhir ini.

    Baca juga : Karakteristik Jenis Kabel Multimode

    Beberapa layanan fiber-to-the-home yang lebih dikenal di pasar termasuk Verizon FIOS dan Google Fiber. Layanan ini dapat memberikan kecepatan internet gigabit ke rumah tangga. Namun, mereka biasanya juga menawarkan paket berkapasitas lebih rendah kepada pelanggan. Paket konsumen rumahan yang berbeda sering disingkat dengan akronim ini:

    • FTTP (Fibre to the Premises): Fibre yang diletakkan jauh-jauh ke gedung.
    • Serat langsung: Serat yang meninggalkan kantor pusat dan melekat langsung ke satu pelanggan. Ini memberikan bandwidth terbesar, tetapi serat langsung mahal.
    • Serat bersama: Mirip dengan serat langsung kecuali jika serat mendekati lokasi pelanggan di dekatnya, serat itu terbagi menjadi serat optik lain untuk para pengguna tersebut.

    Fungsi Fiber Optic

    Serat optik digunakan sebagian besar untuk membawa cahaya dan modulasi informasi cahaya sedang ke jarak jauh. Sebagian besar untuk jaringan data. Kadang-kadang dapat digunakan untuk pengaturan waktu dan pendeteksian yang sederhana dimana serat terhalang atau tidak terblokir oleh perangkat fisik. Namun ada seluruh bidang penginderaan serat optik. Begitu saya bekerja selama 15 tahun.

    Ternyata karakteristik transmisi serat dapat dimodifikasi oleh efek suhu dan tekanan pada serat. Kita dapat membuat ini pada gaya mengukur gilirannya, aliran, akselerasi dan sifat lainnya dari sensor serat. Tidak hanya itu tetapi ada cara untuk melakukan pengukuran sumber titik serta pengukuran penginderaan terdistribusi. dengan persiapan serat yang tepat dan pendukungnya.

    Karena serat dapat digunakan untuk membawa sinyal optik ke bagian sensor jarak jauh kita dapat merasakan 10, 20 30 km jauhnya tanpa elektronik, hanya serat kaca, dan bagian logam. Karena tidak ada elektronik, itu dapat beroperasi pada suhu tinggi dan tekanan dengan mekanisme kegagalan jauh lebih sedikit. Fiber sering digunakan untuk pembacaan downhole pada sumur minyak bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi. untuk kebocoran pipa dan pemantauan keamanan dan untuk medan perang, dan zona keamanan (bank, penjara, pabrik dll) pemantauan intrusi (langkah kaki dan suara-suara lainnya).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Bagian serat optik? Jadi berbagai bagian serat optik digunakan untuk memisahkan dan mencampur sinyal, untuk membelah atau menggabungkan, dan menyaring (takik, bandpass, hi dan low pass) dan memisahkan panjang gelombang. Kisi adalah reflektor parsial khusus, ada juga cermin Rotasi Faraday, polarizer, Beberapa di antaranya digunakan untuk transmisi data, yang lain dapat digunakan sebagai interogator untuk penginderaan serat optik.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Fiber Optik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar