Penyiapan Media Tanaman Anggrek

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk dapat menanam anggrek yang perlu kita persiapkan ialah media, pupuk tanaman anggrek, dan bibit tanaman anggrek. Beberapa media yang dapat kita gunakan untuk dapat menanam anggrek adalah sebagai berikut. Media yang dapat digunakan untuk menanam anggrek salah satunya ialah pot genteng yang bahannya berasal dari tanah liat. Adapun media yaitu tempat menanam bibit anggrek.

    • Selanjutnya ialah media yang didapat dari pohon kelapa yaitu sabut kelapa, media ini merupakan media yang paling mudah untuk didapat dan paling sering dilihat.
    • Media yang dapat digunakan selanjutnya ialah pecahan yang berasal dari genteng dan juga pecahan dari batu bata.
    • Arang kayu, media ini didapat dari kayu yang telah dibakar dan berubah menjadi arang.
    • Media yang dapat digunakan untuk menanam anggrek  dari alam ialah batang pohon. Batang pohon dapat digunakan untuk media menanam anggrek karena, anggrek merupakan tanaman yang merambat dan merupakan parasit bagi tanaman lain.
    • Selain batang pohon, media untuk menanam anggrek yang lain ialah potongan-potongan yang berasal dari kayu.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dari beberapa contoh diatas kita dapat mengetahui bahwa untuk dapat menanam anggrek banyak jenis media yang dapat untuk kita gunakan. Dan dari contoh diatas juga kita dapat mengetahui bahwa media penanaman anggrek berasal dari alam dan bahan-bahannya berasal dari bahan yang alami. Media-media diatas juga merupakan media yang mudah untuk kita dapat dan jumpai.

    Setelah kita menyiapkan media dari tanaman anggrek selanjutnya yang perlu kita persiapkan ialah bibit tanaman anggrek. Banyak sekali jenis dari bibit anggrek yang dapat kita jumpai. Namun, harga dari tanaman ini dapat dikatakan mahal karena tanaman anggrek merupakan tanaman langka. Beberapa jenis anggrek diantaranya ilah sebagai berikut.

    • Anggrek hitam, anggrek ini memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang berwarna hitam.
    • Anggrek bulan, anggrek bulan memiliki ciri-ciri berwarna putih dan coraknya merah serta kuning.
    • Anggrek sendok, anggrek ini bernama anggrek sendok karena bentuknya seperti sendok.
    • Anggrek larat,  anggrek ini memiliki ciri yaitu berwarna ungu tua.
    • Anggrek pensil, nama anggrek ini dipengaruhi karena bentuk anggrek yang menyerupai pensil.
    • Anggrek pandan.
    • Anggrek tebu, anggrek jenis ini merupakan anggrek yang menyerupai tanaman tebu. Anggrek ini juga anggrek yang memiliki ukuran yang jauh berbeda dari jenis anggrek yang lain, ukuran anggrek ini lebih besar dari anggrek yang lain.

    Baca juga : Penyiapan Tempat Tumbuh Tanaman Anggrek

    Dari contoh anggrek diatas kita dapat mengetahui bahwa anggrek memiliki banyak jenis, namun untuk dapat menanam dan merawat anggrek cukup sulit. Anggrek merupakan tanaman yang memerlukan perawatan khusus dan juga ekstra. Anggrek merupakan jenis tanaman yang memiliki keunikan tersendiri.

    Oleh karena itu, banyak orang yang mencari tanaman ini. Setelah mempersiapkan media untuk media penanaman dan juga bibit tanaman anggrek, selanjutnya yang perlu kita persiapkan ialah pupuk untuk tanaman anggrek. Banyak jenis pupuk yang dapat digunakan untuk penanaman dan juga perawatan tanaman anggrek. Beberapa jenis dari pupuk untuk anggrek yaitu sebagai berikut.

    1. Pupuk buatan, pupuk ini merupakan pupuk yang dibuat dan diolah manusia dan jenisnya dapat terbagi menjadi dua yaitu, pupuk padat dan juga pupuk cair. Pupuk buatan beberapa mengandung bahan-bahan kimia.
    2. Pupuk alami, pupuk ini merupakan pupuk yang berasal dari alam dan merupakan pupuk yang mudah untuk didapat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Tanaman anggrek memerlukan banyak sumber makanan oleh karena itu tanaman ini akan mengambil makanan dari tanaman disekitarnya jika kekurangan sumber makanan tersebut. Dan oleh karena itulah tanaman anggrek disebut tanaman parasit. Tanaman ini memerlukan banyak makanan serta nutrisi oleh karena itu pupuk yang digunakan untuk tanaman anggrek harus tepat dan dapat menjaga pertumbuhan anggrek tersebut. Selain pupuk dan jenis anggrek yang baik, tanaman anggrek akan menjadi baik dari cara merawatnya.(Rendy)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyiapan Media Tanaman Anggrek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar