BMKG: Jakarta Masih Berpotensi Banjir Hingga Senin

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi Banjir

    LancangKuning.com, Jakarta -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan wilayah Jakarta dan sekitarnya masih berpotensi banjir hingga dua hari ke depan atau hingga Senin (10/2).

    Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan meskipun curah hujan di wilayah Jakarta dua hari ke depan diprediksi ringan hingga sedang, namun wilayah Jawa Barat diprediksi terjadi hujan dengan intensitas lebat.

    Baca Juga: Warga ini Meninggal saat Mendengarkan Khotbah Jumat

    "Kejadian tadi pagi, curah hujan di Jakarta tinggi, di hulu juga tinggi. Dalam beberapa hari ke depan, ada potensi Jawa Barat terjadi hujan intensitas lebat, meski pun Jakarta berkurang, tapi wilayah hulunya lebat, ini yang perlu kita antisipasi," kata Mulyono di Kantor BMKG, Sabtu (8/2), dilansir CNN Indonesia.

    Ia menjelaskan sejak Sabtu pukul 01.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, tercatat curah hujan tertinggi di wilayah Pulo Mas, Jakarta Utara, yaitu 244 mm/hari. Curah hujan ini masih lebih rendah dari curah hujan yang turun saat banjir melanda wilayah Jakarta awal tahun lalu.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Hari ini ada sekitar 15 titik di Jabodetabek yang memiliki curah hujan diatas 100 mm dalam 24 jam. Sehingga pagi dan siang hari tadi dilaporkan beberapa wilayah banjir," kata dia.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawa menambahkan pada 8-13  Februari, wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan," kata dia. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BMKG: Jakarta Masih Berpotensi Banjir Hingga Senin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar