Peranan Hutan Dalam Kehidupan Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hutan adalah sebuah tempat dimana banyak ditumbuhi oleh macam-macam jenis tanaman dan di tempati oleh hewan yang beragam, area hutan yang lebar dan luas akan memberikan sebuah karbon dioksida yang membantu manusia untuk bernafas. Maka dari itu hutan harus di jaga dan dilestarikan dan tidak sedikit pula manusia yang melakukan eksploitasi secara berlebihan akan membuat sebuah dampak  buruk untuk lingkungannya.

    Contohnya saja jika membuka lahan dengan cara dibakar maka akan mengakibatkan pencemaran udara serta kerusakan lingkungan hal ini sangat di sayangkan jika hal itu sampai terjadi. Hewan  dan tumbuhan yang di hutan akan ditentukan  oleh iklim, sifat tanah hingga air yang membuat keberagaman satwa dan tumbuhan yang ada sana. Hutan juga memiliki jenis-jenis yang terbagi dari fungsi adalah seperti berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Hutan lindung

    Hutan ini mempunyai fungsi untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sebuah tanah hingga air yang di hutan tersebut.

    • Hutan suaka alam

    Di hutan ini memiliki fungsi yang di khususkanuntuk sebagai perlindungan bagi alam, di dalam hutan ini terdapat ciri khas tersendiri yang memiliki sebuah keberagaman hewan dan tumbuhan.

    • Hutan wisata

    Hutan ini memilki fungsi untuk kepentingan pariwisata, di dalam hutan ini terdapat taman wisata yang berfungsi untuk melindungi dan memperkenalkan hutan kepada masyarakat.

    • Hutan produksi

    Hutan ini biasanya ditumbuhi tanaman kayu atau lainnya untuk keperluan industri dan yang bertanggung jawab atas hutan ini adalah perusahaan yang terkait.

    Hutan juga berhubungan dengan adanya proses yang berkaitan seperti dibawah ini:

    • Hidrologis

    Hutan merupakan sebuah gudang tempat menyimpan air dan tempat menyerap air hujan ataupun embun yang akan di salura ke saluran air yang ada di dalam hutan dengan teratur. Hutan juga sangat berperan untuk tanah supaya terhindar dari erosi dan hal-hal yang tidak di inginkan lainnya.

    • Iklim

    Iklim merupakan sebuah komponen ekosistem yang memiliki unsur seperti air, suhu, dan angin dan juga kelembapan yang cukup dapat mempengaruhi suatu kehidupan yang ada di bumi.

    • Kesuburan tanah

    Tanah di hutan mempunyai kegunaan untuk membentuk humus utama dan juga menyimpan suatu unsur mineral bagi sebuah tumbuhan. Kesuburan suatu tanah dilihat di kondisi proses pembentukan tekstur nya juga meliputi kelembapan pada suhu dan air di dalam tanah. Faktor itulah akan membentuk macam-macam sebuah formasi hutan dan juga vegetasi hutan.

    Baca juga : Fungsi Hutan Mangrove

    • Keanekaragaman genetik

    Merupakan hutan yang memiliki kekayaan dari flora maupun fauna dan jika hutan tersebut di dirawat dan di perhatikan akan mengakibatkan berkurangnya tempat tinggal.

    • Sumber daya alam

    Merupakan hutan yang berfungsi untuk memberikan hasil alamnya untuk pemasukan negara, sama halnya dengan hutan industri tetapi di hutan ini juga memberikan kegunaan kepada masyarakat untuk pemenuhan sebuah kebutuhan.

    Di dalam sebuah hutan pastinya memiliki flora yang beragam salah satu contohnya adalah pohon, di dalam hutan terdapat beberapa jenis-jenis pohon misalnya adalah sebagai berikut:

    • Hutan heterogen

    Merupakan sebuah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon, contohnya hutan rimba, biasanya di hutan ini banyak di jumpai di kawasan benua amerika. Pohon yang ada di hutan ini mempunyai ciri khas yaitu memiliki pohon yang tinggi dan memiliki daun yang lebar. Jika di indonesia hutan ini banyak dijumpai di pulau jawa hingga irian jaya.

    • Hutan homogen

    Merupakan sebuah hutan yang banyak ditumbuhi oleh satu jenis tumbuhan, hutan ini biasanya bertujuan untuk kegiatan penghijauan serta untuk keperluan perluasan industri. Hutan homogen dapat kita lihat misalnya hutan jarak dan hutan karet.

    Peran hutan untuk kehidupan manusia

    Hutan bermanfaat bagi manusia, manfaatnya bisa dilihat di bawah ini:

    • Membantu manusia serta makhluk hidup untuk terus bernafas

    Hutan akan memompa keluar sebuah udara yang diperlukan untuk hidup serta menyerap sebuah karbon dioksida yang di keluarkan oleh tubuh.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Menyediakan obat-obatan

    Hutan juga memberikan manfaat yaitu dengan menyediakan sumber obat-obatan yang diperlukan oleh manusia.

    • Mencegah banjir

    dikarenakan di dalam hutan memiliki keberagaman tumbuhan maka jika air yang turun dari langit akan terserap langsung oleh tumbuhan tersebut.

    • Menjadi tempat tinggal bagi manusia

    Ada sekitar tiga ratus juta orang tinggal di hutan di seluruh belahan dunia, termasuk suku pedalaman yang ada di sana. (Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Hutan Dalam Kehidupan Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait