Fungsi Hutan Mangrove

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Hutan mangrove yang biasanya sering kita lihat di daerah pesisir pantai atau suatu pulau, memiliki sebutan yang lain, yaitu hutan bakau. Hutan mangrove berfungsi untuk melindungi makhluk hidup disekitar hutan bakau. Hutan bakau juga berfungsi agar tanah dan pasir disekitar daerah pantai maupun pulau tidak habis terbawa ombak dan arus dari air laut. Hutan mangrove atau hutan bakau juga berfungsi untuk pembuat dan penghasil oksigen yang besar. Fungsi-fungsi dan kegunaan dari hutan mangrove atau hutan bakau yang lain adalah sebagai berikut.

    • Dalam masalah biologi hutan mangrove berfungsi untuk menghasilkan oksigen. Oksigen yang dihasilkan hutan mangrove nantinya akan berguna untuk setiap makhluk hidup disekitar hutan mangrove tersebut. Selain disekitar kawasan hutan, oksigen yang dihasilkan hutan ini akan berguna untuk di setiap wilayah. Fungsi yang lain dari hutan bakau secara biologi adalah melindungi makhluk hidup yang ada disekitar hutan tersebut. Seperti beberapa hewan yaitu penyu, buaya, ikan, kura-kura, rusa, dan makhluk hidup lainnya. Dan berguna sebagai sumber makanan.
    • Untuk masalah ekonomi hutan bakau memberikan banyak manfaat, hutan bakau merupakan tempat sumber makanan dari tempat ini kita dapat mencari dan menjual sumber-sumber makanan di daerah hutan mangrove tersebut. Selain itu hutan mangrove atau hutan bakau memiliki pemandangan yang menarik dan juga indah, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung. Dengan adanya wisatawan yang berkunjung tentunya akan memberikan pemasukan dan penghasilan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan hutan mangrove dan pesisir.

    Baca  juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Hutan mangrove bagi manusia berguna untuk sumber makanan, sumber oksigen, sumber penghasilan ekonomi, dan sebagai perlindungan. Hutan mangrove yang tumbuh disekitar daerah pesisir akan melindungi penghuni hutan yang tinggal jika, sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti tsunami misalnya. Jika terjadi tsunami maka hutan bakau dapat mengurangi dampak kerusakan yang ditimbulkan atau bahkan dapat mencegah terjadinya gelombang yang besar.
    • Hutan mangrove juga penyedia atau penghasil kayu yang besar. Dari hutan ini orang-orang disekitar pesisir dan pulau hutan bakau akan dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti menggunakannya untuk kayu bakar atau untuk membangun rumah.
    • Hutan mangrove juga berfungsi untuk membentuk daratan dan juga melindungi kawasan pesisir hutan mangrove.

    Dari penjelasan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hutan mangrove memiliki banyak manfaat yang beragam tidak hanya untuk kita namun juga makhluk hidup yang lainnya. Hutan mangrove atau hutan bakau sendiri ialah hutan yang tumbuh disekitar daerah pesisir dan pulau sehingga pohon ini memiliki ciri atau kondisi yang berbeda dari hutan yang lain. Pohon-pohon bakau memiliki ciri akar yang panjang serta daun-daun yang  tumbuh subur.

    Baca juga : Tipe-Tipe Iklim

    Akar-akar pohon bakau yang panjang merupakan bentuk adaptasi atau penyesuaian pohon ini. Karena, hidup di daerah pesisir dan pulau pohon ini memerlukan akar yang panjang dan juga kuat agar dapat menahan arus serta ombak yang ada. Hutan bakau banyak tumbuh di negara Indonesia, terutama di daerah pesisir. Hutan mangrove atau hutan bakau banyak tumbuh di daerah indonesia karena negara Indonesia merupakan negara kepulauan.

    Indonesia terkenal sebagai negara yang dikelilingi lautan sehingga orang-orang menyebut negara ini sebagai negara maritim. Daerah kepulauan tentunya akan ditumbuhi hutan bakau.Jika hutan mangrove tidak ada pada daerah pesisir dan pulau maka daerah tersebut rawan mengalami bencana seperti banjir dan juga tsunami. Terutama jika hutan ini tidak ada pada daerah kepulauan seperti negara Indonesia maka hal ini dapat berbahaya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Karena dapat menyebabkan daerah sekitar kepulauan rawan mengalami bencana. Hutan mangrove memberikan banyak manfaat bagi kita, namun sekarang banyak yang kurang peduli terhadap pertumbuhan hutan bakau. Sehingga banyak orang yang melakukan penanaman pohon bakau untuk dapat mencegah terjadinya bencana.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Hutan Mangrove
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar