Aneka Kerajinan Tekstil Dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kerajinan tekstil sudah ada dari sejak dahulu kala, yang sampai sekarang semakin berkembang. Keragaman budaya di Indonesia sangatlah beragam. Kerajinan tekstil merupakan karya yang diolah menggunakan bahan-bahan tekstil. Tekstil adalah beberapa campuran bahan serat yang diolah untuk di jadikan bahan pembuatan berbagai produk.

    Fashion yaitu merupakan  kebutuhan untuk manusia, dan juga banyak orang yang berminat menjadi desainer ternama. Beraneka ragam bentuk fashion yang ada di Indonesia.

    Contoh kerajinan tekstil

    Sumber kebudayaan alam harus selalu kita lestarikan dan kita jaga, itu sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai masyarakat Indonesia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut adalah macam-macam produk yaitu :

    • Kerajinan Tekstil Tradisional

    Tekstil tradisional adalah kerajinan seni yang di buat oleh tangan manusia sendiri. Biasanya kerajinan tekstil tradisional bisa mencapai harga yang mahal. Di samping harga nya yang mahal ke tahanannya juga sangat bagus. Kerajinan tekstil juga memiliki kelemahan yaitu, proses pembuatan produksinya membutuhkan waktu yang sangat tidak sebentar. Proses perkembangan tekstil tradisional berkembang dari pengaruh dari daerah masing-masing dan dari kreativitas daerah sendiri.

    • Fungsi Kerajinan Tekstil Tradisional
      Ada beberapa fungsi dari Tekstil tradisional yaitu :
    • Pakaian adalah kebutuhan dasar bagi manusia, digunakan untuk menutupi tubuh manusia.
    • sebagai kebutuhan di dalam rumah, berguna untuk mempercantik dekorasi rumah.
    • Indonesia memiliki bermacam-macam suku, fungsi tekstil tradisional berfungsi untuk alat ritual.
    • Kerajinan Tekstil Modern

    Baca juga : Desain Produk Kerajinan Tekstil

    Jika tekstil tradisional menggunakan manusia, maka kerajinan yang digunakan tekstil modern adalah menggunakan mesin untuk membuatnya. Bisa di katakan otomatis. Dengan zaman yang semakin canggih maka tekstil modern mengeluarkan produk yang tidak dimiliki oleh tekstil tradisional. Kelebihan dari tekstil modern adalah tidak menggunakan banyak tenaga manusia. Dengan menggunakan mesin yang sudah canggih maka proses pembuatan semakin cepat selesai. Kekurangan tekstil modern adalah kualitas bahannya yang tidak memuaskan dan produknya yang tidak tahan lama.

    • Fungsi Kerajinan Tekstil Modern
      Fungsi tekstil modern mempunyai perbedaan saat menggunakannya dalam kehidupan nyata. Kerajinan tekstil modern lebih mengarah ke penggunaan di dalam kehidupan kita.
    • Sebagai kebutuhan sandang
    • Sebagai dekorasi

    Aneka Kerajinan Tekstil

    • Kerajinan batik

    Batik adalah salah satu karya yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Pembuatan batik di gunakan dengan menggunakan alat cating untuk membuat pola gambarnya dengan menggunakan bahan lilin panas.

    • Kerajinan sulam

    Kerajinan sulam adalah hiasan yang di gunakan untuk mempercantik bahan dengan menggunakan bahan benang dan jarum.

    Seiring berkembang nya zaman kerajinan sulam dengan bordir. Cara pembuatan bordir menggunakan dua cara yaitu, bordir manual dan bordir menggunakan komputer.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Kerajinan Jahit Perca

    Perca adalah hasil dari bekas kain yang di pakai untuk membuat produk lainnya. Jahit tekstil adalah metode untuk membuat, menjahit dan menggunakan kain bekas.

    • Kerajinan Jahit Tindas

    Jahit tindas adalah teknik yang di manfaatkan untuk menghias bagian depan kain dan menggunakan bantuan bahan pelapis. Teknik ini banyak di gunakan pada proses pembuatan selimut.

    • Kerajinan Tapestry

    Kerajinan tapestry adalah kerajinan tekstil tertua. Konsep ini menggunakan dua benang yang saling bersilangan.

    • Kerajinan cetak saring

    Cetak saring biasa di sebut dengan sablon. Kerajinan cetak saring menggunakan teknik layar media cetak. Kualitas kaus sablon tergantung dari keahlian perajin dan bahan-bahannya yang menarik atau tidak.

    • Kerajinan Tenun

    kerajinan tenun, teknik yang di gunakan untuk pembuatan kain. Beragam corak yang berada di Indonesia dan di setiap daerah memiliki corak tersendiri. Teknik yang di gunakan pun sangat beragam sehingga corak di setiap daerah berbeda-beda.

    • Kerajinan Makrame

    Makrame adalah kerajinan seni yang di gunakan untuk mengikat dua ujung tali dengan mengatur rantaian benang awal dan akhir.(Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Aneka Kerajinan Tekstil Dan Fungsinya
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar