Desain Produk Kerajinan Tekstil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Merupakan Sebuah kerajinan tangan, kadang-kadang lebih tepatnya dinyatakan sebagai kerajinan tangan atau buatan tangan, merupakan bagian dari pekerjaan yang dilakukan memanfaatkan benda yang masih bisa  digunakan dan di kelola dengan cara dibuat dengan sepenuhnya dari tangan atau secara sederhana.

    Ini merupakan kerajinan tradisional dan berlaku untuk berbagai kegiatan kreatif dan desain yang ikut terkait dengan membuat sesuatu dengan tangan dan keterampilan seseorang, termasuk bekerja dengan tekstil, bahan cetakan dan kaku, kertas, serat tanaman, dll.

    Salah satu kerajinan yang paling tua di dunia adalah ini adalah semacam pengecoran logam yang telah digunakan di India selama mungkin lebih dari tiga atau empat ribu tahun dan masih digunakan. Biasanya, di gunakan atau menerapkan pada teknik tradisional untuk membuat barang baik untuk penggunaan pribadi atau sebagai produk yang mudah atau simple dan juga praktis serta estetika.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Industri kerajinan adalah kita sendiri yang memproduksi atau mengolah atau mengelola barang tersebut dengan tangan agar bisa memenuhi keperluan konsumen atau orang lain.Istilah seni dan kerajinan juga diterapkan di Amerika dan besar kemungkinannya untuk hobi, serta untuk anak-anak dari barang yang dicipta atau dibuat untuk penggunaan sehari-hari, akan tetapi pembedaan ini merupakan pembedaan yang tidak formal, dan istilah ini mudah digunakan dengan gerakan desain Seni dan Kerajinan.

    Awalnya mulanya kerajinan tangan di mulai dari kerajinan pedesaan dan juga kebutuhan barang yang material nya merupakan peradaban kuno, dan banyak kerajinan yang di sesuaikan hingga dilakukan selama berabad-abad, sementara yang lain merupakan penemuan modern atau popularisasi kerajinan yang pada awalnya di lakukan di wilayah geografis yang terbatas.

    Banyak pengrajin yang digunakan bahan secara alami, dan seluruhnya asli, mungkin saja yang lainnya mungkin mengutamakan bahan modern, non-tradisional. Pengerjaan yang di lakukan secara individu melalui barang kerajinan tangan adalah kriteria yang amat terpenting diproduksi  secara massal atau dikerjakan melalui sebuah alat bantu mesin bukan terbuat dari kerajinan tangan.

    Baca juga :  Teori Probabilitas

    Terlihat seperti mengembangkan keterampilan dan minat kreatif siswa, umumnya dan kadang-kadang menuju kerajinan atau perdagangan tertentu, kerajinan tangan sering di ajarkan dalam pendidikan. Kebanyakan nya, kerajinan ini membutuhkan yang namanya mengembangkan keterampilan dan juga penerapan di dalam kesabaran yang dapat dipelajari hampir semua orang. Contohnya aja seperti seni rakyat, hasil kerajinan tangan sering memiliki makna budaya dan atau agama, dan mungkin memiliki pesan politik juga.

    Banyak kerajinan menjadi sangat populer untuk periode waktu yang singkat (beberapa bulan, atau beberapa tahun), menyebar dengan cepat di antara populasi kerajinan ketika semua orang meniru contoh pertama, kemudian popularitas mereka menurun hingga kebangkitan kemudian.

    Kegiatan ini disebut kerajinan, awalnya para Remaja magang ke pengrajin ahli dan mengasah keterampilan mereka selama be-berapa atau mungkin bertahun-tahun dengan imbalan upah rendah.

    Pada saat pelatihan mereka selesai, mereka sudah siap untuk melakukan perdagangan untuk diri mereka sendiri, mencari nafkah dengan cara memanfaatkan keterampilan yang dapat dijualkan secara langsung di dalam masyarakat, seringkali untuk barang atau produk dan juga jasa.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Proses produksi secara bertahap mengurangi atau menghilangkan berbagai peran yang diperankan atau dimainkan oleh pengrajin profesional, dan saat ini banyak kerajinan tangan semakin terlihat, sebagai bentuk hobi, seni rakyat dan terkadang bahkan seni rupa. Istilah kerajinan yang membutuhkan pengetahuan khusus, membutuhkan peralatan khusus dan serta fasilitas untuk menghasilkan, melibatkan tenaga kerja manual yang lainnya.

    Untuk masyarakat umum, dan dibangun dari bahan-bahan dengan sejarah yang melebihi batas-batas tradisi  Barat, seperti keramik, kaca, tekstil, logam dan kayu. Produk ini diproduksi di dalam komunitas praktik tertentu, dan meskipun sebagian besar berbeda dari produk yang dihasilkan dalam komunitas seni dan desain, batas-batasnya sering tumpang tindih.

    Selain itu, karena interpretasi dan validasi seni sering menjadi masalah konteks, penonton dapat melihat benda-benda kerajinan tangan sebagai benda seni ketika benda-benda ini bisa dilihat di berbagai konteks seni, seperti di museum atau dalam posisi yang menonjol di rumah seseorang.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Desain Produk Kerajinan Tekstil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar