Kelebihan Dan Kekurangan Metode Fuzzy AHP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Fuzzy adalah pendekatan yang berhubungan dengan data yang tidak murni dan pengetahuan yang tidak tepat. Ketika pembuat keputusan perlu mengambil keputusan dalam situasi ketidakpastian, mereka dapat menggunakan Fuzzy AHP. Analytical hierarchy process (AHP) adalah alat matematika untuk menyelesaikan masalah yang  telah populer  dikalangan personil manajemen di akhir 1990-an dan awal 2000-an.

    Metode AHP telah dibuat setelah memahami struktur masalah dan hambatan nyata yang dihadapi manajer saat memecahkan masalah.  Logika pada AHP yaitu melihat masalah dalam tiga bagian. Bagian pertama yaitu apa masalah yang perlu diselesaikan. Bagian kedua yaitu solusi apa yang tersedia untuk menyelesaikan masalah.

    Bagian ketiga dan yang paling penting sejauh metode AHP yang bersangkutan yaitu kriteria apa yang digunakan untuk mengevaluasi masalah. Dalam metode AHP, meskipun ada beberapa kriteria, besarnya setiap kriteria mungkin tidak sama. Contoh bila kita harus memilih dua restoran dengan mempertimbangkan dua faktor yaitu rasa dan waktu menunggu, keduanya mungkin tidak memiliki nilai yang sama dalam persepsi kita.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    Bisa saja rasa mungkin jauh lebih penting daripada waktu menunggu dan sebagainya. Karena itu , jika menetapkan bobot 2 untuk rasa dan 1 untuk waktu tunggu, kita akan lebih cenderung memilih restoran yang paling memenuhi kebutuhan kita. Oleh sebab  itu, ketika kita mengevaluasi solusi alternative bobot harus dilampirkan pada kriteria untuk memastikan mencapai kesimpulan yang benar.

    AHP mempunyai cek dan keseimbangan bawaan. Cek dan keseimbangan ini untuk memastikan bahwa kita mencapai solusi yang konsisten secara logis ketika kita membandingkan kepentingan relative dari kriteria dalam proses menetapkan bobot pada kriteria itu. Inilah yang membuat AHP merupakan salah satu teknik yang paling dicari dalam ilmu manajemen  contohnya perusahaan general electrical (listrik).

    Manajer perusahaan menggunakan AHP untuk menetapkan bobot numerik pada faktor. Faktor-faktor ini bisa digunakan oleh pelanggan saat mengevaluasi suatu produk atau  sesuatu yang digunakan manajemen untuk mengevaluasi solusi alternative

    Baca juga : Pengertian Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Cara Menggunakan AHP

    Meskipun AHP adalah salah satu metode yang paling maju yang tersedia di bidang ilmu manajemen dan penelitian operasi, kompleksitas yang terlibat dalam metode ini menyebabkannya sulit diterapkan.

    Berikut adalah prosedur untuk melakukannya

    • Tetapkan alternative

    pada proses ini dimulai dengan mendefinisikan alternative yang perlu dievaluasi. Alternative-alternatif ini bisa menjadi kriteria berbeda yang harus dievaluasi terhadap solusi. Semua alternative harus tersedia dengan lengkap

    • Tentukan Masalah dan Kriteria

    Selanjutnya memodelkan masalah. Metode AHP bergantung pada pemecahan masalah ke dalam hierarki masalah yang lebih kecil.

    • Tetapkan Prioritas di antara Kriteria Menggunakan Perbandingan Berpasangan

    Metode AHP menggunakan perbandingan berpasangan untuk membuat matriks.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Cek Konsistensi
    2. Dapatkan Bobot Relatif

    Alat perangkat lunak akan menjalankan perhitungan matematis berdasarkan data dan menetapkan bobot relatif untuk kriteria. Setelah persamaan siap dengan kriteria, orang dapat mengevaluasi alternatif untuk mendapatkan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka

    AHP adalah alat yang sangat fleksibel dan kuat karena skor. Karena peringkat akhir diperoleh berdasarkan evaluasi relative berpasangan untuk kriteria dan opsi yang disediakan oleh pengguna. Perhitungan yang dilakukan oleh AHP selalu dipandu oleh keputusan pengalaman si pembuat. Disisi lain, AHP mungkin  memerlukan sejumlah besar evaluasi oleh pengguna.

    Berikut kelebihan dan kekurangan AHP

    1. Kelebihan

    • AHP mampu mempertimbangkan prioritas relative dari factor atau alternative dan mewakili alternative yang terbaik
    • AHP menyediakan model yang sederhana dan sangat fleksibel untuk masalah yang diberikan
    • AHP menyediakan metodologi pengambilan keputusan yang mudah diterapkan yang membantu pembuat keputusan memutuskan secara tepat.

    2. Kekurangan

    • Tidak selalu ada solusi untuk persamaan linear
    • Persyaratan komputasi sangat rumit bahkan untuk masalah yang kecil
    • AHP digunakan berdasarkan probabilitas dan kemungkinan(Eka)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Metode Fuzzy AHP
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar