Sistem Peredaran Darah Ganda

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Untuk bisa mengalirkan darah yang berisikan oksigen ke bagian tubuh, tentunya dibutuhkan suatu jalan untuk menyalurkannya. Jalan itu, kita sering juga menyebutnya sebagai peredaran darah. Fungsi dari darah itu sendiri adalah sebagai suatu tempat atau alat transportasi, hal tersebut tidak hanya berlaku pada manusia saja, tetapi hal tersebut juga berlaku bagi hewan.

    Manusia yang ada di dunia juga hewan, menunjukkan tingkat spesialisasi tertinggi. Bahkan, mamalia dan juga burung  menunjukkan fitur khusus yang kita sebut sirkulasi ganda. Jika Anda menduga ini ada hubungan dengan sistem dari peredaran darah, Anda tepat sasaran.

    • Sirkulasi ganda

    Jalur peredaran darah adalah jalur yang diambil oleh darah, di mana ia bergerak ke seluruh organ tubuh yang berbeda melalui arteri dan vena. Pada manusia, ini adalah sistem sirkulasi tertutup yang ada, karena darah mengalir pada pembuluh darah yang tertutup. Sistem pada peredaran darah ia memiliki tanggung jawab untuk pengangkutan gas, nutrisi, produk limbah dll.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Mekanisme Sirkulasi Ganda

    Sirkulasi ganda adalah cara sirkulasi yang paling efisien. Di sini, pada manusia, empat bilik jantung, arteri, vena, dan kapiler semuanya memiliki peran vital untuk dimainkan. Darah dipompa keluar dari hati. Darah ini mengalir ke berbagai organ dan kemudian darah akan balik ke jantung lagi. Semua ini terjadi dengan cara yang sangat sistematis melalui berbagai arteri dan vena yang mengandung darah teroksigenasi dan terdeoksigenasi.

    Dalam sirkulasi ganda, ada dua jalur yang digunakan darah untuk mengalir. Mereka          :

    1. Jalur paru-paru
    2. Jalur sistemik.

    Sirkulasi atau jalur paru membawa beberapa darah yang terdeoksigenasi dari organ jantung sisi bagian kanan ke dalam paru-paru. Pertukaran oksigen atau O2 dan karbon-dioksida atau CO2 itu terjadi di dalam paru-paru dan juga  darah sekarang teroksigenasi (dengan oksigen). Melalui sirkulasi sistemik ini, darah akan teroksigenasi bergerak dari  organ jantung sisi bagian kiri ke area tubuh lainnya. Di berbagai lokasi organ, terjadi pertukaran gas, nutrisi, dan limbah melalui getah bening.

    Darah yang terdeoksigenasi ini kembali ke sisi kanan jantung. Sirkuit sistemik dan juga sirkuit paru bekerja bersama. Ini memastikan bahwa darah terdeoksigenasi masuk ke dalam paru-paru melewati arteri pulmonalis sementara darah yang teroksigenasi dari aorta mencapai berbagai organ dan jaringan.

    Baca juga : Perbedaan Peredaran Darah Besar Dan KeciI

    Arteri dan juga vena mempunyai jaringan luas di seluruh tubuh yang membawa darah yang beroksigen dan darah terdeoksigenasi. Arteri dan juga vena terkecil ini terhubung satu dengan lain melalui kapiler. Kapiler di ujung arteri memungkinkan bahan seperti air, glukosa, oksigen, dan juga asam amino ia berdifusi keluar. Kapiler juga mengangkut limbah dan karbon-dioksida ke organ-organ yang dapat membuangnya. Jadi, produk limbah masuk di dekat ujung vena kapiler. Untuk mempertahankan volume darah, air berdifusi masuk dan jug keluar dari kapiler.

    Melalui proses pertukaran kapiler, oksigen juga meninggalkan sel darah merah di dalam aliran sel darah dan memasuki semua sel lain dari tubuh. Nutrisi juga berdifusi keluar dari aliran darah ke sel lain. Secara bersamaan, sel-sel lain mengeluarkan produk limbah yang memasuki kapiler. Karbon-dioksida juga mengalir atau berpindah keluar dari sel dan terus masuk ke kapiler, di ujung vena.

    Ujung vena kapiler terhubung dengan vena dan venula yang lebih kecil, yang bergabung dengan vena yang lebih besar. Vena-vena ini sekarang memiliki darah terdeoksigenasi. Melalui vena utama yang disebut vena-cava, darah memasuki ruang atrium kanan jantung, dari mana sirkulasi paru dimulai.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi, Apa pentingnya sirkulasi ganda pada manusia? Sirkulasi ganda adalah karakteristik yang membedakan sistem peredaran darah manusia. Ini sangat penting karena memungkinkan sirkulasi darah yang tepat, tanpa pencampuran darah yang teroksigenasi dan terdeoksigenasi. Pemisahan darah teroksigenasi dan terdeoksigenasi ini memungkinkan pasokan oksigen yang efisien ke sel-sel tubuh dan memberikan laju aliran darah yang lebih besar.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sistem Peredaran Darah Ganda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar