Konsep Dasar Struktur Data

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Struktur Data merupakan suatu cara untuk menyimpan data di suatu program sehingga memungkinkan seorang programmer dapat menggunakan data tersebut secara efesien. Di setiap perusahaan aplikasi baik itu di bidang industri atau berbagai macam lainnya wajib menggunakan struktur data ini baik itu di gunakan dalam berbagai satu atau dengan cara lainnya.

    Dengan mengerti apa itu pemahaman tentang konsep-konsep yang di perlukan dalam struktur data kita bisa juga mendapat pemahaman tentang komplesitas di suatu aplikasi pada tinggkat perusahaan serta kebutuhan algoritma.

    Pada struktur data ini memiliki cara yang sangat sistematis sehingga sangat mudah untuk kita sebagai programmer atau pemula untuk mengatur suatu data yang akan di buat secara efesien tentunya. 

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikut merupakan beberapa konsep yang paling umum pada struktur Data.

    1. Interface atau Struktur data yaitu memiliki masing-masing antarmuka, antarmuka yang di maksud merupakan suatu operasi sangat mendukung dalam pembuatan struktur data. Dengan antarmuka ini hanya dapat menggunakan daftar operasi yang paling di dukung, seperti jenis parameter dapat menerima atau mengembalikan jenis operasi.
    2. Implementasi − Implementasi memiliki serta merupakan perwakilan dari internal struktur data. Implementasi juga mempunyai artian dari algoritma yang sering digunakan dalam operasi dari struktur data.

    Berikut Karakteristik Dari Struktur Data :

    1. Time Complexity − Waktu berjalan atau waktu eksekusi operasional dari struktur data harus sekecil mungkin.
    2. Correctness − Struktur Data implementasi harus mengimplementasikan antarmuka dengan cara yang baik dan benar.
    3. Space Complexity − Kompleksitas ruang operasi struktur data harus sesedikit mungkin.

    Kebutuhan yang wajib di penuhi untuk struktur Data :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

    Seperti layaknya sebuah aplikasi yang semakin kompleks dan data yang banyak, ada tiga masalah yang biasanya akan dihadapi sebagai berikut :

    1. Data Search − Mempertimbangkan inventarisasi 1 million banyak dari item di toko. Jika sebuah aplikasi untuk mencari item, hal itu harus mencari item dalam 1 million lagi item setiap kali akan memperlambat suatu pencarian. Sebagai data tumbuh, pencarian akan semakin lama menjadi lebih lambat.
    2. Processor Speed − Kecepatan prosesor meskipun yang sangat tinggi, jatuh terbatas jika data tumbuh milyar catatan.
    3. Multiple Requests − Permintaan terlalu banyak bahkan sampai ribuan pengguna dapat mencari data secara bersamaan pada suatu web server, maka akan berpotensi cepat server gagal ketika mencari data yang di maksud.

    Cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada struktur data tersebut dengan berupaya menyelamatkan struktur data yang datang. Data tersebut dapat di atur dalam bentuk yang sedemikian rupa agar semua yang memungkinkan kita tidak memerlukan pencarian dan data yang di perlukan dan dapat dicari hampir seketika.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Waktu pelaksanaan kasus pada struktur data

    Berikut beberapa perkara yang biasa digunakan oleh orang umum untuk membandingkan berbagai struktur data pada waktu pelaksanaan yang relatif.

    1. Kasus terburuk - Skenario kasus terburuk ini adalah situasi yang baik di mana tugas tipe data yang membutuhkan waktu terkuat dapat menghabiskan waktu. Jika fungsi dalam kasus terburuk ƒ (n), maka fungsi biasanya kurang dari (n) waktu ƒ (n) mewakili fungsi n.
    2. Rata-rata - Kondisi ini merupakan indikator yang menunjukkan waktu pelaksanaan operasi struktur data. Jika fungsi ƒ (n) waktu dalam turunan membutuhkan waktu (n).
    3. Optimal - Kasus terbaik ini adalah kondisi yang menunjukkan waktu paling mematikan kinerja database. Jika fungsi adalah n (n), waktu yang dihabiskan dalam suatu tugas dapat diambil sebagai waktu yang tidak diketahui, yang akan lebih besar dari ƒ (n).(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Dasar Struktur Data
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar