Konsep Dasar Pemograman Berorientasi Objek

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pemograman berorientasi objek dalam istilah bahasa inggris adalah oop (object oriented programming ) yang merupakan paradigm pemograman yang berdasarkan konsep object yang berisi data – data , baik dalam bentuk field maupun attribute , serta juga terdapat kode – kode, dalam bentuk fungsi  / atau prosedur dan juga dikenal dengan sebutan method. Data – data dan fungsi yang ada di dalam paradigma akan dibungkus dalam class – class dan object – object. Materi mengenai oop ini sangat mudah di gunakan dan bagus di pelajari bagi pemula, pengetahuan dasar tentang oop memang lebih mudah di kembangkan dan dirawat.

    Konsep – konsep Dasar OOP (Object-Oriented Programing)

    • Class

    Kelas adalah kumpulan dari definisi fungsi dan data dalam suatu benda untuk meraih tujuan tertentu. Contoh dari class ( class of dog) yaitu satu unit yang memiliki definisi–definisi data serta kegunaan fungsi yang menunjuk berbagai macam perilaku dan turunan dari anjing (dog).

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Class juga dapat di artikan sebagai dasar modularitas serta struktur yang ada di dalam pemograman berorientasi object. Pada modularitas struktur -  struktur sebuah program sangat terkait pada  aspek yang ada didalam sebuah  masalah yang  ingin diselesaikan oleh sebuah program tersebut.

    • Objek

    Objek dapat membungkus fungsi dan juga data secara bersamaan untuk menjadi sebuah unit dalam program computer. Objek adalah dasar-dasar dari modularitas struktur didalam program computer yang berorientasi object.

    • Abstraksi

    Abstraksi merupakan kemampuan dari sebuah program untuk dapat melewati sebuah aspek – aspek dari informasi yang diproses oleh abstraksi tersebut. Contoh : salah satu kemampuan bertujuan memfokuskan pada inti. Di setiap objek yang ada pada system akan melayani sebagai model dari pelaku abstrak yang bisa melakukan kerja pada system, laporan dan perubahaan keadaannya serta berkomunikasi dengan objek - objek lain yang terdapat didalam system, tanpa mengungkap kelebihan yang diterapkan. Proses, method, dan juga fungsi bisa dibuat abstrak, ada beberapa yang teknik bisa pakai untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

    • Encapsulasi

    Konsep encapsulasi selalu memastikan pengguna bahwa sebuah object tidak bisa mengubah keadaan yang didalam diri sebuah object dengan cara yang tidak sesuai. Hanya method dalam objeklah yang mempunyai izin akses dalam keadaan tersebut. Dan setiap objek yang mengakses interface dan menyebutkan bagaimana cara object – object lain agar bisa berinteraksi dengannya. Object lain hanya bergantung pada model objek lain dantidak mengetahui mengenai object tersebut.

    Baca juga :  4 Tahapan Proses Negosiasi

    • Polimorfisme

    Pada pemograman berorientasi object (oop) konsep dasar polimorfisme merupakan sebuah konsep yang terdapatkelas yang mempunyai signature pada method yang sama. Implementasi dari metode – metode tersebut akan di serahkan kepada setiap class, tetapi cara untuk pemanggilan metodenya juga harus sama. Agar bisa memaksakan signatur metode yang sama pada setiap class, dan class tersebut akan di turunkan dari sebuah abstrak class atau objek interface. Contoh : Padapengiriman pesan, akan bergantung pada pemanggilan disubrutin, bahasa oop dapat melakukan pengiriman, dimana metode – metode yang hanya berhubungandan tergantung pada objek dan dimana pesan itu akan dikirim.

    Ada beberapa bahasa pemograman yang mendukung pada konsep dasar oop,

    Bahasa pemograman yang mendukung Objeck-Oriented Programming (OOP) :

    1. Java
    2. C++
    3. Visual Foxpro.
    4. SIMULA
    5. Pascal / bahasa pemograman
    6. Python
    7. Ruby
    8. C#
    9. Php
    10. Delphi
    11. Perl
    12. Smaltalk
    13. Eiffel

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Defenisi OOP

    System yang dibangun yang berdasarkan metode oop yaitu sebuah system yang komponennya dapat diencapsulsi menjadi sekelompok data dan fungsi – fungsi yang bisa mewarisi attribute dan sifat yang ada pada komponen lainnya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Dasar Pemograman Berorientasi Objek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar