4 Tahapan Proses Negosiasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Negoisasi adalah bentuk dari interaksi sosial yang dimana membahas tentang tawar menawarnya sebuah barang atau produk, biasanya negosiasi ini biasanya ada di dunia perdagangan. Saat melakukan negosiasi ini tentunya memiliki dua pihak yaitu pihak pembeli dan pihak penjual pada pihak penjual akan menawarkan barang atau produk dan konsumen akan membeli barang tersebut dengan catatan jika barang itu terlalu mahal maka pembeli akan menegosiasikan barang tersebut ke harga yang lebih terjangkau dengan syarat tidak merugikan penjual.

    Negosiasi ini dilakukan dengan syarat tidak merugikan kedua belah pihak dan sama-sama merasa nyaman dengan harga yang telah di sepakati oleh pembeli untuk penjual. Pembeli di sini merupakan raja kata orang? Namun pembeli juga harus berfikir saat menawar barang karena jika barang yang di tawarkan sangat jauh dari target atau malah merugikan si penjual itu namanya bukan sebuah negosiasi melainkan ego diri sendiri.

    Tentunya di saat melakukan negosiasi perlu yang namanya kemampuan dalam bernegosiasi, kemampuannya adalah sebagai berikut, ketajaman pikiran, kemampuan dalam bersosialisasi, kemampuan berartikulasi, kemampuan dalam beradaptasi, konsentrasi, sabar, dan yang terakhir daya tahan. 

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nah 6 kemampuan ini harus wajib diketahui sebelum anda bernegosiasi tentu saja ke enam kemampuan tersebut memiliki makna ter sendirinya, contoh salah satunya saat bernegosiasi harus sabar karena jika kita tidak sabar maka saat bernegosiasi akan hancur.

    Contoh lagi kemampuan ketajaman pikiran di sini kita harus mengetahui berapa harga pasarannya produk yang akan kita beli intinya pengetahuan kita harus luas dengan begini kita dapat bernegosiasi dengan penjual, dan kita mengetahui berapa persen si penjual mendapat keuntungan dalam satu produk.

    Dengan enam kemampuan tersebut kita sudah paham akan dunia pemasaran dan kita tidak dapat di bodoh atau di akali oleh penjual, kita juga mengetahui yang namanya manusia tentu adanya silap dan salah masing-masing.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

    Dibawah ini merupakan 4 tahapan dalam negosiasi :

    1. Persiapan, nah pada tahapan ini merupakan tahapan dimana kita harus mengenali atau kita harus menganalisis siapa yang akan menjadi lawan negosiasi, tentunya pada saat tahapan persiapan ini kita tidak hanya harus mengenali siapa yang akan menjadi lawan dalam negosiasi kita juga harus memiliki mental, persiapan waktu, fisik, dan pemahaman situasi saat ingin atau sedang melakukan negosiasi.  Ke 4 persiapan ini tentunya memiliki maknanya masing-masing.
    2. Pembukaan, dalam tahapan ini merupakan tahapan dimana penawaran mulai di ajukan kepada pihak-pihak lainnya. Seperti yang sudah saya jelaskan persiapan akan mempengaruhi yang namanya kredibilitas saat melakukan negosiasi, persiapan dapat di jadikan sebagai panduan dalam potensi keberhasilan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Penawaran, merupakan proses dalam negosiasi untuk mencari persetujuan antara kedua belah pihak, biasanya pada tahapan ini penjual akan memberikan sebuah penawaran ke pembeli, namun ada juga kebalikannya pembeli malah menawarkan terlebih dahulu. Dalam tahapan ini pembeli harus lebih pintar merayu jangan berkata tidak apabila produk tersebut tidak sesuai yang di inginkan oleh pembeli melainkan tawarkan dulu alternatif lainnya untuk membujuk pelanggan.
      Saat penawaran berlanjut jangan menunjukkan kekurangan dari kita, dan jangan mempergunakan masalah pribadi kita untuk menjadi benteng atau poin dalam negosiasi, serta jangan cepat setuju saat penawaran belum sesuai dengan yang kita inginkan ini sama saja kita akan merasa di rugikan sedangkan dalam negosiasi tidak ada yang namanya yang merasa di rugikan, dan jangan cepat menyerah dalam bernegosiasi karena itu kita harus bersabar.
    2. Penutupan, tahapan akhir dari kesepakatan maksudnya dimana terjadinya persetujuan antar penjual & pembeli dengan apa yang telah di negosiasi atau biasa yang di sebut dengan kesepakatan. Nah itu merupakan tahapan-tahapan serta penjelasan dari negosiasi sekian.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 4 Tahapan Proses Negosiasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar