Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Memilih perguruan tinggi yang tepat dengan jurusan sesuai minat, bakat serta kemampuan terkadang menjadi dilema tersendiri bagi beberapa siswa saat akan melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan. Namun, hal paling penting untuk menentukan kualitas dari perguruan tinggi tersebut adalah akreditasi.

    Lalu apa itu akreditasi?

    Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan dari pemerintah Indonesia untuk suatu lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi. Adanya akreditasi akan menentukan mutu berdasarkan standar nasional yang sudah ditetapkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

    Sebelumnya, akreditasi hanya diberikan pemerintah untuk perguruan tinggi negeri. Namun untuk perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia, akreditasi juga diharuskan untuk dimiliki oleh perguruan tinggi swasta.

    Melalui akreditasi yang didapatkan secara resmi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN PT, pemerintah berupaya memberikan standar dan jaminan untuk mutu bagi setiap lulusan atau alumni dari perguruan tinggi tersebut. Artinya, akreditasi adalah ruh bagi perguruan tinggi, terutama swasta untuk menentukan kualitas yang dimilikinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Nah, dari sekian banyak perguruan tinggi yang sudah mengantongi akreditasi, salah satunya adalah Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung yang juga dikenal sebagai UNU Lampung.

    Di awal pendiriannya, Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung didirikan atas inisiasi PC Nahdlatul Ulama Lampung Timur saat itu. Kemudian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan izin untuk mendirikan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, tepatnya di Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

    Hingga saat ini, Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung telah mengasuh beberapa program studi atau jurusan yang telah terakreditasi secara resmi oleh BAN PT. Berikut ini akreditasi jurusan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung seperti yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia melalui laman resmi BAN PT:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pembangunan Indonesia

    Program Studi

    Strata

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Kadaluarsa

    Pendidikan Matematika

    S1

    2019

    C

    2024-07-23

    Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

    S1

    2019

    C

    2024-07-30

    Teknologi Hasil Perikanan

    S1

    2019

    C

    2024-08-06

    Teknik Informatika

    S1

    2019

    C

    2024-08-27

    Pendidikan Bahasa Inggris

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

    Statistika

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

    Sistem Informasi

    S1

    2019

    C

    Masih Berlaku

     
    Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman agar menghasilkan lulusan kompeten pada sainstek, berjiwa kewirausahaan dalam mewujudkan peradaban Islam Nusantara untuk skala dunia pada 2030.

    Selain itu, misi yang dimiliki Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung adalah menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi serta vokasi berdasarkan nilai-nilai keislaman yang kompeten pada sainstek, serta berjiwa kewirausahaan untuk peradaban manusia yang lebih berkualitas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain itu, Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung juga bertekad untuk mengembangkan inovasi serta penelitian, dan mengimplementasikan hasil inovasi dan riset melalui kegiatan yang mengabdi ke masyarakat, serta mengelola universitas dengan manajemen pengelolaan yang baik.

    Terkait fasilitas yang ada, Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, di antaranya, fasilitas untuk berolahraga, perpustakaan, sarana ibadah, jaringan internet atau Free Hotspot serta kalender pendidikan yang membantu mahasiswa berkuliah.

    Demikian ulasan terkait akreditasi untuk setiap program studi atau jurusan di Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. Mengetahui akreditasi jurusan dan kampus sebelum memilih perguruan tinggi memang penting, namun kurikulum kampus hingga tenaga pengajar atau dosen ada di perguruan tinggi tersebut juga penting sebagai pertimbangan saat memilih perguruan tinggi.

    Hal yang juga penting untuk dipertimbangkan saat memilih jurusan adalah minat, bakat dan kemampuan Anda. Sebaiknya, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan Anda agar masa kuliah yang menghabiskan waktu bertahun-tahun tidak sia-sia di masa depan.

    Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat serta kemampuan Anda juga memudahkan saat berkuliah. Karena, jurusan yang ditekuni adalah sesuatu yang diminati dan disukai maka masa perkuliahan akan berjalan dengan lancer dan menyenangkan.

    Jadi, sudah saatnya untuk mengenali minat dan bakat Anda sebelum memilih jurusan atau program studi akan yang ditekuni di bangku perkuliahan.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar