Pengertian Etika Komunikasi Bisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui apa itu etika komunikasi bisnis, etika komunikasi dalam bisnis dapat diartikan sebagai berkomunikasi bisnis dengan menggunakan etika. Point utamanya adalah suatu pandangan manusia terhadap baik dan buruknya sebuah perilaku manusia saat sedang menjalin komunikasi dari satu orang atau lebih di dalam lingkungan bisnis. Intinya adalah sebuah perilaku yang mencerminkan baik atau buruknya sifat seseorang saat sedang berkomunikasi.

    Di dalam etika berkomunikasi bisnis memiliki fungsi yaitu untuk melihat bahwa pesan bisnis yang kita kirim dan yang akan diterima akan bersifat netral. Dan jika sebuah perusahaan kurang mempertimbangkan dari berbagai standar etika dalam pengiriman serta penerimaan pesan bisnis, maka akan menimbulkan dampak pada organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

    Dapat di contohkan munculnya budaya perusahaan atau organisasi yang tidak baik yang bisa menghambat perusahaan dalam memproduksi dan akan mengakibatkan citra sebuah perusahaan akan buruk di mata konsumen.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Di samping fungsi tersebut di dalam etika berkomunikasi memiliki tujuan utama yaitu untuk dapat memenuhi sebuah kebutuhan dari penerima pesan bisnis seperti konsumen ataupun karyawan, disamping itu etika berkomunikasi bisnis mempunyai  peran yang penting untuk dapat melindungi dan menghargai suatu bisnis yang ada di dalam organisasi.

    Etika komunikasi bisni memiliki manfaat yang membuat kita akan memahami sebuah pengertian etika berkomunikasi bisnis dan juga beberapa aspek - aspek etika komunikasi terkait dalam bisnis maupun organisasi. Ada beberapa ahli telah mendefenisikan suatu etika dalam berkomunikasi antara lain adalah:

    • Komunikasi bisnis publik

    Dapat diartikan sebagai sebuah peran dalam mengembangkan kesan yang baik di dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Hal ini sangat di perhatikan karena jika nantinya pengelolaan standar sebuah etika yang tinggi selama dalam berkomunikasi bisnis merupakan suatu faktor yang utama untuk dapat mendapatkan suatu kesuksesan saat sedang mengelola bisnis.

    • Komunikasi bisnis karyawan

    Merupakan komunikasi yang dapat memainkan peran dalam tingkat organisasi dan juga sebagaimana seorang manajemen mengirimkan pesan bisnis terhadap karyawannya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

    • Komunikasi bisnis terhadap bisnis

    Merupakan sebuah komunikasi antara sebuah organisasi bisnis dan distributor serta produsen penyuplai.

    Cakupan etika di dalam etika berkomunikasi

    Menurut beberapa ahli, contohnya kumar (2014), sebagai seorang manajer penting untuk kita untuk bisa tetap fokus saat dalam etika komunikasi. Contoh-contohnya adalah seperti berikut:

    • Pesan tertulis dan verbal

    Pesan yang telah disampaikan oleh perusahaan bisnis yang baik dan tertulis maupun verbal, dapat menggambarkan bukan pesan saja sayang di rencanakan namun juga beberapa pesan yang akan mengenai nilai dan juga integritas, serta untuk dapat mengevaluasi sebuah tujuan dan juga motif di setiap situasi. Dan kita juga harus memperhatikan beberapa hal seperti penelitian, pemilihan sebuah materi dan lain sebagainya

    • Pesan lintas budaya

    Dalam hubungan dengan komunikator baiknya kita mengantisipasi dan juga menghindari terjadinya sebuah kesalahpahaman dan sebisa mungkin kita menghindari dari memperoleh keuntungan saat akan terjadinya kesalahpahaman. Hal ini dapat terjadi dikarenakan dalam saat berkomunikasi bisnis lintas budaya, perusahaan atau organisasi melakukan kegiatan kerja sama dengan perusahaan atau organisasi lainnya yang memiliki banyak keberagaman lintas budaya,  hal – hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi lintas budaya adalah seperti konteks budaya, bahasa, dan kesalahpahaman.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Iklan perusahaan

    Iklan bisa diartikan sebagai sebuah kawasan yang sangat menunjang bagi sebuah organisasi yang melebarkan produknya ke beberapa Negara untuk mempromosikan produknya. Karena itulah perusahaan harus perlu memiliki rasa sensitivitas terhadap perbedaan yang bisa diartikan sebagai salah satu keterampilan penting yang harus di miliki. Ada hal yang sangat harus kita perhatikan dalam pesan periklanan contohnya seperti bahasa, kebenaran, grafis dan serta akuntabilitas.

    Asumsi dasar

    Setiap sedang berkomunikasi pastinya akan menimbulkan keputusan yang memiliki sebuah dimensi yang baik serta buruk. Dimulai dari suatu individu yang bergabung dengan sebuah perusahaan hingga masa jabatannya selesai, dan akan menjumpai berbagai macam suatu kejadian yang akan mengiringi perjalanan di dalam karirnya dimana saat sedang berkomunikasi dan memiliki suatu dimensi yang etis. Terdapat beberapa asumsi dasar yang menunjukan serta membentuk etika berkomunikasi yaitu antara lain:

    • Melihat terlebih dahulu sebelum akan memutuskan
    • Di dalam Etika komunikasi tidak bisa menghindari karena akan melibatkan motif serta dampak
    • Di dalam etika sering kali di lihat sebuah hal yang tidak ada kaitannya dengan tujuan dari bisnis. (Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Etika Komunikasi Bisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar