Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Baru-baru ini Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi atau disingkat Kemenristekdikti membuat klasterisasi untuk perguruan tinggi se-Indonesia. Klasterisasi bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini kemudian diumumkan oleh Kemenristekdikti pada 16 Agustus 2019 lalu.

    Menurut Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, pemetaan terhadap perguruan tinggi se-Indonesia ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mendorong seluruh perguruan tinggi di Indonesia menjadi kian maju hingga masuk dalam kelas dunia dan membuat perguruan tinggi lebih berkualitas.

    Selain itu, klasterisasi juga dilakukan untuk mengelompokkan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta beserta pemeringkatannya. Tak hanya perguruan tinggi negeri, sebagian besar perguruan tinggi swasta memberikan kesempatan untuk para calon mahasiswa agar dapat melanjutkan pendidikan sesuai minat serta kemampuan melalui pendaftaran.

    Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk mendaftar di perguruan tinggi, sebaiknya ketahui dahulu beberapa hal untuk menentukan kualitas hingga standar mutu pada perguruan tinggi yang akan dipilih.

    Berdasarkan laman resmi Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, perguruan tinggi, terutama yang swasta harus memiliki standar nasional. Perguruan tinggi harus mengantongi akreditasi untuk setiap program studi yang dimilikinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Akreditasi merupakan bentuk pengakuan dari pemerintah Indonesia untuk perguruan tinggi yang diberikan secara resmi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

    Sejauh ini, sebagian besar perguruan tinggi maupun lembaga yang bergerak di bidang pendidikan lainnya sudah mengantongi akreditasi secara resmi dari BAN PT. Salah satu perguruan tinggi yang sudah mengantongi akreditasi resmi dari BAN PT adalah Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung.

    Meski merupakan perguruan tinggi swasta, kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung yang berada di Jalan Sam Ratulangi, Gang Anggrek II No. 35, Kota Bandar Lampung, Lampung ini sudah mengantongi akreditasi untuk setiap program studi atau jurusan yang dinaunginya.

    Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta berkualitas di Indonesia. Berada dalam Kopertis Wilayah 2, perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak 7 Oktober 1996 ini berada di bawah naungan Dikti.

    Hingga saat ini, Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung telah membuka beberapa program studi atau jurusan yang sudah mengantongi akreditasi dari BAN PT dan memiliki mutu pendidikan sesuai standar nasional yang sudah ditetapkan Kemenristekdikti Indonesia.

    Berikut ini merupakan akreditasi jurusan di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung seperti yang sudah dirangkum Garuda Cyber Indonesia:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Serambi Mekkah

    Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

    Program Studi

    Strata

    Peringkat

    Tahun SK

    Tanggal Daluarsa

    Teknik Industri

    S1

    C

    2019

    2024-03-12

    Teknik Elektro

    S1

    C

    2019

    2024-05-14

    Teknik Informatika

    D-III

    C

    2014

    2019-07-11

    Selain akreditasi kampus dan program studi atau jurusannya, perguruan tinggi harus memiliki kurikulum berdasarkan standar nasional yang sudah ditetapkan Kemenristekdikti. Kemudian, perguruan tinggi swasta harus memiliki tenaga pengajar minimal 6 dosen dengan pendidikan terendah S2 yang disertai nomor induk dosen nasional dan khusus. Selanjutnya, setidaknya terdapat 2 tenaga kependidikan atau non-dosen serta seorang petugas perpustakaan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Tak hanya standar nasional, Kemenristekdikti juga menetapkan standar infrastruktur hingga fasilitas yang harus dimiliki perguruan tinggi swasta tersebut, di antaranya untuk ruang kuliah, ruang dosen tetap, perpustakaan, ruang administrasi, ruang laboratorium, dan lain sebagainya.

    Selain beberapa tips dari laman Kemenristekdikti tersebut, sebaiknya jangan memilih perguruan tinggi dengan lokasi yang terjangkau. Jika ingin kuliah di luar kota, ada baiknya untuk mempertimbangkan faktor-faktor terkait keamanan dan kenyamanan.

    Saat memilih jurusan atau program studi, pastikan sudah sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Sebab, tidak sedikit mahasiswa yang berhenti di tengah masa perkuliahan dikarenakan jurusan yang dipilih ketika mendaftar tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya.

    Menargetkan perguruan tinggi populer untuk dipilih memang tidak salah, namun, tidak semua kampus populer memiliki program studi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Nah, untuk Anda yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bakat, minat dan kemampuan sudah harus dikenali agar tidak salah memilih jurusan sehingga pendidikan yang ditempuh untuk waktu yang cukup lama tersebut menjadi bekal di masa depan.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar