Strategi Pemasaran Tahap Pertumbuhan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah sebuah logika yang berdasarkan unit untuk mencapai target pemasaran suatu perusahaan atau toko. Strategi pemasaran biasanya berisi dari seperti pengambilan keputusan suatu perusahaan, pembiayaan produksi produk supaya kecil dan barang yang dijual  keuntungan yang lebih, dan  serta cara mempromosikan suatu produk tersebut.

    Biasanya suatu perusahaan berbeda-beda dalam menargetkan suatu keuntungan dan mestinya strategi pemasaran di setiap perusahaan tidak sama. Strategi pemasaran merupakan jalan satu-satunya untuk suatu perusahaan mengalami perkembangan dan juga akan meningkatkan produktivitas karyawan yang ada di dalam suatu perusahaan tersebut. Strategi pemasaran tidak hanya untuk sebuah perkembangan perusahaan tersebut melainkan juga bertujuan juga untuk melindungi pangsa pasar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Perusahaan juga harus teliti dalam mempertahankan pangsa pasar untuk tidak bisa lepas  sebuah perusahaan lain, dan di dalam strategi  pemasaran terdapat berapa pertahanan untuk melindungi pangsa pasar, contohnya bisa kita lihat sebagai berikut:

    • Kedudukan bertahan, bisa diartikan sebagai suatu pertahanan yang mendasar dengan cara membangun sebuah kubu benteng besar dan kokoh dan sulit untuk dihancurkan serta direbut oleh perusahaan lain atau pesaing.
    • Pertahanan bagian, sisi bisa diartikan suatu perusahaan yang tidak hanya menjaga di perusahaan tersebut, tetapi juga mendirikan beberapa pos atau sayap di sekitar daerah tersebut.
    • Pertahanan yang aktif dan mendahului, bisa diartikan sebagai suatu penyerangan terhadap lawan sebelum lawan itu menyerang atau biasa dikenal dengan pertahanan dan juga menyerang.
    • Pertahanan serang balas, dapat diartikan ketika sebuah pimpinan perusahaan itu diserang maka bawahannya akan menyerang balik terhadap yang menyerang  sang pimpinan. Dan pimpinan juga tidak boleh bersikap diam di saat menghadapi serangan balasan.
    • Pertahanan mobil, yang dimaksud dengan pertahanan mobil adalah sebuah pertahanan yang dilakukan dengan cara memperluas kawasan daerah penjualan yang di masa mendatang akan dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan pertahanan maupun penyerangan.

    Baca juga : Strategi Siklus Daur Hidup Produk

    • Melakukan aksi pencuitan, bisa diartikan biasanya sebuah perusahaan yang besar akan menyadari bahwa tidak mungkin seluruh daerah penjualannya dapat dipertahankan, kekuatan yang tersebar terlalu luas akan mengakibatkan kurangnya efektivitasnya, apalagi perusahan lain dengan secara terus menerus akan  menghancurkan sudut benteng pertahanan perusahaan tersebut. Cara menyelesaikan masalah dengan baik yaitu melakukan pengunduran diri atau kontraksi. Pengunduran diri yang sudah terencana bukanlah sebagai bahwa kita sudah mengalah atau menyerah melainkan lebih ke dalam melepaskan kawasan daerah penjualan yang lemah dan juga mengatur kembali tatanan kekuatan daerah yang kuat.  Cara ini merupakan konsolidasi dari kekuatan bersaing perusahaan di pasar dan juga memusatkan sebuah sumber daya pada posisi yang penting.

    Strategi pemasaran tahap pertumbuhan

    Didalam tahap ini biasanya ditandai dengan adanya sebuah peningkatan penjualan di suatu perusahaan. Meningkatnya penjualan dapat menurunkan biaya pada saat promosi karena sebuah produknya sudah diterima secara langsung dipasaran. Situasi ini juga harus waspada karena nantinya ada akan produsen baru yang akan menuntut didalam pasar yang sama, sehingga akan terjadinya penurunan terhadap biaya promosi dan akan membantu menaikkan sebuah pendapatan, tetapi ketika sang pesaing sudah merajai seluruh pasar maka akan mengakibatkan menurunnya perusahaan terhadap pendapatan dan lama-kelamaan akan terasa signifikan. Pada tahap pertumbuhan sangat penting bagi perusahaan untuk memperhatikan waktu pertumbuhan agar bisa bertahan selama mungkin, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Sebuah perusahaan harus meningkatkan kualitas produk dan juga menambahkan ciri-ciri yang khas pada produk baru supaya menjadi lebih menarik
    • Perusahaan meningkatkan sebuah cakupan distribusi dan juga memasuki kawasan distribusi baru
    • Perusahaan harus beralih dari iklan biasa ke sebuah iklan preferensi produk

    Sebuah perusahaan menurunkan harga untuk daya tarik konsumen yang mencakup seluruh harga produk yang dimiliki oleh perusahaan.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Pemasaran Tahap Pertumbuhan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar